Ten Rings adalah sebuah senjata mematikan Marvel yang diangkat ke layar lebar melalui film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Sementara di filmnya digambarkan seperti gelang yang digunakan di kedua lengan dengan masing-masing berjumlah lima, di Marvel Comics Ten Rings dikenal sebagai Mandarin Rings yang bentuknya memang benar-benar cincin dan dipasangkan satu buah untuk masing-masing jari. Kesepuluh cincin tersebut mempunyai warna dan kekuatan uniknya masing-masing, dan di tangan orang jahat seperti Mandarin, Ten Rings bisa menjadi senjata mematikan dan sangat berbahaya bagi Bumi.

Pertama kali diperkenalkan di komik Tales of Suspense Vol 1 #50 karya Stan Lee dan Larry Lieber pada tahun 1964, Ten Rings awalnya adalah teknologi silinder alien Makluan yang setiap bagiannya mengandung jiwa makhluk kosmik yang telah lama mati. Sepuluh silinder ini dibawa ke Bumi oleh penjelajah Makluan bernama Axonn-Karr. Saat pesawat Axonn-Karr terjatuh, Mandarin menemukannya Axonn-Karr dan pesawatnya di Valley of Spirits, Tiongkok, kemudian mengambil silinder tersebut setelah membunuh Axonn-Karr. Merasa bentuknya mirip seperti cincin, Mandarin kemudian menggunakannya sebagaimana cincin.

Saat menggunakannya, seluruh jiwa yang ada di dalam cincin tersebut memengaruhi pikiran Mandarin agar dia membangkitkan jiwa-jiwa yang ada di dalam cincinnya, sebelum akhirnya Mandarin bisa menguasai Ten Rings sesuai kehendaknya. Sebagai musuh bebuyutan Iron Man, Mandarin sering menggunakannya untuk melawan Tony Stark alias Iron Man dan beberapa kali berhasil membuatnya kewalahan. Hal itu karena masing-masing cincin ini mempunyai kekuatan unik yang sama-sama dahsyat. Masing-masing dari cincin ini mempunyai sebutan dan kegunaannya sendiri.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Yang pertama adalah Remaker yang bisa memanipulasi materi seperti gas, kedua adalah Influence yang bisa menembakan proyektil supersonik, ketiga adalah Spin yang bisa memanipulasi angin, keempat adalah Spectral yang bisa memanipulasi molekul, kelima adalah Nightbringer yang bisa memanipulasi kegelapan, keenam adalah Daimonic yang bisa memanipulasi medan magnet bahkan gravitasi, ketujuh adalah Incandescence yang bisa memanipulasi api, kedelapan adalah The Liar yang bisa memanipulasi pikiran, kesembilan adalah Lightning yang bisa menembakan listrik, dan terakhir yang kesepuluh adalah Zero yang bisa memanipulasi es.

Denga kehebatan masing-masing cincin tersebut, Mandarin bahkan bisa mengombinasikan berbagai macam kemampuan cincinnya dan menciptakan berbagai jurus baru. Belum jelas apakah semua kemampuan ini akan diadaptasi di Marvel Cinematic Universe, yang jelas dengan sejarahnya di komik saja Ten Rings bisa dibilang adalah salah satu senjata terhebat di Marvel. Dan jika jatuh ke tangan yang salah saja bisa berbahaya, bisa dibayangkan jika senjata ini jatuh ke tangan pahlawan super yang benar-benar bisa menggunakannya, Ten Rings akan sangat berguna untuk melindungi Bumi dari segala ancamannya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.