Marshall D. Teach alias Blackbeard merupakan salah satu dari empat penguasa samudra atau Yonko dalam cerita One Piece. Selain menjadi seorang Yonko, Blackbeard juga merupakan salah satu villain yang sangat kuat dan mengerikan dalam ceritanya. Diketahui bahwa Blackbeard memiliki dua buah iblis sekaligus dalam tubuhnya, yaitu buah iblis Gura Gura dan Yami Yami.

Pasca time-skip, terungkap bahwa kelompok bajak lautnya pergi ke berbagai tempat untuk memburu buah iblis yang akan diberikan kepada anak buahnya. Meskipun belum semuanya memiliki buah iblis, Blackbeard akan terus mencari ke berbagai tempat yang memiliki buah iblis potensial. Salah satu anak buah Blackbeard yang kini memiliki kekuatan buah iblis adalah Shiryu.

Shiryu merupakan mantan sipir di Impel Down sebelum kemudian dia bergabung dengan kelompok Blackbeard, saat dia menerobos masuk ke penjara tersebut. Shiryu sendiri memiliki kekuatan buah iblis Suke Suke no Mi, yang sebelumnya dimiliki oleh Absalom, anak buah dari Gecko Moria. Setelah Absalom tewas, Blackbeard kemudian mencuri buah iblisnya dan memberikannya kepada Shiryu.

Suke Suke no Mi sendiri adalah buah iblis berjenis Paramecia yang memberikan penggunanya untuk bisa “menghilang” alias tidak terlihat. Ketika digunakan oleh Absalom di Thriller Bark, dia menggunakan kekuatan buah iblisnya untuk menyembunyikan senjata dan seolah-olah dia memiliki kekuatan tuhan untuk bisa menghabisi nyawa orang. Dengan kekuatan buah iblis ini tentunya tidak mudah bagi lawan untuk bisa menghadapi Shiryu.

Tetapi, dari apa yang diperlihatkan dalam pertarungan Sanji melawan Queen, bisa diasumsikan bahwa Sanji menemukan cara untuk bisa menghadapi kekuatan Suke Suke no Mi. Dalam pertarungan tersebut, diperlihatkan bagaimana Queen menggunakan seluruh kekuatan dari Germa 66, termasuk kekuatan Stealth Black atau kekuatan menghilang milik Sanji.

Queen sendiri menyalahgunakan kemampuan tersebut untuk menghajar Osome. Yang mana hal itu membuat Osome dan para geisha lainnya berpikir bahwa Sanji yang sudah melukai Osome. Namun, Sanji berhasil menemukan cara untuk bisa menghadapi kekuatan semacam itu. Sanji menggunakan Observation Haki miliknya untuk mencari tahu keberadaan atau hawa dari Queen.

Dalam momen pertarungan tersebut, Sanji sendiri diperlihatkan mampu merasakan keberadaan Queen, yang mana dia langsung menyerangnya dengan teknik Ifrit Jambe. Dan sebenarnya, penggunaan Observation Haki untuk bisa mendeteksi atau merasakan keberadaan sosok yang menghilang bukan pertama kali diperlihatkan. Dalam arc Thriller Bark, Sanji juga sempat melakukan hal yang sama.

Saat kru Topi Jerami pertama kali tiba di sana, mereka begitu terkesima dan aneh dengan kekuatan dari Absalom. Tetapi, saat itu, mereka masih belum tahu bahwa kekuatan yang dimiliki Absalom berasal dari buah iblis. Sampai kemudian Absalom memaksa Nami untuk menikahinya, di mana hal tersebut membuat Sanji marah. Sanji pun kemudian menggunakan Observation Haki untuk mengetahui keberadaan Absalom.

Bukan hanya itu, berkat Haki ini pun Sanji membongkar “trik” milik absalom di mana dia menyembunyikan senjata di bawah lengannya. Jadi, kesimpulannya adalah untuk bisa menghadapi kekuatan buah iblis Suke Suke yang sekarang dimiliki oleh Shiryu, dibutuhkan kemampuan Observation Haki yang kuat. Meskipun banyak yang memprediksi Zoro yang akan menghadapi Shiryu pada masa yang akan datang, tetapi dia tidak memiliki Observation Haki setajam Sanji.

Hal ini tentunya akan membuat Zoro sedikit kesulitan menghadapi Shiryu. Di sisi lain, Sanji sudah memiliki pengalaman untuk menghadapi sosok atau karakter yang memiiki kemampuan menghilang. Belum lagi Observation Haki miliknya pun merupakan yang terkuat. Sehingga rasanya wajar jika kemudian Sanji yang dianggap cocok untuk menghadapi Shiryu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.