Menjadi sebuah seri tentang bajak laut yang saling bertarung satu sama lain untuk memperebutkan harta karun terbesar, pengkhianatan menjadi sesuatu hal yang lumrah di dunia One Piece. Entah itu teman maupun lawan, pengkhianatan bisa muncul kapan pun tanpa diduga sebelumnya. Dan pengkhianatan tentunya sering kali memunculkan kekecewaan di hati para fans.

Meskipun ada banyak pengkhianatan yang membuat para fans kecewa, tapi pada kenyataannya, ternyata ada juga beberapa pengkhianatan yang justru didukung oleh para fans atau mendapatkan “persetujuan” dari para fans, terlepas dari berbagai alasan yang ada. Lalu, apa saja pengkhianatan yang justru mendapatkan dukungan para fans? Berikut adalah daftarnya.

Denjiro Mengkhianati Orochi

Fakta bahwa Kyoshiro, ketua dari para Yakuza samurai yang melindungi Orochi di wilayah ibu kota bunga, ternyata adalah Denjiro yang menyamar membuat para fans senang dan mendukung hal tersebut. Diketahui bahwa Denjiro sengaja menyamar menjadi Kyoshiro karena beberapa alasan. Pertama adalah untuk melindungi Kozuki Hiyori. Kedua, tentunya untuk membalas dendam kematian Oden.

Bagaimana Oda Sensei menghadirkan cerita pengkhianatan Denjiro benar-benar sangat luar biasa. Denjiro diceritakan menyamar menjadi Kyoshiro selama 20 tahun. Dia harus memendam kemarahan kepada Orochi, untuk menggali sebanyak mungkin informasi dan kemudian mencari kesempatan untuk membalas dendam atas kematian dari Orochi. Bagaimana Denjiro “membunuh” Komurasaki juga menjadi salah satu momen pengkhianatan yang didukung para fans.

Rosinante Mengkhianati Doflamingo

Pengkhianatan yang dilakukan Donquxiote Rosinante terhadap sang kakak, Doflamingo, dianggap sebagai salah satu pengkhianatan paling didukung dan juga paling memilukan di sepanjang seri One Piece. Meskipun Rosinante hanya sebentar saja muncul dalam ceritanya, Rosinante memberikan impresi yang luar biasa kepada para fans dengan banyak fans yang justru mendukung langkahnya.

Meskipun hubungannya dengan Law juga menjadi salah satu faktor pendukung para fans menyukai pengkhianatan yang dilakukan Rosinante, tetapi cerita pengkhianatan Rosinante sendiri tetap saja luar biasa. Diketahui bahwa Rosinante merupakan salah satu perwira angkatan laut yang ditugaskan untuk memata-matai kelompok bajak laut sang kakak. Namun, kemudian penyamaran Rosinante terbongkar yang mana membuat Doflamingo membunuhnya.

Kaido Mengkhianati Orochi

Ketika Kaido memenggal kepala Orochi saat pertempuran besar di Onigashima terjadi, bisa dipastikan semua fans memiliki reaksi yang sama yaitu Orochi memang pantas mendapatkan hal tersebut setelah apa yang dia lakukan terhadap Oden dan Sukiyaki demi mendapatkan kekuasan Wano. Kaido kemudian dianggap pahlawan dengan sudah menghabisi Orochi.

Meskipun kemudian kita melihat fakta bahwa ternyata Orochi masih belum tewas, para fans tetap menyambut baik dan mendukung pengkhianatan yang dilakukan oleh Kaido. Hal ini dikarenakan banyak dari para fans yang menginginkan Orochi untuk tewas. Mereka kesal dengan apa yang dilakukan oleh Orochi.

Capone Bege Mengkhianati Big Mom

Keputusan dari salah satu bajak laut Worst Generations, Capone Bege, untuk mengkhianati Big Mom dan bergabung dengan pihak kelompok Topi Jerami menjadi salah satu cerita utama yang muncul di arc Whole Cake Island. Meskipun pengkhianatan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, para fans senang melihat Chiffon bisa pergi dari tekanan Big Mom.

Seperti yang diketahui, bahwa Capone Bege menyusun rencana panjang untuk membunuh Big Mom. Salah satunya adalah dengan menikahi salah satu anaknya, Charlotte Chiffon, yang juga ternyata sangat membenci ibunya. Selain pengkhianatan Capone Bege, hancurnya pesta pernikahan Sanji dan Pudding menjadi salah satu hal yang banyak didukung para fans.

Koby Menghentikan Perang Puncak Marineford

Meskipun apa yang dilakukan Koby bukan sepenuhnya merupakan pengkhianatan, namun Koby secara teknis sudah mengkhianati nilai-nilai yang diyakini oleh admiral Sakazuki saat perang puncak di Marineford berlangsung. Koby diperlihatkan memohon kepada Sakazuki untuk menghentikan peperangan tersebut mengingat sudah banyak jatuh korban.

Koby tidak ingin para angkatan laut lainnya yang memiliki keluarga harus kehilangan kesempatan untuk menemui keluarganya, hanya demi memenuhi keinginan Sakazuki untuk menghabisi seluruh bajak laut. Pengorbanan dan aksi heroik Koby tersebut berhasil mencuri hati para fans, dan membuat cerita di One Piece menjadi lebih menarik. Bagaimana kemudian Shanks muncul menghentikan serangan Sakazuki, menjadi salah satu momen paling diingat oleh para fans.

Berdasarkan penjelasan di atas, pengkhianatan memang merupakan sesuatu hal yang sangat menyakitkan dan mengecewakan. Namun, tidak selamanya pengkhianatan tersebut merugikan. Ada juga pengkhianatan yang justru didukung oleh para fans, misalnya karena pengkhianatan tersebut dilakukan atas dasar balas dendam. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.