Buah iblis merupakan sebuah misteri dan juga salah satu keunikan dalam cerita One Piece. Seseorang yang memakan buah iblis bisa dipastikan akan memiliki kekuatan unik dan sekaligus mengerikan, dari buah yang mereka makan tersebut. Contohnya, seseorang akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan api, angin, getaran, dan sebagainya dari buah iblis yang dimakan.

Dan seperti biasa, jika berbicara mengenai kekuatan, termasuk buah iblis, akan selalu muncul pertanyaan mana yang jauh lebih superior dibandingkan yang lainnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mungkin tidak akan pernah ada habisnya, karena masing-masing fans memiliki buah iblis favoritnya sendiri. Namun, dalam sebuah wawancara Eiichiro Oda pernah menyebutkan satu buah iblis yang dirasa sangat kuat dibandingkan buah iblis lain.

Menurut Oda Sensei, buah iblis yang dianggap paling kuat adalah Magu Magu no Mi. Buah iblis ini dimiliki oleh Fleet Admiral angkatan laut saat ini, Sakazuki alias Akainu. Menurut Oda Sensei, dia menyebutkan bahwa sosok Sakazuki alias Akinu adalah sosok yang mengerikan dan sangat kuat.

Jika Oda Sensei mau, dia bisa saja mengakhiri cerita One Piece dalam waktu yang singkat, yaitu hanya satu tahun dengan memanfaatkan Sakazuki sebagai villain utama dalam ceritanya. Magu Magu no Mi sendiri merupakan buah iblis berjenis Logia yang memberikan Akainu kekuatan untuk bisa merubah tubuhnya menjadi magma dan kemudian memanipulasinya.

Kekuatan utama dari buah iblis ini adalah membuat penggunanya untuk memproduksi magma dan kemudian menggunakanya untuk menyerang musuh. Saking panasnya magma tersebut, kekuatan ini bisa menghancurkan gunung es atau serangan es. Selain itu juga serangan Magu Magu mampu mendidihkan air laut dalam sekejap.

Hal ini sudah dibuktikan dalam pertarungan puncak di Marineford, di mana Magu Magu Sakazuki bisa menghancurkan Moby Dick milik Whitebeard, dan bahkan membuat lautan mendidih. Kemudian, saat Sakazuki melawan Aokiji di Punk Hazard, Sakazuki berhasil merubah sebagian wilayah di Punk Hazard menjadi wilayah yang penuh lahar dan panas membuat wilayah tersebut sangat mengerikan.

Kemampuan magma dari Sakazuki juga terbukti lebih kuat dibandingkan kemampuan api Mera Mera no Mi milik Ace. Hal ini dikarenakan panas yang sangat tinggi dari magma, dan juga api memiliki sifat yang jauh lebih lemah dari magma. Meskipun sempat memberikan perlawanan, pada akhirnya Ace harus terbunuh karena kemampuan magma Sakazuki lebih superior dibandingkan kekuatan Mera Mera miliknya.

Kekuatan panas yang sangat destruktif dan eksplosifitas tinggi dari magma membuat Akainu mampu menghadirkan daya hancur yang sangat dahsyat, dan hal ini pernah dirasakan oleh Emprio Ivankov dan Jinbe (serta Luffy). Sakazuki juga diduga sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis miliknya, di mana seperti disebutkan di atas bahwa Sakazuki berhasil mengubah sebagian wilayah Punk Hazard menjadi wilayah yang berlahar.

Dan salah satu ciri seseorang sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya adalah dengan mampu merubah sekitarnya. Menurut One Piece Vivre Card Edition Vol. 3, dengan kemampuan pengendalian magma tersebut, secara tidak langsung hal itu menjadi bukti bahwa Sakazuki alias Akainu adalah karakter yang memiliki kekuatan serangan paling dahsyat dibandingkan buah iblis lainnya.

Yang juga tidak kalah luar biasa adalah kekuatan milik Akainu ini disamakan dengan para karakter yang memang terbukti memiliki kekuatan yang “paling kuat” seperti Whitebeard, Kaido, Blackbeard, dan karakter kuat lainnya. Dalam kehidupan nyata pun, magma adalah salah satu hal yang paling berbahaya dan paling kuat. Jadi, wajar jika kemudian buah iblis magma ini menjadi buah iblis yang serangannya paling kuat. Dan rasanya cukup logis juga jika pada saat ini, Sakazuki sudah berhasil menguasai sepenuhnya buah iblis miliknya.

Mungkin, jika Akainu berhasil membangkitkan kekuatannya ini sejak awal bisa jadi kemampuan Akainu ini akan mampu menandingi kemampuan Whitebeard dan Roger di era keemasannya dahulu. Dan sosok Sakazuki alias Akainu tentu akan menjadi sosok yang legendaris seperti halnya Monkey D. Garp. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kedahsyatan lainnya dari kekuatan Magu Magu no Mi pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.