Healing factor merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting di Marvel Universe, terbukti dengan siapa pun yang mempunyai kemampuan ini pada akhirnya selalu berhasil memenangkan pertarung karena dia tidak akan pernah mati. Ada beberapa karakter terkenal yang mempunyai kemampuan faktor penyembuh, seperti Wolverine dan Deadpool. Namun, ternyata ada yang karakter yang kemampuan faktor penyembuhnya jauh lebih hebat dari Deadpool dan Wolverine, dia adalah Mister Immortal. Sesuai dengan namanya, dia memang abadi!

Sementara Wolverine atau Deadpool sudah sangat terkenal di kalangan penggemar, Mister Immortal kurang begitu dikenal. Pertama kali dibuat pada tahun 1989 oleh John Byrne di komik West Coast Avengers #46 sebagai lelucon, kemudian pencipta berikutnya menyempurnakan latar belakang Mister Immortal dengan memberinya sentuhan gelap dan mengungkapkan bahwa healing factor yang dimilikinya merupakan sesuatu yang terkait dengan jalinan realitas di Marvel Universe.

Komik West Coast Avengers memperkenalkan tim Avengers baru yang disebut Great Lakes Avengers. Tim yang dipimpin oleh Mister Immortal ini, beranggotakan Big Bertha yang mampu mengubah ukuran tubuhnya, reptil Dinah Soar, Doorman, dan Flatman. Tim ini sebagian besar dibuat untuk membuat pembaca tertawa. Penampilan awal mereka menarik perhatian Hawkeye yang langsung melakukan perjalanan untuk bertemu dengan tim Avengers baru ini.

Tim Avengers yang tidak mempunyai izin ini jelas sangat membutuhkan bimbingan, dan Hawkeye adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Setelah alur cerita pertamanya, tim ini bahkan merekrut Squirrel Girl pada satu kesempatan. Great Lakes Avengers lebih sering digambarkan sebagai lelucon, tetapi selama bertahun-tahun pembaca telah mengetahui bahwa pemimpin tim mereka memiliki salah satu latar belakang paling unik di Marvel Universe.

Nama asli Mister Immortal adalah Craig Hollis, dan dia adalah seorang mutan. Mister Immortal adalah anggota Homo Supreme, tahap evolusi terakhir di luar Homo Sapiens dan bahkan di luar Homo Superior. Kemampuan healing factor Mister Immortal akan aktif ketika dia mencoba bunuh diri. Namun, seiring berjalannya waktu, pencipta lain menambahkan hal supernatural ke latar belakang Mister Immortal, terungkap bahwa dia hidup di bawah perlindungan Deathurge, yang akan mendorong Mister Immortal ke dalam aksi berbahaya, sambil terus melindunginya.

Deathurge juga mengungkapkan bahwa Mister Immortal akan melihat akhir dari alam semesta, dan di komik Immortal Hulk #24, Mister Immortal memang hidup sampai akhir zaman, namun ironisnya, dia dalam keadaan tidak sadarkan diri. Sebagai perwujudan dari Kosmos Kedelapan, Metatron memberi tahu Hulk bahwa Franklin Richards dimaksudkan untuk menjadi orang terakhir yang melihat akhir alam semesta, menyiapkannya untuk menjadi Galactus berikutnya, dan Mister Immortal dimaksudkan sebagai cadangan jika terjadi sesuatu kepada Franklin.

Healing factor Wolverine dan Deadpool memang terkait dengan tubuh mereka, misalnya Wolverine karena mutasinya dan Deadpool karena peningkatan genetiknya. Di sisi lain, kemampuan penyembuh Mister Immortal disebabkan oleh beberapa faktor, karena memang berasal dari mutasi dan juga karena aspek kosmik dalam kehidupannya. Seperti yang diceritakan sebelumnya, Franklin Richards dijadwalkan untuk menjadi Galactus berikutnya, dan Mister Immortal adalah cadangan untuk peran penting tersebut. Galactus adalah makhluk yang ditugaskan untuk menjaga keseimbangan alam semesta.

Jadi bisa disimpulkan, alam semesta membutuhkan Mister Immortal untuk tetap hidup, dan alam semseta akan terus melakukan apa pun untuk mencapai itu, baik dengan perlindungan Deathurge atau menjadikannya Homo Supreme. Healing factor Deadpool dan Wolverine merupakan bagian dari kisah pribadi mereka, tetapi healing factor Mister Immortal dimaksudkan untuk keselamatan alam semesta secara keseluruhan. Hal itu membuatnya menjadi pemilik kemampuan healing factor terbaik di Marvel Universe.

*Catatan: artikel ini lebih dulu tampil dan disadur dari Screenrant.com oleh Shaun Corley

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.