Dari sekian banyak video game populer, Uncharted adalah salah satu game dari Naughty Dogs yang beruntung karena mendapatkan sebuah adaptasi untuk film layar lebar. Mempunyai judul sama, film Uncharted dari Sony Pictures disutradarai oleh Ruben Fleischer ditulis oleh Rafe Lee Judkins, Art Marcum, dan Matt Holloway, serta dibintangi oleh Tom Holland sebagai Nathan Drake, Mark Wahlberg sebagai Victor Sullivan, Sophia Ali sebagai Chloe Frazer, Tati Gabrielle sebagai Braddock, dan Antonio Banderas sebagai Moncada.

Film yang melakukan produksinya pada tahun 2020 ini, diambil di beberapa lokasi menarik di seluruh dunia, termasuk di Berlin, Babelsberg, Valencia, Barcelona, dan juga Madrid. Selain beberapa lokasi di Jerman dan Spanyol, film Uncharted juga sempat melakukan pengambilan gambar di Filipina. Film yang sedang tayang di bioskop Indonesia ini bercerita tentang petualangan awal Nathan Drake yang diajak oleh Victor Sullivan untuk melakukan perburuan harta karun paling misterius di seluruh dunia.

Di tengah penayangan filmnya, baru-baru ini, Sony melalui CEO-nya yang bernama Tom Rotham mengumumkan bahwa Uncharted adalah salah satu “waralaba” baru mereka. Karena penayangan perdana filmnya dianggap telah berhasil, Rotham turut merayakan keberhasilan film Uncharted dengan mengatakan, “Uncharted adalah salah satu waralaba film baru kami yang berhasil.” Sejauh ini, baik Sony maupun kru dan para pemeran yang terlibat masih merahasiakan nasib film Uncharted 2.

Setelah sempat tertunda beberapa kali karena pandemi COVID-19, akhirnya film Uncharted bisa tayang di Indonesia pada 16 Februari lalu. Terlepas dari respons penggemar dan juga kritikus yang beragam, termasuk rating yang hanya 29% di Rotten Tomatoes, sejauh ini filmnya telah berhasil meraup pendapatan sebesar 148 juta dolar atau sekitar dua triliun rupiah dari seluruh dunia. Dengan besarnya pendapatan tersebut, film teranyar Sony ini bisa dibilang cukup berhasil, mengingat anggaran filmnya yang mencapai 1,7 triliun telah terlampaui.

Sebelumnya sutradara Fleischer telah menjelaskan bahwa film Uncharted garapannya merupakan kisah prekuel dari waralaba video gamenya, jadi masih ada banyak materi lain yang bisa diambil untuk film sekuelnya nanti, misalnya dari game seperti Uncharted: Drake’s Fortune (2007), Uncharted 2: Among Thieves (2009), Uncharted 3: Drake’s Deception (2011), dan Uncharted 4: A Thief’s End (2016). Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah film Uncharted ini layak untuk dijadikan waralaba?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.