Para fans dari franchise Naruto benar-benar dikejutkan oleh kemunculan momen di mana Naruto diperkirakan tewas di episode awal dari seri Boruto: Naruto Next Generation. Meskipun sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas bagaimana kemudian Hokage ketujuh tersebut akan tewas, dalam momen tersebut juga diperlihatkan bahwa Boruto dan Kawaki sedang dalam pengaruh Karma mereka.

Para fans sendiri banyak yang berteori dan berasumsi, mencoba untuk memecahkan misteri tersebut, terutama yang berkaitan dengan Karma di tubuh Boruto. Para fans penasaran bagaimana hal itu bisa terjadi, mengingat Momoshiki masih bersemayam di tubuh Boruto. Tetapi, dari apa yang dihadirkan pada chapter 65 kemarin mungkin memberikan kita petunjuk mengenai bagaimana Naruto tewas.

Sudah ada banyak sekali komentar negatif yang muncul dari para fans, khususnya para fans dari seri sebelumnya, yang merasa kurang nyaman bagaimana seri Boruto perlahan mulai mengurangi kekuatan (nerf) para karakter orisinal. Contohnya, kita melihat bagaimana Naruto harus kehilangan rekan sekaligus sumber kekuatan terbesarnya, Kurama, dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki.

Selain Naruto yang harus kehilangan Kurama, Sasuke juga harus kehilangan Rinnegan yang menjadi salah satu andalannya. Meskipun mungkin hal tersebut ada kaitannya dengan cerita, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa ini merupakan cara dari Masashi Kishimoto untuk memberikan kesempatan bagi para generasi baru shinobi Konoha agar lebih bersinar.

Kawaki dan Boruto sendiri perlahan mulai mendapatkan sorotan tersebut, ketika mereka berperan dalam kematian Isshiki Otsutsuki. Sebelumnya, Boruto juga berhasil mengalahkan Momoshiki dan Urashiki. Meskipun begitu, kematian dari Isshiki ternyata juga memberikan dampak kepada Kawaki, di mana dia harus kehilangan kekuatan dari segel Karmanya.

Dalam chapter 65, kita melihat bagaimana Momoshiki kembali muncul untuk mengambil alih tubuh dari Boruto yang kelelahan setelah berhadapan dengan Code. Meskipun pada awalnya Borushiki berhasil memberikan kesulitan kepada Code, situasi justru berbalik ketika Naruto dan Shikamaru muncul. Dalam pertarungan tersebut, Borushiki malah mendukung Code untuk menghancurkan Naruto.

Bahkan, Borushiki juga menggunakan Oodama Rasengan untuk menghancurkan Naruto. Tetapi, yang mengejutkan adalah Kawaki muncul di depan Naruto dan menyerap jutsu tersebut. Ternyata Kawaki kembali muncul dengan kekuatan segel Karma Isshiki di tubuhnya, yang mana itulah alasan mengapa dia mampu menyerap Rasengan yang dikeluarkan oleh Borushiki.

Semenjak Isshiki tewas, Karma baru yang ada di tubuh Kawaki tidak lagi menyimpan ancaman besar di mana Isshiki akan mengambil alih tubuh Kawaki. Hal inilah yang diungkapkan oleh Amado secara langsung. Menurut Amado, seluruh kemampuan Karma yang ada di tubuh Kawaki sudah benar-benar berubah menjadi sebuah senjata yang sangat mematikan.

Di satu sisi, ini merupakan peningkatan kekuatan yang selama ini diinginkan oleh Kawaki. Selama ini, semenjak Kawaki harus kehilangan kekuatan Karmanya, dia merasa lemah dan tidak berdaya. Sehingga, dengan kembalinya kekuatan Karma di tubuhnya – yang sudah menjadi senjata – menjadi sebuah tambahan kekuatan yang luar biasa. Tetapi, di sisi lain, ini juga menjadi ancaman besar khususnya bagi Naruto.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa dalam adegan di awal serinya, di mana Kawaki dan Boruto saling bertarung di atas Konoha yang sudah hancur, Kawaki mengatakan bahwa dia akan mengirimkan Boruto ke tempat Naruto berada. Dan, bisa dilihat bahwa baik Kawaki maupun Boruto memiliki kekuatan segel Karma. Selain Kawaki, Boruto juga kemungkinan memiliki peran dalam kematian sang ayah.

Bagaimana Kawaki kemudian bisa mengancam nyawa dari Naruto dengan kekuatan barunya tersebut, memang masih belum diketahui secara pasti. Bisa jadi, Kawaki akan kehilangan kendali akan Karmanya yang membuat Kawaki akhirnya mengakhiri nyawa Naruto. Atau mungkin melalui Karma baru Kawaki ini ada sosok lainnya – yaitu Amado – yang kemudian mengendalikan Kawaki untuk menghabisi Naruto. Yang pasti berdasarkan dari apa yang diucapkan oleh Kawaki, ada kemungkinan Kawaki yang sudah menghabisi nyawa dari Naruto. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.