Dengan musim semi yang sudah tiba, artinya berbagai judul seri anime terbaru untuk musim semi 2022 akan segera tayang perdana. Hampir setiap tahunnya berbagai judul seri anime terbaru dirilis berdasarkan berbagai musim yang ada. Dan salah satu seri anime yang sangat dinantikan kemunculannya di musim semi kali ini adalah Spy X Family.

Seri anime bergenre aksi komedi karya Endo Tatsuya ini diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama, yang terbit di Shonen Jump. Meskipun begitu, Spy X Family menghadirkan banyak elemen yang menarik dan berbeda dari yang biasanya ada di judul seri manga di bawah Shonen Jump.

Spy X Family menghadirkan warna baru dan juga pendekatan yang baru terhadap cerita yang menargetkan para shonen atau remaja laki-laki. Ada banyak faktor yang membuat seri animenya pantas untuk dinantikan dan disaksikan, namun premis ceritanya yang bisa dipastikan akan membuat para penonton betah untuk menyaksikan serinya.

https://youtu.be/RwlZM_cE5d8

Spy X Family berfokus pada keluarga Folgers, sebuah keluarga yang dibentuk oleh Loid Forger, nama samaran dari seorang mata-mata yang memiliki kode “Twilight.” Ketika menyamar menjadi Loid Forger, dia bekerja sebagai seorang psikiatris dan juga menyamar sebagai ayah dari sosok Anya. Anya adalah anak berusia 6 tahun yang memiliki kemampuan telepati dan membaca pikiran seseorang.

Anya sendiri diadopsi dari sebuah panti asuhan. Sementara, ibunya, Yor Briar, merupakan seorang pekerja kantoran. Namun, di balik pekerjaannya itu ternyata Yor adalah seorang pembunuh bayaran yang sangat terkenal dan handal. Yor memiliki nama samaran Thor Princess. Hal inilah yang membuat Yor memiliki kemampuan fisik yang luar biasa.

Yang menarik adalah masing-masing dari keluarga Folger tersebut berusaha untuk bertindak dan bersikap layaknya keluarga normal. Mereka menyembunyikan rahasia dari identitas asli mereka dari masing-masing anggota keluarga. Meskipun ada rahasia besar yang disembunyikan dari keluarga ini, tanpa diduga hubungan yang terjadi diantara mereka justru sangat apik dan bahkan sempurna.

Ceritanya sendiri berawal ketika Twilight ditugaskan untuk sebuah misi rahasia yang sangat besar. Twilight adalah agen rahasia terbaik dari Westalis’ Intelligence Services’ Eastern-Focused Division (WISE) sebuah organisasi yang memiliki tugas untuk menjaga kedamaian, antara pihak Westalis dan Ostania. Misi terbaru untuk Twilight, Operation Strix, mengharuskannya untuk menikah dan membangun keluarga dalam satu pekan.

Meskipun awalnya nampak mustahil, namun pada akhirnya Twilight berhasil melakukannya. Dia mengadopsi Anya dari sebuah panti asuhan, dan Twilight pun kemudian melamar Yor di tengah-tengah kontak senjata setelah pertemuan pertama mereka di sebuah toko pakaian. Menurut Twilight, Yor adalah sosok yang sangat cocok untuk mengisi peran istri dan ibu dari Anya.

Dari premis tersebut rasanya sudah sangat menarik dan patut untuk dinantikan. Masing-masing anggota keluarga memiliki agenda dan motivasi mereka masing-masing untuk berusaha menjaga keutuhan keluarga tersebut. Twilight sendiri membutuhkan keluarga itu agar dia bisa mendekati target utamanya, Desmond Donovan.

Yor sendiri perlu mempertahankan pernikahan dan keluarga palsu itu demi menutupi jejaknya sebagai pembunuh bayaran, dan juga demi memenuhi ekspektasi sosial yang ada di sekitarnya. Sementara, Anya ingin mempertahankan keluarga tersebut karena dia merasa nyaman bersama keduanya. Selain itu, Anya juga merasa senang dan gembira mengetahui bahwa kedua orang tuanya adalah agen rahasia dan pembunuh bayaran.

Yang lucunya adalah Anya menjadi satu-satunya orang yang mengetahui rahasia mereka berdua. Namun, Anya selalu menyembunyikan apa yang dia ketahui karena usianya yang masih kecil. Anya sering kali membantu misi dari kedua orang tuanya, namun dengan caranya sendiri. Tetapi, apa yang Anya lakukan hampir tidak pernah berjalan mulus. Hal itu justru memunculkan banyak momen menarik dan lucu di ceritanya.

Selain dari cerita keluarga Forger, Spy X Family juga memiliki banyak karakter menarik di ceritanya. Contohnya adalah adik dari Yor, Yuri, yang merupakan petugas yang sangat enerjik dan penuh talenta di State Security Services, sebuah organisasi rahasia milik Ostania yang pada dasarnya adalah musuh dari WISE.

Yang tidak kalah menarik adalah Yuri juga menyembunyikan semua yang dia lakukan dari sang kakak. Yor hanya mengetahui bahwa sang adik bekerja di kantor pemerintahan, dan sang kakak bekerja sebagai pegawai kantor biasa. Yuri sangat menentang pernikahan sang kakak dengan Loid, karena Yuri begitu sayang dan sangat terikat dengan sang kakak.

Kemudian karakter pembantu lainnya yang menarik adalah Henry Henderson, guru di Eden Academy, yang menjadi sekolah dari Anya. Henry adalah sosok yang sangat terikat dengan aturan dan tata krama. Namun, banyak hal lucu dan menarik yang diperlihatkan oleh Henry dalam ceritanya.

Meskipun ada banyak unsur komedi yang dihadirkan, namun unsur serius dalam ceritanya pun tidak kalah banyak. Tetapi, keseluruhan ceritanya sangat ringan, mudah untuk diikuti, dan sangat menghibur. Sebuah keluarga unik dengan rahasia masing-masing yang disembunyikan, bisa menjadi “resep” untuk sebuah keluarga yang epik. Jadi, kesimpulannya, seri Spy X Family patut untuk dinantikan karena premis yang berbeda dari cerita shonen lainnya.

Karakter yang dihadirkan pun sangat unik, dengan karakter pendukung yang juga tidak kalah unik. Komedi yang dihadirkan oleh Anya, dan kepolosan tingkahnya, menghadirkan momen-momen konyol yang bisa menghadirkan gelak tawa para penonton. Kombinasi semua itulah yang membuat serinya patut untuk dinantikan dan disaksikan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.