Genjutsu Obito Uchiha

Uchiha merupakan sosok yang ahli dalam hal Sharingan. Beberapa teknik yang bisa dia gunakan dengan Sharingan miliknya sangatlah luar biasa. Obito pernah menggunakan sebuah teknik Genjutsu yang tidak diketahui namanya ketika dia menjebak Yagura Karatachi, dalam sebuah ilusi yang luar biasa kuat. Saking kuatnya, bahkan monster berekor miliknya, Isobu, tidak mampu menyadarkan Yagura. Jutsu ini juga memiliki peran penting dalam era Bloody Mist di desa Kirigakure. Ketika Ao berhasil menghancurkan Genjutsunya, Yagura pun langsung sekarat akibat dari efek yang dihadirkan.

Izanami

Izanami merupakan salah satu dari dua Genjutsu rahasia klan Uchiha yang membuat cahaya dari salah satu mata penggunanya menghilang, ketika digunakan. Hanya Itachi Uchiha yang diperlihatkan cukup mahir untuk menggunakan teknik ini. Izanami membuat penggunanya mampu untuk menjebak seseorang dalam sebuah kejadian yang berulang-ulang.

Penggunanya bahkan bisa menyiksa korbannya dengan melihat kejadian yang sama terus menerus selamanya. Satu-satunya cara untuk bisa menghentikan Genjutsu ini adalah menerima dirinya dan juga takdirnya. Ketika teknik ini digunakan kepada Kabuto, dia pun dipaksa untuk berhenti bertarung dan mengevaluasi ulang apa yang sudah dia lakukan dalam hidup. Jika dia tidak melakukannya, dia mungkin akan terjebak dalam kejadian yang sama untuk selamanya.

Izanagi

Lawan dari Genjutsu kuat Izanami adalah Jutsu Terlarang yang dikenal dengan nama Izanagi. Tekniknya sendiri benar-benar sangat kuat dan bahkan diyakini sebagai Genjutsu paling mengerikan dalam serinya. Teknik ini membuat penggunanya – yang merupakan klan Uchiha – untuk bisa merubah realita yang ada. Mereka pun bisa melawan hukum alam yang berlaku, bahkan merubah ilusi menjadi kenyataan. Ketika digunakan, penggunanya benar-benar bisa mengendalikan penuh takdir mereka sendiri selama teknik ini aktif. Obito Uchiha pernah mengaktifkan Izanagi selama lima menit ketika dia kembali dari kematian untuk menghabisi nyawa Konan.

Tsukuyomi

Tsukuyomi adalah sebuah genjutsu dahsyat yang sekaligus juga unik karena hanya bisa dilakukan oleh Mangekyo Sharingan milik Itachi. Ketika teknik ini digunakan, tidak ada satu pun yang bisa mengendalikan ilusi tersebut selain Itachi sendiri. Dia benar-benar mengendalikan ruang dan waktu di dunia tersebut. Satu detik di dunia Tsukuyomi akan terasa seperti selamanya di dunia nyata bagi sang target.

Teknik ini pernah digunakan oleh Itachi ketika dia menyiksa Kakashi selama tiga hari di dunia Tsukuyomi, yang mana hanya beberapa detik saja di dunia nyata. Dan hasilnya adalah Kakashi benar-benar tidak berdaya untuk jangka waktu yang lama akibat dari genjutsu ini. Sejauh ini, diketahui bahwa hanya Tsukuyomi, genjutsu yang mampu membunuh seseorang.

Infinite Tsukuyomi

Infinite Tsukuyomi adalah teknik Genjutsu paling kuat dan paling mengerikan di serinya. Teknik ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang memiliki kemampuan Rinne Sharingan. Penggunanya akan memanfaatkan bulan sebagai media untuk menjebak semua orang di dunia atau di sebuah planet dalam sebuah genjutsu. Ketika mereka terjebak dalam genjutsu ini, perlahan chakra mereka akan terkuras. Di waktu yang bersamaan, mereka pun perlahan akan berubah menjadi White Zetsu.

Itu dia Geeks, 5 Genjutsu yang sangat berbahaya di dunia Naruto. Walaupun mayoritas Genjutsu dalam daftar ini hanya membuat korbannya bermimpi buruk, tetapi ada beberapa diantaranya yang dapat membunuh sang korban secara perlahan. Beruntung karena di era Boruto, penggunaan Genjutsu sudah mulai berkurang, dan digantikan justu lainnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.