Dengan premis yang sangat simpel yang dihadirkan dalam seri One-Punch Man, berbagai karakter yang menarik yang muncul di cerita menjadi salah satu kunci kesuksesan dari serinya. Diantara sekian banyak karakter menarik dan menjadi favorit para fans, Genos adalah salah satunya. Genos merupakan teman sekamar sekaligus murid dari Saitama.

Seperti halnya para pahlawan lainnya di kelas S, Genos memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Hal ini diakibatkan oleh peningkatan kekuatan siberkinetis yang diaplikasikan ke tubuh Genos. Dengan hal tersebut, secara teknis Genos bisa dibilang bukanlah merupakan manusia melainkan cyborg. Namun, apa yang kemudian membuat Genos bisa menjadi cyborg? Apakah semua itu adalah keinginannya?

Genos dan Saitama pertama kali bertemu dalam sebuah momen yang tidak disengaja. Saat itu, Genos sedang bertarung menghadapi Mosquito Girl. Genos sendiri nampak kewalahan menghadapi monster tersebut, tetapi tidak dengan Saitama yang menghancurkannya hanya dengan satu serangan. Penasaran dengan bagaimana Saitama melakukannya, Genos pun memutuskan untuk belajar kepada Saitama.

Genos memaksa Saitama untuk bisa menerimanya menjadi muridnya, ditambah dengan Genos yang akan membayar sewa apartemennya. Meskipun sebenarnya Genos sudah memiliki kekuatan yang cukup dahsyat, tetapi dia masih merasa kurang dengan semua yang dia miliki. Genos ingin terus menjadi semakin kuat, dan Genos pun kemudian menceritakan masa lalunya.

Menurut Genos, saat usianya 15 tahun, dia tinggal di sebuah kota kecil bersama keluarganya. Namun, kemudian sebuah cyborg/robot yang lepas kendali menyerang kota tersebut, dan menghancurkan semua rumah dan apa pun yang ada di kota itu. Semua orang yang ada di kota tersebut tewas akibat serangan robot itu. Genos sendiri seharusnya sudah tewas, jika bukan karena bantuan dari Dr. Kuseno.

Dr. Kuseno pun kemudian merubah Genos menjadi seorang cyborg demi menyelamatkan nyawanya. Sejak saat itu, hubungan antara Dr. Kuseno dan Genos pun berkembang seolah ayah dan anak. Keduanya kemudian bekerja sama untuk melacak keberadaan dari Cyborg gila tersebut. Tetapi, apa yang diungkapkan oleh Genos tersebut pada kenyataanya banyak diragukan oleh para fans.

Banyak dari para fans berteori bahwa bisa jadi sebenarnya ingatan yang dimiliki oleh Genos adalah ingatan yang sengaja ditanamkan dan dibuat oleh Dr. Kuseno. Hal ini berdasarkan dari penampilan Genos, yang hampir seluruh bagian tubuhnya adalah robot. Sangat sedikit dari bagian tubuhnya yang merupakan bagian tubuh asli. Bahkan, meskipun wajahnya mirip seperti manusia, itu merupakan wajah buatan.

Dalam menciptakan sebuah cyborg, biasanya sang ilmuwan akan melakukan transplantasi otak terhadap tubuh robot. Itu artinya otak asli dari Genos sendiri masih tersimpan di suatu tempat yang tersembunyi. Meskipun begitu, Genos diperlihatkan memiliki sifat dan perilaku serta kebutuhan dasar seperti manusia, misalnya makan. Genos juga sering melakukan kegiatan manusia, misalnya membersihkan apartemen Saitama.

Menurut kreator serinya, ONE, berubah menjadi cyborg nyatanya tidak merubah kepribadian dari Genos. Meskipun, semenjak Genos banyak menghabiskan waktunya dengan Saitama, sikapnya sedikit berubah. Saat ini, usia Genos sendiri diketahui adalah 19 tahun, dan sudah beberapa tahun dia mencari jejak cyborg gila yang menyerang kotanya sebelum kemudian dia bertemu dengan Saitama.

Dengan memiliki dendam yang mendalam terhadap cyborg gila tersebut, Genos bisa dengan cepat meningkatkan kekuatannya dengan cara menggunakan komponen-komponen yang dia ambil dari musuh yang berhasil dia kalahkan. Genos meyakini bahwa hal itu adalah cara cepat untuk bisa menjadi lebih kuat. Genos sendiri bukanlah satu-satunya robot atau cyborg di seri One-Punch Man.

Selain Genos, kita juga mengenal sosok Metal Knight dan Drive Knight yang sama-sama luar biasa. Dan kedua cyborg ini pun sepertinya memiliki pengetahuan tentang robot gila yang dimaksud oleh Genos, tetapi mereka berusaha untuk menyembunyikan informasi tersebut. Saat ini, kondisi Genos sendiri benar-benar hampir hancur setelah berusaha menyelamatkan Tatsumaki. Apakah Genos akan selamat? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.