Dalam dunia One Piece, kapal menjadi salah satu transportasi utama. Pasalnya, sebagian besar karakter One Piece adalah bajak laut. Nah di One Piece sendiri, ada banyak sekali kapal ikonik, dari mulai kapal Queen Mama Chanter milik Big Mom, kapal Moby Dick milik Whitebeard, dan kapal Going Merry milik bajak laut Topi Jerami. Diantara semuanya, mungkin kita lebih sering melihat kapal Going Merry, karena digunakan oleh karakter utama dalam One Piece yaitu Luffy. Nah berikut ini adalah fakta yang telah terungkap tentang kapal Going Merry. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks.

Memiliki Bendera Khusus

image source: wallpaperflare.com

Sebuah kapal tentunya membutuhkan bendera untuk menunjukkan identitasnya kepada kapal lainnya. Bendera juga dapat digunakan untuk membedakan apakah kapal tersebut adalah teman atau musuh. Nah menariknya nih Geeks, kapal Going Merry yang digunakan Topi Jerami pernah memiliki lambang benderanya sendiri. Ketika pertama kali berlayar dan meninggalkan pelabuhan, bendera di Going Merry berwarna hijau dan ditengahnya bertuliskan tulisan “GO”. Penampakan bendera tersebut dapat kalian lihat di manga One Piece chapter 42 dan di anime One Piece episode 18. Namun pada akhirnya desain bendera tersebut berubah.

Pernah Terbang

image source: wallpapercave.com

Dalam arc Skypiea, kita diperlihatkan sebuah tempat yang sangat unik bernama Skypiea. Tempat tersebut dikuasai oleh seorang raja bernama Enel. Menariknya, pulau Skypiea terletak 10.000 meter di atas Paradise. Nah dalam arc Skypiea, kita diperlihatkan saat Topi Jerami menggunakan Going Merry untuk menuju kesana. Going Merry mampu terbang ke ketinggian yang sama dengan pulau Skypiea sehingga Topi Jerami bisa turun ke pulau tersebut. Hal ini membuktikan bahwa Going Merry bukanlah kapal laut biasa, dan dapat terbang. Namun karena kerusakan parah, Going Merry tidak dapat terbang lebih tinggi lagi.

Bertahan Walau Rusak Parah

image source: walpaperlist.com

Walau sempat mengalami kerusakan yang sangat parah, Going Merry mampu terus berlayar di lautan. Untungnya Usopp selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki Going Merry. Going Merry memang dapat bertahan terhadap serangan-serangan besar, dan Usopp selalu berhasil memperbaiki kapal ini. Sudah tidak terhitung berapa kali kapal ini rusak atau hampir hancur karena menerima serangan dari kapal atau karakter lainnya. Bahkan kapal ini pernah bertabrakan dengan Laboon dan rusak berat akibat dimakan Wapol. Namun fakta harus berkata lain karena kapal ini pada akhirnya harus “dipensiunkan” oleh Topi Jerami karena tidak mampu berlayar lagi.

Dianggap Sebagai Kru

image source: zedge.net

Meskipun Going Merry adalah benda mati, tapi Going Merry dianggap sebagai bagian kru Topi Jerami. Pada dasarnya, Going Merry memiliki pikiran dan perasaan. Pasalnya, banyak hal yang tidak biasa terjadi pada kapal ini. Misalnya ketika Going Merry berhasil mengangkut Luffy dan yang lain kabur dari Buster Call angkatan laut di arc Enies Lobby. Going Merry bahkan dianggap mencintai seluruh kru Topi Jerami, dan Topi Jerami pun sangat mencintai Going Merry. Bahkan Going Merry sempat berbicara kepada Topi Jerami bahwa ia sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena rusak parah. Going Merry pun merasa senang karena pernah menjadi bagian dari Topi Jerami dan meminta maaf karena tidak bisa membawa Topi Jerami ke tujuan terakhir.

Desain Going Merry

image source: cbr.com

Walau memiliki desain yang sederhana, tetapi anggota Topi Jerami sangat nyaman saat berada dalam kapal tersebut. Meski sederhana, tetapi desainnya bisa dibilang sangat menarik dan unik. Desain Going Merry sendiri sebenarnya terinpirasi dari kapal di dunia nyata. Kapal tersebut pernah digunakan oleh pelaut dari Portugis di abad ke 15. Kapalnya sengaja dibuat sangat kecil karena memang digunakan untuk perjalanan pendek dari pantai ke pantai. Oleh sebab itulah kapalnya mampu bersandar di pantai dengan mudah. Kapal Going Merry pun mengadaptasi hal serupa, di mana kapalnya dapat bersandar di dekat pantai, seperti yang diperlihatkan dalam arc Alabasta. (Featured Image: nawpic.com)

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/