Eternals adalah satu satu film Marvel Cinematic Universe yang tayang pada tahun 2021 lalu. Disutradarai oleh pemenang Oscar, Chloé Zhao, film Eternals dibintangi oleh Angelina Jolie sebagai Thena, Gemma Chan sebagai Sersi, Kumail Nanjiani sebagai Kingo, Brian Tyree Henry sebagai Phastos, Lauren Ridloff sebagai Makkari, Barry Keoghan sebagai Druig, Lia McHugh sebagai Sprite, Don Lee sebagai Gilgamesh, Richard Madden sebagai Ikaris, Salma Hayek sebagai Ajak, dan Kit Harington sebagai Dane Whitman.

Para Eternal di filmnya diceritakan mendapatkan misi dari Celestial untuk membasmi deviant di Bumi, di mana pada akhirnya terungkap bahwa misi tersebut bertujuan untuk membuat Bumi dan semua makhluk hidup di dalamnya memberikan energi pada Celestial Tiamut yang akan bangkit dari dalam perut Bumi. Dalam prosesnya banyak Eternal yang diceritakan mati, termasuk Ajak, Gilgamesh, dan Ikaris. Walaupun begitu, ending filmnya sendiri menjanjikan bahwa para Eternal akan kembali pada masa depan MCU. Apakah hal tersebut berlaku juga kepada para Eternal yang mati? Lantas bagaimana caranya?

Nyawa Tidak Terbatas di Marvel Comics

Sebelum membahas bagaimana Eternal bisa bangkit kembali di MCU, sebenarnya ada beberapa petunjuk di Marvel Comics yang mengisyaratkan bahwa memang pada dasarnya Eternal tidak akan benar-benar mati selama beberapa syaratnya di penuhi. Diciptakan oleh Jack Kirby, Eternal alias Homo Immortalis adalah ras spesial di Bumi yang pertama kali diceritakan pada tahun 1976 di komik Eternals #1. Selain mempunyai kekuatan kosmik, para Eternal ini sejak awal memang diceritakan akan hidup kembali ketika mereka mati.

Sepanjang sejarahnya, Eternal seperti Ikaris, Sersi, dan yang lainnya memang pernah mati karena suatu penyebab, tetapi pada akhirnya mereka akan tetap kembali lagi dalam keadaan sehat dengan semua ingatan lamanya. Penjelasan yang lebih lengkap tentang bagaimana cara Eternal bisa hidup kembali kemudian diceritakan di komik Eternals Vol. 5 karya Kieron Gillen dan Esad Ribić yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Di komiknya diceritakan bahwa para Celestial menaruh Eternal di Bumi dengan sebuah markas di Kutub Selatan yang disebut Exclusion.

Secara garis besar, Exclusion mempunyai dua fungsi, yang pertama sebagai penjara untuk mengurung para Eternal yang sudah terlalu banyak melakukan kesalahan, dan yang kedua adalah tempat di mana para Eternal akan bangkit kembali ketika mereka mati. Di dalam Exclusion ada sebuah mesin Celestial yang disebut Machines of Resurrection atau Activation Chamber, di situlah para Eternal yang mati nantinya akan langsung bangkit kembali dengan ingatan lamanya. Dan selama mesin tersebut aman, maka Eternal juga akan aman selamanya tanpa perlu takut mati. Lantas apakah mesin canggih ini ada juga di MCU?

Cara Eternal Hidup Kembali di MCU

Sejauh ini di MCU tidak pernah ada satu pun mesin yang diberi nama Machines of Resurrection atau Activation Chamber seperti di Marvel Comics. Namun di filmnya, para Eternal diceritakan berasal dari sebuah tempat yang sangat jauh dari Bumi, yaitu World Forge, dan ditempat ini juga para Eternal pertama kali terlahir dan kemungkinan kembali dibangkitkan.

Ketika Sersi mendapatkan Celestial Communication Sphere dari jasad Ajak, dia diceritakan berhasil berkomunikasi dengan penciptanya, yaitu Celestial Arishem the Judge. Arishem dengan singkat, padat, dan jelas menceritakan bagaimana asal-usul Eternal, di mana ternyata semua ingatan lama Eternal disimpan di World Forge ketika Arishem me-reset tujuan baru untuk mereka. Nantinya ketika ada planet baru yang dijadikan target untuk kelahiran Celestial baru, Arishem akan memasukan ingatan tersebut ke sebuah tubuh yang jumlahnya tidak terhitung di World Forge.

Kemungkinan besar itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai fondasi dasar bagaimana para Eternal yang mati hidup kembali. Jadi meskipun Ajak, Gilgamesh, Ikaris, atau Eternal lain mati dengan tubuh lamanya, Arishem bisa dengan mudah membuat ulang mereka di World Forge sekaligus memastikan ingatan lamanya tidak kembali. Namun bukan berarti ingatan tersebut akan hilang, karena ternyata ada sedikit celah dari ciptaan Celestial tersebut yang disebut Mahd Wy’ry, di mana ingatan lama para Eternal mulai memberontak di dalam tubuh barunya, seperti yang terjadi pada Thena di film Eternals.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara Eternal hidup kembali di MCU. Dengan adanya World Forge ini, Eternal seperti Ikaris, Ajak, dan Gilgamesh dapat dengan mudah kembali ke MCU. Di ending filmnya, Sersi, Kingo, dan Phastos diceritakan dibawa ke World Forge oleh Arishem the Judge, mungkin nanti mereka akan menjadi karakter kunci yang membangkitkan para “saudaranya”, sehingga para Eternal yang mati bisa muncul kembali di tayangan MCU yang akan datang, menjawab pertanyaan yang saat ini santer ditanyakan oleh para penggemar. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.