Ada banyak sekali kejutan besar yang terjadi di episode 3 bagian kedua dari musim terakhir seri anime Attack on Titan. Setelah pertarungan sengit antara Eren dan Zeke menghadapi pasukan Marley, termasuk Reiner dan Porco, di distrik Shiganshina, para fans dikejutan ketika Gabi berhasil menembak kepala Eren dengan menggunakan senapan anti Titan.

Dalam momen tersebut, kita melihat sesuatu yang mengerikan di mana kepala dari Eren terlepas dari badannya. Namun, sebelum Eren kehilangan kesadaran dan kepalanya menyentuh tanah, Zeke berhasil melakukan kontak fisik dengan Eren. Mereka pun kemudian sama-sama masuk ke dunia Path. Dan ternyata dari percakapan yang terjadi diantara mereka, terkuak berbagai fakta menarik lainnya, terutama mengenai Ymir, Path, dan Founding Titan.

Path Sumber Kekuatan Titan

Pada bagian awal serinya, Eren Jaeger sempat menyinggung tentang Coordinate atau Path. Hanya orang-orang tertentu seperti Reiner yang tahu apa arti dari Coordinate. Eren dan para penonton sendiri dibuat penasaran dengan apa sebenarnya Coordiante atau Path tersebut, sampai pada episode kemarin di mana Zeke menjelaskan semuanya kepada Eren.

Menurut penjelasan dari Zeke, Path atau Coordinate merupakan sebuah dimensi di mana semua hal saling bertemu, terutama yang berkaitan dengan Titan. Di sini pula sosok Ymir, sang Titan pertama, tinggal selama ribuan tahun. Path merupakan tempat di mana mereka yang memiliki garis keturunan kerajaan atau yang merupakan keturunan dari keluarga Fritz saling terhubung.

Definisi waktu di dunia Path berbeda dengan di dunia nyata. Bertahun-tahun di dunia Path hanya terasa beberapa waktu atau beberapa hari saja di dunia nyata. Hal ini diketahui saat Ymir memperbaiki tubuh Zeke yang hancur akibat Thunder Spear yang dilemparkan oleh Levi. Dan juga terdapat fakta menarik bahwa Ymir juga yang membentuk tubuh para Titan – dan Titan lainnya – yang dibuat dari pasir-pasir yang ada di dimensi Path tersebut.

Jadi, berdasarkan penjelasan Zeke tersebut, Path adalah sumber kekuatan dari semua Titan yang ada di dunia. Path merupakan “jalur” yang dibuat agar seluruh keluarga kerajaan bisa saling terhubung. Path juga digunakan untuk menciptakan Titan yang sekarang kita kenal. Dan Path juga merupakan “rumah” bagi Ymir selama ribuan tahun, dan dia lah yang membantu para Titan Shifter saat mereka menggunakan kekuatannya.

Ymir, Budak Berkekuatan Dewa

Saat Zeke berada di Path, dia mengatakan sempat bertemu dengan seorang gadis misterius. Gadis tersebut menggunakan pasir putih yang ada di Path untuk memperbaiki tubuhnya yang hancur. Ternyata sosok gadis misterius berpakaian putih yang ada di Path tersebut adalah Ymir sang Titan pertama. Mengapa kemudian Ymir berada di Path dan harus terjebak di sana sampai ribuan tahun?

Kekuatan yang dimiliki oleh Ymir benar-benar sangat dahsyat, bahkan bisa dibilang diluar nalar. Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Ymir adalah orang yang bertanggung jawab atas berbagai kreasi Titan yang ada di dunia. Dia yang menciptakan para Titan dan juga memperbaiki tubuh Titan. Kekuatan dahsyat Ymir sebagai Titan pertama inilah yang diincar oleh Eren dan Zeke.

Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan atau menguasai kekuatan dari sang Titan Pertama, maka mereka akan memiliki kendali atas kekuatan yang sangat luar biasa dahsyat juga seperti halnya Ymir. Bahkan, mereka pun akan mampu mengendalikan semua orang yang memiliki darah Eldian atau yang merupakan bangsa Eldian atau yang biasa disebut sebagai Subjects of Ymir.

Zeke pun kembali mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan kepada Eren tentang Ymir. Menurut Zeke, meskipun Ymir adalah sosok yang memiliki kekuatan dahsyat, dia tidak lebih dari seorang budak seperti sosoknya dahulu. Ymir tidak memiliki keinginan atau tekad dalam dirinya. Ymir hanya ada untuk melayani mereka yang memiliki darah kerajaan atau para keturunan keluarga Fritz.

Ymir menganggap bahwa keturunan Fritz atau pemilik darah bangsawan adalah tuannya. Hal ini ada kaitannya dengan masa lalu Ymir, yang mana dia merupakan budak dari raja Eldian pertama. Dia tidak memiliki kuasa atau kekuatan apa pun selain menuruti perintahnya. Status Ymir sendiri masih menjadi budak dari raja Fritz saat dia mendapatkan kekuatan Titan.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa kemudian Ymir tidak menuruti permintaan Eren untuk meminjamkan kekuatannya demi memulai peristiwa Rumbling. Ymir lebih memilih untuk mengikuti perintah Zeke, karena dia memiliki darah bangsawan. Zeke juga sempat menjelaskan bahwa untuk bisa “mendapatkan” kekuatan yang dimiliki oleh Ymir, maka mereka harus menyuruh Ymir untuk melakukannya. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana Eren berkomunikasi dengan Ymir, jika kemudian Ymir sendiri harus mengikuti apa yang sudah diperintahkan dan direncanakan oleh Zeke.

Founding Titan Tidak Penting

Fakta yang paling mengejutkan yang muncul dari episode tersebut adalah bagaimana kekuatan Founding Titan yang dimiliki oleh Eren ternyata tidak memberikannya kemampuan atau kekuasaan apa pun. Founding Titan tidak memiliki kekuatan yang besar, yang mana hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa kemudian Grisha mampu mencuri kekuatan Founding Titan dengan mudah dari keluarga Reiss.

Satu-satunya hal yang mampu dilakukan atau satu-satunya kekuatan yang dimiliki oleh Founding Titan adalah mengirimkan penggunanya ke dunia Path. Seperti yang diungkapkan dalam episodenya, dan juga seperti yang diungkapkan di poin sebelumnya, berada di dalam dunia Path tidak berarti apa-apa jika seseorang tidak memiliki darah kerajaan. Karena semua hal atau keputusan ada di tangan Ymir.

Meskipun Founding Titan sudah diwariskan secara turun temurun di keluarga Reiss di pulau Paradis, ada satu hal yang mungkin tidak diketahui oleh semua orang. Siapa pun yang memiliki kekuatan Founding Titan, maka mereka akan terikat dengan sumpah yang sudah dibuat oleh Karl Fritz untuk tidak memulai peperangan dengan menggunakan kekuatan Titan.

Sumpah tersebut hanya berlaku secara spesifik kepada orang atau pemilik kekuatan Founding Titan, bukan hanya semua orang yang memiliki darah bangsawan atau kerajaan. Zeke sendiri memiliki darah bangsawan, dan pada akhirnya mampu pergi ke dunia Path meskipun tanpa menggunakan kekuatan Founding Titan. Karena dia tidak memiliki kekuatan Founding Titan, artinya dia tidak terikat dengan sumpah Karl Fritz tersebut.

Justru Eren yang harus terikat dengan sumpahnya, seperti diperlihatkan dalam episode tersebut di mana Eren harus dirantai dan tidak bisa berbuat apa-apa. Dengan Zeke yang tidak terikat oleh sumpah dari Karl Fritz, Zeke pun akan membatalkan atau menghancurkan sumpah tersebut dengan mengaktifkan Rumbling. Nasib dunia saat ini berada di tangan Zeke.

Dianggap sebagai Titan terkuat dari sembilan Titan yang ada, Founding Titan ternyata tidak lebih dari sekedar kunci. Founding Titan adalah kunci untuk penggunanya pergi ke dunia Path. Namun, tanpa adanya darah bangsawan, maka siapa pun tidak akan mampu menggunakan kekuatan Founding Titan dan memerintah Ymir untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.