Selain yang terlihat di film trilogi The Lord of the Rings, sebenarnya kisah Middle-earth di bukunya jauh lebih luas dan lebih dalam dari yang pernah diceritakan. Diciptakan oleh J.R.R. Tolkien, berbagai kisah Middle-earth di novelnya telah terbentang dari Zaman Pertama di mana Dark Lord Morgoth berkuasa, sampai Zaman Keempat yang dimulai setelah Dark Lord Sauron mati. Dan di dalam kisahnya sendiri, selain cincin One Ring milik Sauron, masih ada senjata sakti lainnya yang berbentuk pedang. Dan dari sekian banyak pedang yang ada di Middle-earth, berikut lima di antaranya yang terkenal sangat kuat!

Anduril

Ditempa pertama kali sebagai pedang yang diberi nama Narsil, Raja Elendil menggunakan pedang ini saat pertama kali berhasil mengalahkan Sauron. Sayangnya ketika Eledil mati, pedang ini hancur. Bertahun-tahun kemudian Elrond menempa kembali pedangnya dan memberinya nama Anduril, di mana Aragorn menggunakannya karena dia keturunan dari Erendil. Selain sangat tajam ketika digunakan untuk menebas Uruk-hai, Anduril juga menjadi satu-satunya pedang yang digunakan untuk memerintah King of the Dead dan pasukannya dalam Pertempuran Minas Tirith.

Gurthang

Gurthang adalah pedang berbilah hitam yang pertama kali disinggung di novel The Silmarillion karya J.R.R. Tolkien. Pedang yang sangat kuat ini dimiliki oleh seorang pahlawan manusia bernama Túrin Turambar. Yang membuat pedang ini termasuk dalam pedang paling kuat adalah legendanya yang konon digunakan oleh Túrin untuk membunuh salah satu dari tiga naga paling kuat di Middle-earth, yaitu Glaurung. Namun, karena naga Glaurung mempunyai kekuatan untuk memengaruhi pikiran musuhnya, pada akhirnya Túrin yang menjadi gila kemudian bunuh diri dengan menggunakan pedang Gurthang ini.

Glamdring

Pertama kali digunakan oleh Turgon pada era Dark Lord Morgoth, Glamdring adalah saksi bisu runtuhnya Kota Gondolin karena kekalahan Turgon dan pasukannya. Ribuan tahun kemudian, Gandalf menemukan dan menggunakan Glamdring dalam War of the Ring. Sebagai senjata pilihan seorang penyihir kuat seperti Gandalf, Glamdring membuktikan kehebatannya dengan berhasil melukai banyak pasukan Dark Lord Sauron dan monster raksasa bernama Balrog, bahkan mengantarkan Gandalf yang semula dijuluki the Grey menjadi Gandalf the White. Tidak jarang juga Gandalf memasukan sihir petir ke dalamnya untuk membuat Glamdring menjadi lebih kuat.

Ringil

Saat Morgoth menyerang Dagor Bragollach, banyak sekali elf yang tewas dan kerajaan yang runtuh dalam pertempuran tersebut. Sebagai satu-satunya raja yang selamat, Fingolfin yang dipenuhi kemarahan kemudian membawa pedangnya yang disebut Ringil ke Angband untuk menantang Dark Lord Morgoth seorang diri. Walaupun awalnya Morgoth sempat khawatir dengan Fingolfin dan pedang Ringil yang bercahaya seperti es, pada akhirnya dia menerima tantangan tersebut dan berhasil membunuh Fingolfin serta menghancurkan pedang saktinya. Namun, sebagai bayarannya luka yang diakibatkan oleh Ringgil tidak pernah sembuh dan Morgoth selalu merasa kesakitan seumur hidupnya.

Orcrist

Sebagai pedang yang dijuluki goblin-cleaver, Orcrist adalah pedang yang sangat ditakuti oleh para goblin. Karena menurut legenda pedang ini pernah berhasil memenggal pasukan goblin dan orc selama digunakan oleh seorang dwarf bernama Thorin II Oakenshield. Saat Thoring ditangkap oleh Elf Mirkwood dia kehilangan Orcrist, sampai akhirnya bertahun-tahun kemudian Legolas terlihat menggunakannya saat bertarung melawan panglima orc tangguh bernama Bolg. Keunggulan dari Orcrist sendiri adalah pedang ini akan berkilau ketika ada goblin atau orc disekitarnya.

Itulah lima pedang paling kuat di Middle-earth. Selain wujudnya yang tampak indah dan bilahnya yang sangat tajam, nama dari kelima pedang ini telah menggema di Middle-earth sejak pertama kali ditempa, sampai pada akhirnya digunakan oleh para pahlawan untuk mengalahkan kegelapan. Kelima pedang ini menjadi saksi sekaligus penentu kemenangan bagi para penduduk Middle-earth yang pada akhirnya merasakan perdamaian pada Zaman Keempat. Dari kelima pedang legendaris ini, mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.