Extremis 3.0 App

Ketika Tony Stark diceritakan menjadi serakah setelah terkena efek sihir pembalik karakter dari Scarlet Witch, dia memproklamirkan dirinya sebagai versi Superior Iron Man yang jauh lebih hebat dari sebelumnya. Untuk membuktikan hal tersebut dia menciptakan sebuah aplikasi smartphone gratis yang disebut Extremis 3.0 app, di mana aplikasi ini dapat membuat penggunanya awet muda, panjang umur, dan tampak lebih cantik atau tampan. Namun, ketika sudah banyak orang yang menggunakannya, Tony kemudian memasang tarif per hari sekitar 1,4 juta rupiah, membuatnya menjadi menjadi karakter paling berbahaya sekaligus terlicik di Marvel Univere pada saat itu.

Iron Man Mark 1

Iron Man Mark I adalah penemuan Tony Stark paling orisinal yang pada akhirnya menjadi contoh awal bagi pengembangan armor Iron Man lain yang lebih canggih. Ide awal dari Mark I sendiri adalah untuk memenuhi keinginan manusia dalam membuat senjata yang paling mematikan di seluruh dunia, itulah mengapa pada akhirnya banyak yang meniru salah satu ciptaan terbaik Tony ini dengan mencuri konsepnya. Hal tersebut membuat dunia dipenuhi dengan para “Iron Man wannabe” yang pada akhirnya menjadi villain karena ingin membuktikan kehebatan armor mereka masing-masing, salah satunya yang terburuk adalah Ivan Vanko alias Whiplash.

Ultron

Penemuan terakhir di daftar ini tidak lain adalah Ultron, yang diciptakan oleh Tony ketika dirinya ingin dunia lebih aman dan lebih siap untuk menghadapi ancaman supervillain yang akan datang. Alih-alih menjadi pelindung Bumi beserta isinya, Ultron malah lahir sebagai sosok yang menganggap manusia adalah ancaman Bumi yang sebenarnya, dan mulai menyusun rencananya untuk menghancurkan dunia. Jika saja rencana awal Tony berjalan lancar, penemuannya ini bisa dibilang yang terbaik di MCU. Sayangnya, alih-alih melindungi Bumi, Ultron malah menjadi salah satu supervillain yang membuat Avengers kewalahan.

Itulah tujuh penemuan Tony Stark yang pada akhirnya berakibat buruk pada dirinya sendiri dan juga sekitarnya. Meskipun semuanya berawal dari ide Tony sendiri, tetapi pada akhirnya hampir semua orang turun tangan untuk menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh sebagian besar penemuan Tony tersebut, misalnya masalah E.D.I.T.H. yang harus diselesaikan Spider-Man, Extremis 3.0 yang membuat para superhero dan juga Pepper Potts bersatu untuk menghentikan ide gila Tony, dan yang terakhir Ultron yang membuat seluruh anggota Avengers harus mencari cara agar bisa mengalahkannya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.