Supernova adalah sebutan bagi para bajak laut yang muncul di era baru, dan berpotensi menjadi bajak laut hebat di masa yang akan datang. Nilai buruan mereka juga sangat luar biasa, diatas 100 juta Belly. Kekuatan para Supernova pun tidak kalah dahsyat, mereka mampu mengimbangi kekuatan Shichibukai dan bisa menghadapi pasukan elit dari Pemerintah Dunia.

Para Supernova dianggap sebagai ancaman besar oleh pihak Pemerintah Dunia, karena mereka dianggap memiliki kemampuan untuk bisa menggulingkan kekuasaan pemerintah. Selain itu, dengan nilai buruan mereka yang besar, potensi pertempuran dan kekacauan pun bisa dipastikan tidak terhindarkan. Karena itulah para angkatan laut sering kali mengincar bajak laut tersebut.

Meskipun harus diakui bahwa sebagian besar Supernova memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, teknik yang mengerikan, dan juga potensi besar untuk menjadi bajak laut penguasa, dari semua Supernova, ternyata ada satu bajak laut yang dianggap lemah, yaitu bajak laut Hawkins. Kelompok ini pertama kali muncul di arc Sabaody, sama seperti Supernova lainnya.

Bajak laut Hawkins sekarang berada di bawah naungan kelompok bajak laut Beast setelah Basil Hawkins (kapten bajak laut Hawkins) memilih menyerah dihadapan Kaido. Basil Hawkins sendiri diketahui memiliki kekuatan buah iblis bernama Wara wara no Mi. Dengan buah iblis tersebut, Hawkins bisa mengutuk seseorang dengan menggunakan boneka vodoo yang terbuat dari jerami.

Dengan boneka jerami tersebut, luka yang diderita oleh Hawkins bisa dipindahkan ke tubuh lainnya. Contoh dari hal ini adalah ketika pertarungan melawan Killer, di mana semua rasa sakit yang dia derita berpindah ke tubuh Eustass Kid. Hawkins juga terkenal sebagai seorang kapten yang sangat pintar dan pandai menganalisis situasi.

Biasanya, Hawkins akan menganalisis dan membaca situasi melalui kartu tarot. Dia akan membaca presentase kemenangan, kekalahan, dan peluang dia atau pun musuhnya untuk tewas. Selain itu, Hawkins juga diketahui bisa menggunakan pedang namun tidak semahir Zoro maupun atau pun para karakter ahli pedang lainnya.

Jika dibandingkan dengan prestasi para Supernova yang lainnya, harus diakui bahwa prestasi yang dimiliki oleh Hawkins merupakan yang paling sedikit. Luffy, Kid, Law dan beberapa Supernova kelas atas lainnya memiliki prestasi masing-masing. Misalnya Apoo berhasil melukai Zoro dan Luffy (saat keduanya lengah). Sementara X Drake bisa mencapai posisi yang lebih tinggi dari Hawkins di kelompok bajak laut Beasts, di mana Drake bergabung dengan kelompok Flying Six.

Uruouge diketahui berhasil mengalahkan salah satu Sweet Commander dari kelompok bajak laut Big Mom, dan kemudian pergi dari Whole Cake Island dengan selamat. Capone Bege berhasil menyerang markas Big Mom bersama Luffy, meskipun kemudian rencana tersebut gagal. Tetapi, keberanian Bege untuk menyerang Big Mom patut diacungi jempol.

Sedangkan Hawkins hingga sekarang masih minim prestasi yang bisa dibanggakan. Meski awalnya Hawkins sempat membuat Killer kerepotan dan membantu Big Mom mengalahkan Kid di perang besar Wano, namun akhirnya Hawkins berhasil dikalahkan Killer. Hawkins kembali gagal menunjukan kekuatannya secara penuh di depan lawan.

Padahal, Hawkins sebenarnya memiliki skill bertarung yang cukup hebat. Salah satu alasan Hawkins tidak berkembang dengan cepat adalah sifatnya yang mudah menyerah. Dia lebih mempercayai kartu tarot dan ramalan yang dia buat sendiri daripada mencoba menghadapi lawannya dengan sekuat tenaga. Apabila ramalan yang keluar ternyata bernasib buruk, Hawkins akan langsung menyerah atau kabur.

Keputusan untuk menyerah pada Kaido menjadi bukti bagaimana mental Hawkins dalam pertarungan sangatlah buruk. Setelah menyerah dari Kaido, Hawkins pun menjadi salah satu anak buah Kaido. Saat itu, Hawkins bertemu dengan Kaido dan sempat ingin menghadapinya, namun karena ramalan yang keluar ternyata buruk, Hawkins langsung memilih untuk menyerah.

Sifat itulah membuat Hawkins selalu gagal memiliki prestasi yang bisa dibanggakan sebagai salah satu Supernova. Hawkins pun akhirnya tumbuh menjadi sosok bajak laut yang kurang begitu diperhatikan oleh yang lain. Bahkan, bisa dibilang Pemerintah Dunia sangat jarang mencari Hawkins atau menyadari kemunculannya. Mereka lebih sering membiarkan Hawkins berlayar bebas.

Sedangkan, para Supernova lainnya masih menjadi buronan Pemerintah Dunia, dan harus berhati-hati dalam melangkah. Mungkin sifat dari Hawkins akan berubah seiring berkembangnya cerita One Piece yang sudah mendekati akhir. Hal ini tentu dilakukan agar Hawkins bisa membantu Luffy dan Supernova lainnya, untuk menghadapi Pemerintah Dunia saat pertempuran puncak nanti. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Hawkins memang merupakan Supernova yang lemah?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.