Sosok Crocodile sudah tidak diragukan lagi adalah salah satu karakter tercerdas di One Piece. Crocodile mampu melumpuhkan suatu negara, mempengaruhi rakyatnya, dan hampir penyebabkan adanya pemberontakan berskala besar. Crocodile juga adalah lawan kuat yang dihadapi oleh Luffy untuk pertama kalinya, saat berada di arc Alabasta. Sayangnya kecerdasan Crocodile digunakan untuk kejahatan.

Crocodile sendiri sekarang sudah terbebas dari penjara saat perang Marineford terjadi. Saat ini dia berada di New World, namun masih belum diketahui apa yang sedang dia lakukan. Dia juga sudah tidak lagi berambisi mencari Pluton. Crocodile sendiri adalah salah satu karakter yang bisa dibilang menarik, yang mana masa lalunya kurang begitu dieksplor oleh Eiichiro Oda.

Meskipun begitu, sepertinya teka-teki mengenai masa lalu Crocodile sedikit banyaknya mulai terungkap. Hal ini berdasarkan analisis salah satu fan yaitu Users102030. Crocodile berusia sekitar 22 tahun saat dia berada di Logue Town untuk melihat proses eksekusi dari Gol D. Roger. Dan setelah kematiannya, seperti yang kita ketahui, banyak yang kemudian terinspirasi oleh Roger.

Crocodile's SECRET Past! ⋆ Anime & MangaAda yang terinspirasi untuk menjadi seorang bajak laut hebat dan menemukan One Piece, ada juga yang terinspirasi untuk menjadi angkatan laut. Berkat kecerdasannya, butuh beberapa tahun saja bagi Crocodile untuk memulai karirnya sebagai bajak laut dan kemudian mendapatkan posisi tinggi sebagai Shichibukai. Usianya sendiri kemungkinan berada di 25 tahun saat menduduki posisi Shichibukai.

Crocodile sendiri menjadi Shcihibukai selama 19 tahun, sejak usianya 25 tahun sampai 44 tahun, dimana kemudian dia bertemu dengan Luffy. Yang juga menarik adalah hanya butuh tiga tahun bagi Crocodile untuk bisa meningkatkan nilai buruannya menjadi 81 juta Belly disaat dia menjadi Shichibukai. Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, nilai buruan tidak melulu dihitung dari seberapa besar kekuatan seseorang.

Nilai buruan juga memiliki faktor lainnya seperti seberapa besar kerusakan yang sudah dia perbuat atau seberapa besar kejahatan yang sudah dia lakukan. Pertanyaanya kemudian bagaimana Crocodile bisa mendapatkan nilai buruan begitu besar hanya dalam waktu singkat? Ada kemungkinan bahwa hal tersebut ada kaitannya dengan Emporio Ivankov.

Crocodile’s SECRET Past!Dalam salah satu momen di penjara Impel Down, Ivankov mengatakan bahwa dia mengetahui kelemahan dari Crocodile. Artinya Ivankov mungkin tahu bahwa Crocodile lemah terhadap air. Namun, hal itu bukan menjadi masalah besar karena membawa air kemana-mana hanya untuk mengalahkan Crocodile tentu tidak akan efektif. Dan para bajak laut di New World pun dikenal akan kemampuan Hakinya.

Hal inilah yang membuat munculnya spekulasi, bahwa Crocodile sengaja membuat dirinya menjadi Shichibukai demi mengumpulkan kekuatan untuk tujuan utamanya yaitu mengalahkan Whitebeard. Dan untuk mendapatkan reputasi tersebut, bisa jadi juga Crocodile saat itu berhasil mengalahkan Ivankov dan kemudian menyerahkannya kepada pihak Pemerintah Dunia.

Sebagai balasannya, Crocodile kemudian ditawari untuk menjadi Shichibukai. Meskipun terdengar kurang meyakinkan – dengan kemampuan yang dimiliki Ivankov – namun Ivankov sendiri memang memiliki niat untuk pergi ke Impel Down. Tujuannya tidak lain adalah mendapatkan informasi bagi Pasukan Revolusi. Hal ini memunculkan sebuah spekulasi lainnya.

Crocodile’s SECRET Past!Bisa jadi Crocodile menjalin kerja sama dengan Ivankov, dimana Crocodile diceritakan berpura-pura berhasil menangkap dan mengalahkan Ivankov untuk menyerahkannya ke Pemerintah Dunia. Dan inilah yang kemudian membuat Crocodile malu, karena dia menganggap bahwa butuh bantuan untuk bisa berada di posisi tertinggi. Baik Crocodile maupun Ivankov bersepakat untuk saling menjaga rahasia.

Spekulasi lainnya juga yang berkembang di kalangan fans menyebutkan bahwa Vegapunk mungkin memiliki koneksi dengan Pasukan Revolusi. Hal ini diketahui dari sosok Bartholomew Kuma. Crocodile mungkin memiliki peran dalam merekomendasikan Kuma sebagai seorang Shichibukai. Mungkin Oda Sensei bisa membuat spinoff khusus untuk Crocodile, mengingat karakternya adalah karakter yang menarik. Apakah Crocodile akan memiliki peran di masa depan? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.