Dengan banyaknya gaya bertarung yang dihadirkan dalam seri One Piece karya Eiichiro Oda, rasanya cukup mengejutkan mengingat ada banyak sekali ahli pedang yang terlatih di sepanjang serinya. Bahkan, bisa dibilang hampir setiap kru bajak laut pasti memiliki satu orang ahli pedang. Bahkan, pihak angkatan laut dan Pemerintah Dunia sendiri memiliki ahli pedang.

Namun, meskipun jumlah ahli pedang atau ahli pedang yang terlatih sangat banyak, hanya sedikit dari mereka yang bisa dianggap paling kuat. Salah satu alasan mengapa mereka menjadi yang paling kuat diantara yang lain adalah para ahli pedang terkuat ini memiliki kemampuan Haki. Berikut adalah beberapa ahli pedang terkuat di sepanjang seri One Piece.

Roronoa Zoro

Roronoa Zoro adalah calon ahli pedang terkuat di dunia. Itu merupakan mimpi besarnya selama ini. Dan Zoro sendiri memperlihatkan bagaimana usahanya untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut. Contohnya adalah selalu berlatih di kala senggang. Dan tentunya adalah meningkatkan level kekuatannya.

Hal ini sempat dia lakukan saat time-skip terjadi. Zoro berlatih di bawah sang ahli pedang terkuat di dunia itu sendiri, Dracule Mihawk. Dan efeknya, kemampuan Zoro meningkat drastis. Meskipun begitu, pengalamannya bertarung menjadi kunci yang paling penting dalam peningkatan kekuatan berpedangnya seperti yang terjadi saat pertarungan Zoro melawan King.

Shanks

Meskipun Shanks hanya memiliki satu lengan, dia mampu menunjukan kemampuannya dengan sangat baik. Shanks terbukti menjadi salah satu ahli pedang terkuat di sepanjang seri One Piece. Dalam ceritanya sendiri, Shanks dan Mihawk merupakan rival abadi di mana mereka sempat sering terlibat pertarungan yang bahkan mampu menggemparkan Grand Line.

Namun, persaingan mereka terhenti saat Shanks kehilangan lengannya. Meskipun begitu, Shanks masih tetap mampu menggunakan pedangnya dengan baik. Misalnya, saat Shanks berhasil menahan serangan dari Murakumogiri milik Whitebeard. Atau ketika dia berhasil menahan serangan Sakazuki saat di peperangan Marineford. Memang masih belum diketahui sampai sejauh mana level kekuatan berpedang Shanks, tetapi bisa dipastikan dia menjadi salah satu yang terkuat.

Silvers Rayleigh

Silvers Rayleigh adalah tangan kanan dari sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Rayleigh juga adalah salah satu sosok legendaris dalam serinya, yang masih hidup sampai sekarang. Rayleigh terbukti sebagai salah satu ahli pedang di dunia. Kemampuannya sempat diperlihatkan di Sabaody, saat dia bertarung melawan Kizaru.

Meskipun dalam ceritanya Rayleigh saat ini sudah tidak lagi terlalu sering menggunakan pedangnya, namun dalam kilas balik Oden yang diperlihatkan dalam versi animenya memperlihatkan bahwa saat masih muda Rayleigh memang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menggunakan pedang. Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, Rayleigh sepertinya masih memiliki sisa-sisa kemampuannya saat masih muda.

Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan samurai paling kuat di wilayah Wano. Daimyo di wilayah Ringo tersebut pernah menjadi bagian dari kru bajak laut Whitebeard. Dan saat menjadi bagian dari Whitebeard, dia pernah menunjukan kemampuannya saat mencoba menyerang Gol D. Roger. Namun, memang kekuatan Roger jauh lebih kuat dari Oden.

Oden juga pernah menyerang Kaido saat dia kembali ke Wano. Bahkan, Oden menjadi satu-satunya orang yang berhasil meninggalkan bekas luka di tubuh Kaido. Oden merupakan samurai yang dikenal karena gaya bertarungnya yang menggunakan dua pedang. Belum lagi Oden diketahui memiliki Armament Haki yang dahsyat, yang membuat setiap serangannya memiliki daya hancur yang luar biasa.

Dracule Mihawk

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Dracule Mihawk. Mihawk diketahui merupakan ahli pedang terkuat saat ini di dunia One Piece. Karakternya pertama kali diperkenalkan saat arc Baratie. Dalam arc tersebut kita juga melihat kemampuan dahsyat dari Mihawk yang bisa mengalahkan Zoro dengan hanya sebuah pedang kecil.

Dracule Mihawk sudah menjadi patokan level bagi Roronoa Zoro, di mana bagi Zoro Mihawk adalah yang terkuat. Dan karena itulah Zoro harus mampu menaklukan Mihawk, yang mana membuat para fans beranggapan dia akan menjadi musuh terakhir Zoro. Mihawk adalah satu-satunya ahli pedang yang masih hidup yang diperlihatkan memiliki sebuah pedang hitam. Hal itu membuktikan superioritas dan juga dominansinya.

Mereka yang memiliki kemampuan berpedang sepertinya memang memiliki peran tersendiri dalam cerita di seri One Piece. Dan seolah mereka pun menjadi bagian dari sejarah yang terjadi di One Piece, dengan banyaknya ahli pedang yang ada di ceritanya. Apakah akan ada ahli pedang kuat lainnya yang akan muncul? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.