Perseteruan dan rivalitas antara Roronoa Zoro dan Sanji Vinsmoke mungkin tidak akan pernah berhenti di kalangan para pecinta One Piece. Disaat Zoro diperlihatkan mendapatkan peningkatan kekuatan baru, berupa Haki Penguasa yang dilapisi dalam serangan Asura, para fans pun kemudian bertanya apakah Sanji juga memiliki kemampuan Haki tersebut? atau justru dia juga sebenarnya sudah memilikinya sejak lama?

Hal ini menarik karena para fans sendiri sebenarnya meyakini bahwa Zoro juga memiliki Haki Penguasa dan akan mengaktifkan Haki miliknya suatu hari nanti. Spekulasi tersebut memang ada kaitannya dengan kebiasaan Oda untuk membuat paralel dengan karakter lama. Dalam hal ini, Zoro dianggap memiliki kesamaan dengan Rayleigh. Namun, apakah kelompok Topi Jerami lainnya, dalam hal ini Sanji, juga memiliki Haki Penguasa?

Powers & Abilities - Conquerors Haki indications | WorstgenSeperti halnya spekulasi Zoro dulu, para fans berspekulasi bahwa Sanji juga kemungkinan memiliki kemampuan Haki tersebut berdasarkan petunjuk yang ada di ceritanya. Petunjuk yang paling menonjol adalah “efek suara” yang muncul dalam bebebrapa momen tertentu dalam huruf katakana. Biasanya, huruf katakana tersebut menggambarkan situasi atau menjadi efek suara tertentu.

Misalnya, suara ketika pedang saling beradu akan memiliki efek suara yang berbeda dengan momen lainnya. Dan yang menjadi petunjuk bahwa Sanji kemungkinan memiliki Haki Penguasa adalah huruf katakana dari efek suara yang muncul ketika Sanji melakukan tatapan serius. Efek suara yang ditimbulkan yaitu “ギロ” mirip dengan apa yang diperlihatkan ketika Zoro dan Shanks melakukan hal yang sama.

Huruf kanji tersebut bisa diartikan sebagai “stare”, “glare” atau tatapan. Apakah artinya setiap tatapan yang dilakukan bisa diartikan sebagai Haki Penguasa? Tidak sepenuhnya salah. Namun, sering kali kita melihat bagaimana Luffy, Shanks, Zoro melakukan yang berkaitan dengan tatapan mereka dimana mereka akan menatap dengan serius terhadap musuh sampai lawan terintimidasi.

Meskipun tidak semua Haki Penguasa berkaitan dengan tatapan atau bagaimana penggunanya melakukan tatapan terhadap target atau musuh, namun harus diakui dalam banyak sekali momen tatapan tersebut menjadi indikasi bahwa penggunanya akan menggunakan kemampuan Haki Penguasa. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Sanji juga kemungkinan memiliki Haki penguasa.

Dalam beberapa momen, kita melihat bagaimana Sanji melakukan tatapan yang sama dengan Zoro, Shanks, dan Luffy saat menggunakan teknik Hakinya. Misalnya saat Sanji berada di Whole Cake Island atau saat dia menyamar menjadi Soba Mask. Jika memang berpegang pada pola cerita yang ada, Luffy dan Zoro mungkin dirasa pas memiliki kesamaan dengan Rayleigh dan Roger.

Sedangkan Sanji – yang disamakan dengan sosok Scopper Gaban – masih belum diketahui nasibnya, karena Oda sendiri belum memberikan informasi apakah Scopper Gaban memiliki kemampuan Haki Penguasa atau tidak. Namun, jika dilihat dari sisi narasi, rasanya Sanji memiliki kemampuan Haki Penguasa tidak terlalu dibutuhkan. Sanji bukanlah sosok yang senang untuk bertarung atau memiliki tekad untuk menjadi yang terkuat dan terhebat seperti Luffy atau Zoro.

Sanji adalah sosok yang sederhana dan memiliki cita-cita dan impiannya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, mungkin akan lebih baik jika Sanji memang tidak memiliki Haki Penguasa. Sanji sendiri sebenarnya memiliki keunggulan dibandingkan kru Topi Jerami lainnya, terutama dalam Haki Pengamatan. Sanji bahwa bisa mengetahui laki-laki atau perempuan dan bahkan suaranya dari jarak jauh. Bukan hanya sekedar hawa keberadaanya saja. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.