Mandarin adalah seorang penjahat Marvel yang menggunakan Ten Rings sebagai senjata andalannya. Marvel Cinematic Universe baru memperkenalkan Mandarin asli sebagai ayah Shang-Chi di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, sementara di Marvel Comics dia bukan ayah Shang-Chi dan mempunyai sejarah yang jauh lebih panjang lagi. Terkenal sebagai musuh bebuyutan Iron Man, dia juga pernah menghadapi pahlawan super lainnya, termasuk Hulk, Black Bolt, dan Black Panther. Hal itu mengukuhkan posisi Mandarin sebagai penjahat besar di alam semesta Marvel.

Pertama kali diperkenalkan di komik Tales of Suspense #50 karya Stan Lee dan Larry Lieber pada tahun 1964, Mandarin sebenarnya adalah nama sebutan yang dia sematkan pada dirinya sendiri, sedangkan nama aslinya masih misterius sampai sekarang. Walaupun begitu dia mempunyai beberapa nama alias yang sering digunakan seperti Gene Khan di komik Iron Man Vol 1 (1973), Tem Borgijin di komik Invincible Iron Man (2007), dan Zhang Tong di komik Wonder Man Vol 3 (2007). Dengan beberapa nama samaran tersebut, pada dasarnya Mandarin tetap orang yang sama yaitu sebagai penjahat yang terkenal bengis.

Kebengisan sifatnya dia dapatkan dari masa lalunya yang kelam. Ibunya adalah seorang wanita malam asal Inggris yang beroperasi di desa Habuquan, Tiongkok. Masa kecilnya diisi dengan siksaan dan kerja paksa. Setelah ibunya tewas karena overdosis, Mandarin kemudian membunuh majikannya di tempat kerja paksa yang ternyata adalah ayahnya sendiri. Setelah itu dia kemudian diasuh oleh bibinya yang sangat membenci dunia, Mandarin pun kemudian tumbuh dengan perasaan yang sama seperti bibinya, dan mulai jatuh ke dalam dunia kriminal. Bahkan saat revolusi komunis berlangsung, Mandarin menjadi salah satu buronan negara Tiongkok.

Saat buron dia melakukan perjalanan ke Valley of Spirits dan bertemu dengan penjelajah alien Makluan bernama Axonn-Karr yang terdampar di Bumi beserta pesawat luar angkasanya. Tertarik dengan teknologi sepuluh silinder Makluan di dalam pesawat, Mandarin kemudian membunuh Axonn-Karr yang mencoba menghalanginya. Merasa bentuknya seperti cincin, dia kemudian memakainya dan menyebutnya Ten Rings. Sejak saat itu selama bertahun-tahun dia memperlajari Ten Rings dan mulai menguasai dengan kehendaknya sendiri, setelah sebelumnya sempat dikuasai oleh cincin tersebut.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Seperti yang sempat kita bahas di Mengupas Ten Rings, Senjata Mematikan di Marvel Comics!, tidak diragukan lagi bahwa senjata andalan Mandarin tersebut sangat hebat. Tetapi itu semua karena Ten Rings dipegang oleh Mandarin yang sejak awal memang sangat jenius. Selain super-jenius, kemampuan lainnya meliputi ahli bela diri, ahli sejarah, ahli bahasa, dan bisa memanipulasi aliran Chi. Bahkan dengan kemampuannya memanipulasi aliran Chi dalam tubuhnya, dia mendapatkan kekuatan manusia super serta bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama bertahun-tahun.

Dengan segala kemampuan alaminya, ditambah dengan kendalinya atas senjata kosmik Ten Rings, hampir semua yang menghadapinya akan kewalahan. Sebagai musuh bebuyutan Iron Man, Mandarin bahkan pernah menculik Stark dan memaksanya untuk bekerja, sebelum akhirnya Stark berhasil meloloskan diri dan membalas dendam. Kehadirannya di film Shang-Chi mungkin sudah terlambat bagi Mandarin untuk bertarung dengan Iron Man, tetapi kehadirannya di MCU saat ini telah membuka Fase 4 dengan tingkat ancaman yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.