H.E.L.E.N.

Dari MCU, sekarang kita beralih ke Marvel Universe, di mana Tony pernah menciptakan sebuah A.I. yang mempunyai wajah. Saat dirinya diceritakan akan melakukan perjalanan ke luar angkasa, Tony yang khawatir akan merasa rindu kepada Pepper Potts kemudian memutuskan untuk menciptakan sebuah A.I. yang awalnya dia beri nama P.E.P.P.E.R. kemudian diganti menjadi H.E.L.E.N. Fungsinya kurang lebih sama seperti A.I. ciptaan Tony yang lain, bedanya P.E.P.P.E.R. mempunyai wajah hologram yang mirip seperti kekasihnya.

P.L.A.T.O.

Sama seperti H.E.L.E.N., P.L.A.T.O. (Piezo Electrical Logistic Analytical Tactical Operator) adalah A.I. yang mempunyai bentuk hologram. Alih-alih memberinya wajah, Tony memutuskan untuk memberikan tubuh yang lengkap kepada P.L.A.T.O. Fungsi utama dari A.I. ini adalah untuk mengawasi Stark Industries dan Stark Foundation ketika dirinya sibuk sebagai superhero Iron Man. Ketika Tony menbentuk ulang Avengers West Coast, P.L.A.T.O. dipindahkan ke markasnya dan terbukti sangat membantu tim dalam menyelesaikan setiap misinya.

H.O.M.E.R.

Secara garis besar, bisa dibilang H.O.M.E.R. (Heuristically Operative Marrix Emulation Rostrum) adalah leluhur dari sebagian besar A.I. ciptaan Tony di Marvel Universe, karena sistem dan teknologinya adalah fondasi yang nantinya digunakan sebagai percontohan untuk membuat P.L.A.T.O., J.A.R.V.I.S., dan H.E.L.E.N. Secara fungsi, karena H.O.M.E.R. adalah salah satu A.I. Tony paling pertama, awalnya dia hanya digunakan sebagai sistem keamanan di rumahnya. Baru kemudian setelah melakukan beberapa pembaruan, H.O.M.E.R. bisa digunakan juga di Stark Industries dan armor Iron Man-nya.

Anthony Stark

Dari sekian banyak A.I. yang diciptakan oleh Tony di Marvel Universe, Anthony Stark adalah salah satu ciptaan terbaiknya. Meskipun awalnya A.I. Anthony Stark difungsikan sebagai rencana cadangan Tony jika dirinya mengalami sesuatu yang buruk, tetapi pada akhirnya Tony mengutus A.I. yang mempunyai penampilan seperti dirinya ini untuk menjadi mentor Riri Williams alias Iron Heart. Menariknya, bukan hanya penampilannya saja yang dibuat mirip, tetapi Tony juga memasukan semua ingatan dan kecerdasannya kepada A.I. canggih ini. Hasilnya, A.I. Stark bisa melakukan multitasking dengan menciptakan hologram dirinya di berbagai tempat sekaligus.

Itulah sepuluh artificial inteligence yang pernah diciptakan oleh Tony Stark di Marvel Cinematic Universe dan Marvel Comics. Meskipun akhir dari kesepuluh A.I. ini berbeda-beda, ada yang menjadi supervillain dan ada juga yang tetap setia menemani Tony sampai akhir, tetapi pada dasarnya mereka diciptakan berdasarkan niat Tony untuk menutupi kelemahan manusianya, di mana hal tersebut terbukti berhasil dan akan tetap dikenang oleh para penggemar setia Marvel. Dari kesepuluh A.I. canggih ini, mana yang menjadi favorit kalian, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.