Dunia di seri One Piece dipenuhi oleh berbagai jenis kru bajak laut. Hal ini wajar mengingat One Piece merupakan seri yang memiliki tema utama bajak laut. Ucapan terakhir dari sosok sang raja bajak laut Gol D. Roger tentang keberadaan One Piece menjadi pemicu bagi generasi muda untuk kemudian berlomba-lomba untuk menjadi bajak laut.

Namun, dari sekian banyak kelompok bajak laut yang ada memang tidak semuanya berhasil dan mampu mewujudkan mimpi mereka tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya halangan dan rintangan yang harus mereka hadapi. Mulai dari monster laut sampai Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Sampai sejauh ini, baru kru Gol D. Roger saja yang diketahui berhasil menuju pulau Laugh Tale. Kru bajak laut ini pun menjadi salah satu kelompok bajak laut dengan nilai buruan paling besar. Berikut adalah daftar nilai buruan kru Roger.

Buggy

Buggy, seperti yang kita ketahui, merupakan salah satu karakter yang paling populer dan juga merupakan salah satu karakter yang muncul di awal cerita One Piece. Buggy sendiri dahulu merupakan kru dari bajak laut Roger, bersama dengan Shanks sebelum kemudian kru Roger bubar dan mereka semua berpisah.

Buggy sendiri sempat menjadi Shichibukai sebelum kemudian sistem tersebut dibubarkan Pemerintah Dunia. Nilai buruan Buggy sendiri memang tidak terlalu besar, hanya 15 juta Belly saja. Nilai tersebut didapat setelah Buggy memulai karir bajak lautnya sendiri. Saat bergabung dengan Roger, nilai buruan Buggy berada di angka 5-10 juta Belly. Buggy memang jarang melakukan aksi-aksi yang mengundang perhatian pemerintah atau pun angkatan laut, sehingga nilai bounty miliknya cukup kecil.

Shanks

Shanks merupakan salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko. Shanks sendiriĀ  menjadi Yonko sejak enam tahun sebelum timeline utama dimulai. Meskipun Shanks hanya memiliki satu lengan, tetapi dia masih sanggup untuk bertarung menghadapi musuh kuat seperti Whitebeard dan juga para admiral angkatan laut.

Shanks sendiri sama seperti Buggy, di mana dia dahulunya merupakan bagian dari kru Roger. Saat ini, nilai buruan Shanks sendiri adalah 4,048 miliar Belly. Angka tersebut hampir menyentuh angka nilai buruan dari sang mantan kaptennya. Sama seperti Buggy, angka tersebut didapatkan Shanks setelah dia menjadi Yonko. Namun, kemungkinan nilai buruan Shanks saat masih menjadi kru Roger kemungkinan sedikit berada di atas nilai buruan Buggy, yaitu sekitar 20 juta Belly.

Gol D. Roger

Sang raja bajak laut, Gol D. Roger, merupakan salah satu karakter yang paling kuat di sepanjang serinya. Roger diceritakan sudah berhasil menaklukan semua pulau di Grand Line. Petualangannya yang terakhir membawa dia ke sebuah pulau bernama Laugh Tale, tempat di mana Poneglyph terakhir berada dan juga dari tempat harta karun One Piece.

Roger dianggap sebagai bajak laut yang paling sukses dalam sejarah. Dari segi kekuatan, Roger mampu menandingi berbagai karakter kuat, seperti Whitebeard, dalam sebuah pertarungan. Dengan kekuatan yang dia miliki, serta bagaimana Roger mengetahui rahasia dunia, wajar jika dia menjadi ancaman bagi Pemerintah Dunia. Dan karena itu juga nilai buruannya mencapai 5,564.800.000 Belly.

Nilai Buruan Kru Roger Lainnya

Sampai sejauh ini, nilai buruan dari kru Roger masih belum terungkap semuanya. Baru sebagian saja yang sudah diketahui nilainya. Namun, ada beberapa prediksi yang berkembang terkait dengan nilai buruan dari para kru Roger ini. Misalnya, nilai buruan dari Silvers Rayleigh yang merupakan wakil dari Roger, kemungkinan bisa mencapai 2-3 milliar Belly.

Sementara untuk krunya yang lain, seperti Kozuki Oden, nilai buruannya mungkin mencapai 900 juta Belly. Sedangkan untuk kru lainnya seperti Crocus, nilai buruannya mungkin hanya di angka 200-300 juta Belly. Sedangkan Scopper Gaban mungkin berada di angka 800-900 juta Belly. Kru Roger yang lain pun bisa jadi di kisaran ratusan juta Belly.

Kru bajak laut Roger tidak diragukan lagi merupakan kru bajak laut yang paling populer dan juga ternama di lautan. Merekalah kru bajak laut yang mampu mencapai akhir dari New World dan mencapai Laugh Tale. Meskipun sebagian kru bajak laut Roger mendapatkan nilai buruan besar setelah kru ini bubar, tetapi hal tersebut menunjukan bahwa kru Roger adalah kru yang dahsyat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.