The Amazing Spider-Man 3

Setelah berhasil move-on dari waralaba Spider-Man Sam Raimi, Sony kembali mengangkat kisah Spider-Man dengan aktor Andrew Garfield melalui film The Amazing Spider-Man (2012) dan The Amazing Spider-Man 2 (2014) yang disutradarai oleh Marc Webb. Terlepas dari kesuksesan kedua film perdananya, yang membuat Sony hampir memberikan lampu hijau pada film ketiganya, pada tahun 2016 Sony memutuskan untuk menunda proyek The Amazing Spider-Man 3. Sampai akhirnya terungkap bahwa Sony dan Disney telah bekerja sama untuk membawa karakter Spider-Man ke MCU dengan aktor Tom Holland.

The Sinister Six

Dengan dibatalkannya film The Amazing Spider-Man 3, hal tersebut juga secara otomatis membatalkan rencana Sony terkait film The Sinister Six yang sebelumnya sempat diperlihatkan sekilas di ending film TASM 2. Tadinya film The Sinister Six sendiri akan dibintangi kembali oleh para aktor TASM 2, seperti Dane DeHaan sebagai Harry Osborn alias Goblin dan Paul Giamatti sebagai Rhino. Sayangnya, karena alasan yang sama seperti pembatalan TASM 3, film The Sinister Six tidak pernah terwujud setidaknya sampai hari ini.

Fantastic Four 3

Sama seperti berbagai proyek film di daftar ini, The Fantastic Four 3 dari 20th Century juga dibatalkan karena beberapa alasan. Terlepas dari para aktor utamanya seperti Ioan Gruffudd, Jessica Alba, Chris Evans, dan Michael Chiklis sudah dikontrak untuk tiga film, kegagalan film Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer yang dianggap tidak semenarik film pertamanya, telah membuat 20th Century berpikir ulang untuk melanjutkan waralaba Fantastic Four. Dan benar saja, pada saat itu akhirnya 20th Century memutuskan untuk lebih fokus pada waralaba X-Men dengan berbagai film barunya.

Fant4stic 4

Setelah delapan tahun berlalu tanpa ada kabar mengenai warabala Fantastic Four sebelumnya, pada akhirnya 20th Century mencoba peruntungan lain dengan me-reboot kisahnya melalui film Fantastic Four yang ditulis Fant4stic pada tahun 2015. Meskipun studio sangat percaya diri dengan filmnya, tetapi penggemar berkata lain dan menanggap film Fant4stic sebagai film terburuk Marvel sepanjang masa. Kemudian pada tahun yang sama, tidak lama setelah 20th Century dirumorkan akan merilis sekuelnyamereka justru mengumumkan bahwa film Fant4stic 2 dibatalkan.

Inhumans

Mungkin tidak semua penggemar Marvel mengetahui bahwa kisah Inhumans pernah hampir diangkat dalam bentuk layar lebar. Dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Fase 3 MCU, proyek Inhumans dianggap gagal untul mewujudkan visi Marvel Studios yang sangat berhati-hati dalam menggarap Infinity Saga. Pada akhirnya proyek Inhumans sempat terkatung-katung, bahkan pernah beredar rumor untuk dimundurkan ke Fase 4, sebelum akhinya filmnya diputuskan untuk dijadikan tayangan serial di saluran televisi ABC yang mirisnya langsung membatalkan serialnya pada tahun 2018.

Gambit

Pada tahun 2019, sempat dirumorkan bahwa film Gambit dari 20th Century telah memulai syutingnya dengan Channing Tatum sebagai Gambit, Léa Seydoux, dan Lizzy Caplan. Namun, tidak lama setelah itu produksi filmnya dikabarkan ditunda karena berbagai konflik jadwal yang tidak sesuai antara kru dan aktor, di mana hal tersebut memaksa film Gambit untuk ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan. Kemudian setelah Disney mengakuisisi 20th Century pada tahun yang sama, pada akhirnya film Gambit dibatalkan karena Disney lebih ingin memperkenalkan X-Men ke MCU dengan caranya sendiri.

Ghost Rider 3

Kabar mengenai Ghost Rider 3 yang akan kembali diperankan oleh Nicholas Cage, telah mengalami naik turun selama bertahun-tahun. Tadinya film ketiga ini akan kembali disutradarai oleh Mark Neveldine dan Brian Taylor yang sebelumnya menggarap Ghost Rider: Spirit of Vengeance (2011), tetapi pada tahun 2013, Kevin Feige mengumumkan bahwa hak atas karakter Ghost Rider diambil alih oleh Marvel Studios. Sayangnya dalam pengumuman tersebut, Feige juga menegaskan bahwa dia dan Marvel Studios masih belum mempunyai rencana terkait film baru Ghost Rider, sampai hari ini.

Itulah berbagai proyek film Marvel yang dibatalkan karena beberapa alasan, dari mulai masalah produksi, sampai dibatalkan karena hak propertinya diambil alih kembali oleh Marvel. Sampai hari ini, tiga belas proyek film tersebut tidak pernah kembali disinggung akan dilanjutkan atau dikembangkan ulang di Marvel Studios, karena sepertinya Kevin Feige dan Marvel lebih tertarik untuk mengembangkan versinya sendiri yang lebih sesuai dengan keadaan Marvel Cinematic Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.