Kelompok bajak laut Topi Jerami merupakan salah satu kru bajak laut yang memiliki anggota dalam jumlah yang sedikit di seri One Piece. Jumlah kru mereka kurang lebih hanya 10 orang – 11 jika kemudian Vivi dihitung. Berbeda dengan kru bajak laut lainnya yang jumlah krunya mencapai puluhan. Biasanya, setiap mereka yang akan bergabung dengan kru ini butuh persetujuan Luffy.

Namun, Luffy adalah sosok yang sulit untuk diprediksi. Luffy bahkan menolak Armada Besar Bajak Topi Jerami untuk menjadi bagian dari kelompoknya. Yang menarik adalah sepanjang perjalannya sebagai bajak laut, ada beberapa makhluk aneh yang pernah ditawari oleh Luffy untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Brook mungkin adalah yang paling aneh sejauh ini, namun para karakter ini pun tidak kalah aneh.

Unigaro dan McTreenald

Seperti halnya berbagai tempat dalam seri One Piece, Thriller Bark menghadirkan berbagai macam hal menarik termasuk orang-orang atau para penghuni dari pulau tersebut. Yang berbeda adalah seluruh penghuni di Thriller Bark merupakan zombie, meskipun definisi zombie di pulau ini berbeda dengan apa yang kita ketahui. Para zombie di Thriller Bark merupakan hasil eksperimen Dr. Hogback dan juga buah iblis Gecko Moria.

Keduanya membuat makhluk yang mirip dengan sosok Frankenstein yang mampu berpikir atau pun bertingkah aneh. Unigaro dan McTreenald adalah beberapa diantara. Saat Luffy tiba dia Thriller Bark, dia pun bertemu dengan Cerberus, zombie anjing berkaki tiga. Luffy mencoba menaklukannya, namun Cerberus berhasil menggigit Luffy. Luffy pun kemudian memukul dan membuat Cerberus tidak sadarkan diri.

Luffy kemudian berhasil menaklukan Cerberus dan mulai masuk ke dalam gerbang, di mana dia bertemu dengan Unigaro dan McTreeland. Unigaro sendiri adalah zombie dari kuda unicord sedangkan McTreenald merupakan zombie dari pohon tua. Keduanya diperlihatkan sedang minum bersama, saat Luffy terkejut melihat keduanya. Konyolnya, bukannya takut, Luffy justru mengajak keduanya untuk bergabung yang kemudian ditolak oleh Zoro dan Sanji.

Hyoutauros

Sama seperti halnya di Thriller Bark, di Punk Hazard pun penuh dengan berbagai orang-orang yang unik. Salah satu bukti keunikannya adalah sebagian penghuni di Punk Hazard merupakan ras centaur. Makhluk tersebut dahulunya adalah manusia, dan berubah menjadi centaur setelah dibantu oleh buah iblis dari Law. Hyoutauros merupakan centaur yang berhasil mendapatkan perhatian Luffy.

Hyoutauros bukanlah yang paling kuat, di mana Hyoutauros beranggapan bahwa Luffy juga adalah centaur, dan Luffy berhasil mengalahkannya dengan hanya satu serangan. Setelah kembali sadar, Hyoutauros berusaha mengejar Luffy. Tindakan ini disalah artikan oleh Luffy yang menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak berbahaya. Luffy pun bahkan mengajaknya untuk bergabung dengan kru Topi Jerami.

Kaki Kinemon

Mungkin, diantara makhluk aneh yang pernah diajak untuk bergabung dengan kru Topi Jerami, ini adalah yang paling aneh dan membingungkan. Luffy mengajak kaki atau bagian bawah dari Kinemon untuk bergabung dengan Topi Jerami. Saat Luffy dan kelompoknya bertemu dengan seekor naga raksasa saat mereka di Punk Hazard, mereka dengan mudah mampu mengalahkannya.

Apalagi, mereka baru saja kembali dari latihan selama dua tahun. Kru Topi Jerami kemudian menemukan fakta bahwa naga tersebut asli dan naga tersebut pun mampu berbicara. Tetapi, mereka kemudian sadar bahwa suara yang muncul dari sang naga bukanlah suaranya, melainkan suara seseorang yang terjebak di dalam tubuh sang naga.

Saat berhasil mengalahkan naga tersebut, kru Topi Jerami kemudian menyadari bahwa yang terjebak di tubuh naga tersebut adalah bagian bawah tubuh seseorang. Tepatnya itu merupakan kaki atau bagian bawah dari Kinemon. Namun, saat itu, mereka belum mengenal sosok Kinemon. Kaki Kinemon ini pun menyerang Luffy dan kabur. Konyolnya adalah bukannya takut atau marah, Luffy justru meminta kaki Kinemon ini untuk bergabung, yang langsung ditolak oleh Usopp.

Salah satu kemampuan Luffy yang luar biasa adalah bagaimana dia bisa melihat dan merasakan niat dari seseorang. Biasanya, jika menurut Luffy sosok tersebut baik dan bisa diandalkan, Luffy akan mengajaknya bergabung dengan krunya. Namun, terkadang, kita tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan oleh Luffy. Mengajak makhluk-makhluk aneh di atas untuk bergabung adalah salah satunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.