Jauh sebelum Gol D. Roger memulai karirnya sebagai bajak laut, ternyata di lautan dalam dunia One Piece sudah ada kelompok bajak laut populer yang berkuasa dan mereka sudah menjadi incaran Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Mereka adalah kelompok bajak laut Rocks, yang dipimpin oleh sosok Rocks D. Xebec.

Mereka dikenal sebagai kelompok bajak laut terkejam dan paling ganas, bahkan cerita tentang mereka pun tidak tercatat dalam sejarah. Kelompok Rocks memiliki kru yang sangat luar biasa. Beberapa diantaranya adalah Big Mom, Kaido, Whitebeard, dan bahkan Shiki. Memang masih belum diketahui siapa lagi yang pernah menjadi bagian dari kelompok Rocks, dan berapa jumlah krunya.

Fakta mengenai kelompok Rocks ini pertama kali di chapter 957, di mana Sengoku bercerita banyak kepada para angkatan laut muda mengenai sosok Rocks. Selain itu, Sengoku juga bercerita mengapa Rocks kemudian mengumpulkan banyak sekali kru tangguh, seperti Big Mom dan Kaido. Selain mereka, ada juga beberapa nama lainnya yang disebutkan oleh Sengoku.

Beberapa diantaranya adalah Captain John, Silver Axe, dan Wang Zhi. Sejauh ini kita sudah melihat semua kru yang sudah disebutkan, kecuali Captain John, Silver Axe, dan Wang Zhi. Captain John adalah sosok populer berkat harta karunnya yang melimpah. Ini juga yang kemudian menjadi incaran dari Buggy selama ini, dan bukan mencari One Piece.

Hanya Wang Zhi dan Silver Axe yang belum diketahui bagaimana wujudnya. Namun, kemungkinan Oda Sensei sudah pernah menghadirkan kedua sosok tersebut jauh sebelumnya. Di chapter 452 dalam arc Thriller Bark, Franky diperlihatkan harus menghadapi pasukan zombie yang sangat banyak. Yang menarik, salah satu zombie tersebut adalah Captain John.

Bagaimana kemudian mayat dari sisa kru bajak laut Rocks ada di Thriller Bark? Seperti yang kita ketahui, kelompok bajak laut Gecko yang dipimpin oleh Gecko Moria sempat bertarung menghadapi kelompok bajak laut Beast di wilayah Ringo, Wano. Pada saat itu, Moria sedang berusaha mencuri mayat dari Ryuma dan mencuri Shusui.

Pertarungan tersebut memang tidak seimbang, mengingat Kaido terlalu kuat bagi Moria. Hasilnya, kru bajak lautnya berhasil disapu bersih oleh Kaido. terkait dengan kekalahannya tersebut, Moria pun kemudian mencoba membangun kembali kekuatannya untuk membalas dendam atas kekalahannya terhadap Kaido. Dan Moria pun mulai membentuk pasukan zombienya dari berbagai mayat bajak laut populer seperti kelompok Rocks.

Mengetahui hal tersebut, Moria pun mulai mencari jenazah mereka. Ada beberapa kemungkinan bagaimana kemudian Moria menemukan jenazah tersebut. Pertama, Moria secara tidak sengaja menemukan jenazah tersebut di wilayah West Blue, pasca pertarungannya dengan Kaido di Wano. Kedua, Moria juga tahu tentang kekuatan dari kelompok bajak laut Rocks.

Ketiga, mungkin, Moria menemukan semua jenazah tersebut di Wano, bersamaan dengan dia menemukan jenazah dari Ryuma. Jadi, kesimpulannya, pasca kekalahan yang dialami oleh Moria dari Kaido, dia pun mulai mencari kekuatan baru. Salah satunya adalah dengan membangun pasukan zombie, terutama dari bekas kelompok Rocks.

Moria mencoba mencari di mana jenazah Rocks, namun yang terjadi justru dia menemukan jenazah dari para mantan kru Rocks. Namun, Moria sendiri sepertinya tidak mempermasalahkan hal tersebut karena dia tahu bahwa kru Rocks sangatlah dahsyat. Mungkin ceritanya akan berbeda jika kemudian Moria berhasil menemukan jenazah dari Rocks dan menjadi salah satu pasukan zombienya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.