Selama ini, cerita mengenai keluarga selalu menjadi salah satu misteri besar dalam cerita One Piece. Selain Luffy, Roronoa Zoro menjadi salah satu perhatian para fans. Mereka penasaran mengenai asal-usul dari Zoro. Meski pun begitu, dengan adanya arc Wano Country ini para fans banyak yang berspekulasi bahwa Zoro kemungkinan berasal dari wilayah ini.

Selain itu, Zoro juga diyakini menjadi bagian dari salah satu klan di wilayah Wano, yang tidak lain adalah klan Shimotsuki. Seperti diungkapkan di chapter 953, penguasa di wilayah Ringo adalah Shimotsuki Ushimaru. Ushimaru kemudian dibunuh oleh Orochi, setelah dia menolak untuk mengikuti perintahnya. Ushimaru dieksekusi setelah Orochi mengeksekusi Oden.

Dengan usia Zoro yang saat ini 21 tahun, jika memang Zoro berasal dari Ringo, kemungkinan usianya 1 tahun pada saat itu. Demi keselamatan keluarganya, akhirnya keluarga Zoro kabur dari Ringo dan pergi ke East Blue. Ada beberapa petunjuk yang menjadi bukti dari Zoro merupakan bagian dari klan Shimotsuki. Pertama, Zoro dan Shimotsuki Ryuma memiliki penampilan yang serupa, bahkan sangat mirip.

Siluet mereka pun dianggap sangat mirip dengan Ushimaru. Kedua, Ushimaru dan Ryuma berasal dari dari klan yang sama. Sebelumnya, kita tidak pernah tahu bahwa Sanji memiliki nama depan, Vinsmoke. Bagaimana jika hal ini juga terjadi kepada Zoro, yang sebenarnya Zoro memiliki nama depan yaitu Shimotsuki. Sehingga nama asli Zoro yang sebenarnya adalah Shimotsuki Zoro.

Ketiga, makam dari Ryuma sempat dicuri. Shusui dan jenazah ryuma sempat hilang. Hal tersebut memberikan petunjuk bahwa tubuh dari Ryuma tidak pernah membusuk selama ini di Ringo. Tubuhnya kemungkinan membeku, dan pedangnya masih ada bersamanya. Di chapter 953 di jelaskan bahwa wilayah Ringo memang sangatlah dingin. Sehingga mayat tidak membusuk, dan justru membeku.

Mereka juga mengubur tubuh yang sudah tewas dengan menancapkan pedang yang digunakan. Berdasarkan kebiasaan tersebut kemungkinan Moriah saat itu mencurinya dan membawanya ke Thriller Bark. Keempat, sepertinya sudah menjadi takdir bagi Zoro untuk bisa kembali ke wilayah Ringo, dan juga dialah yang menjadi pemilik Shusui, pedang milik Ryma.

Kelima, Oda sempat menjelaskan bahwa sempat ada kapal yang keluar dari Wano menuju East Blue beberapa dekade lalu. Menurutnya, salah satu penerus dari orang-orang yang menaiki kapalnya adalah sosok yang sudah sangat familiar. Keenam, Zoro tumbuh dan besar di desa Shimotsuki di East Blue. Di sana, dia juga mendapatkan ilmu bagaimana menggunakan pedang.

Selain petunjuk di atas, dalam kolom SBS Volume 96, Oda Sensei sempat menjelaskan bahwa desa tempat Zoro tinggal dibangun oleh seorang ahli pembuat pedang legendaris dari Wano yang dikenal sebagai Shimotsuki Kozaburo. Menurut Oda, Shimotsuki Kouzaburo adalah anggota pertama dari klan Shimotsuki. Setelah dia membuat pedang Enma dan memberikannya kepada Kozuki Oden, dia pun kemudian kabur dari wilayah Wano sekitar 55 tahun yang lalu.

Mereka pun tiba di wilayah East Blue dan akhirnya mereka menyebar ke wilayah tersebut. Mereka kemudian membantu warga sekitar untuk mengalahkan para bandit gunung yang sering menyerang. Para penduduk kemudian diajari untuk menggunakan pedang, sampai akhirnya mereka menjadi mahir.

Shimotsuki Kouzaburo pun akhirnya memutuskan untuk menetap disana, menikah dengan penduduk disana dan akhirnya terbentuklah desa Shimotsuki. Beberapa tahun kemudian Koushiro pun lahir dan kemudian Kuina lahir. Intinya, Koushiro merupakan anak dari Shimotsu Kouzaburo dan Kuina merupakan cucunya. Jadi, Zoro memang merupakan bagian atau keturunan dari klan Shimotsuki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.