Dengan musim terakhir dari seri anime Attack on Titan berhasil meraih banyak perhatian dari para pecinta anime dimanapun, manganya sendiri sudah tinggal beberapa langkah lagi menuju cerita akhirnya. Chapter 137 sejauh ini menghadirkan momen yang paling besar, penyelesaian yang paling epik, dengan setidaknya satu karakter utama yang tewas sedangkan satu karakter lainnya masih belum diketahui nasibnya.

Karakter utama yang tewas tersebut dalah Zeke Yeager, yang sudah dianggap sebagai salah satu dari dua Yeager bersaudara yang paling jahat di seri ini. Meskipun begitu, masih belum diketahui bagaimana nasib dari adiknya, Eren, sosok yang berhasil membebaskan Ymir dan Founding Titan dari jeratan beban mereka, untuk kemudian memulai peristiwa Rumbling.

Nasib dari Zeke sendiri sempat menjadi pertanyaan para fans, sejak dia melakukan kontak dengan kepala dari Eren yang terlepas dari tubuhnya, seperti diperlihatkan di chapter 120 kemarin. Setelah pertarungan mematikan lainnya melawan Levi Ackerman, Zeke kemudian kembali dibangkitkan oleh Ymir Fritz, dan kemudian disimpan di dunia Path untuk membantu Eren mengaktifkan kekuatan penuh dari Founding Titan.

CBR.com

Setelah menangkap kepala Eren, kedua saudara tersebut kemudian dibawa ke dunia Path dimana mereka bertarung demi menentukan siapa yang akan mengendalikan Ymir Fritz, yang sudah terjebak di dunia Path selama berabad-abad. Eren pun kemudian yang memenangkan “pertarungan” tersebut dan kemudian membawanya kembali ke dunia nyata dalam tubuh Founding Titan.

Eren kemudian menjadi pemimpin bagi puluhan juta Wall Titan yang ada di pulau Paradis untuk bergerak menuju seluruh dunia. Sementara itu, Zeke menggantikan posisi Ymir Fritz di dunia Path sebagai tawanannya. Dan sejak saat itulah Zeke terjebak di dunia Path. Apa yang terjadi dengan Armin Arlert di chapter 136 kemarin, pada akhirnya memawa dia ke dunia Path juga.

Disana, Armin kemudian bertemu dengan Zeke yang sudah pasrah dengan keadaannya. Di chapter 137, kemudian kita melihat adanya sebuah percakapan antara Zeke dan Armin, yang mana momen tersebut menjadi momen yang paling penuh dan padat akan informasi, terutama mengenai sejarah dari para Titan. Hal ini dikarenakan Zeke Yeager membeberkan semua hal yang dia ketahui mengenai para Titan terutama dari sisi ilmu pengetahuan.

Menurut Zeke, tujuan dari para Titan tersebut adalah “berkembang biak” dan menambah jumlah mereka, seperti bentuk kehidupan lainnya. Meskipun sangat singkat, diskusi antara Armin dan Zeke tersebut menyimpulkan beberapa hal: Pertama, Armin Arlert adalah pahlawan besar dari serinya yang selama ini kurang begitu mendapatkan sorotan, sedangkan Zeke adalah salah satu villain yang mengerikan di serinya.

Ketika Armin dan Zeke berhasil mencari cara untuk bisa keluar atau membebaskan diri dari path – bersama dengan para pewaris Titan sebelumnya di hidup mereka – Zeke kemudian “menunjukan dirinya” di hadapan Levi Ackerman. Dan tidak butuh waktu lama bagi Levi untuk kemudian menghabisi nyawa dari Beast Titan tersebut, dan mengakhiri perang atau dendam pribadi yang terjadi diantara mereka.

Reddit.com

Setelah Jean meledakan bom yang ada di tengkuk Eren, Reiner menggunakan kekuatan Armored Titan miliknya untuk mencegah tulang belakang dari Founding Titan – yang berbentuk mirip kelabang, yang menjadi sumber kehidupan para Titan – untuk kembali menyatu dengan kepala Eren. Dengan Rumbling yang sekarang sudah berhenti – entah untuk selamanya atau sementara – Armin kemudian menggunakan kekuatannya untuk meledakan semuanya.

Di akhir cerita, kita melihat bagaimana Armin berpamitan kepada Eren, yang membuat Mikasa tidak percaya atas apa yang dia lihat. Sayangnya, chapternya kembali ditutup dengan sebuah cliffhanger besar, dimana para pembaca harus kembali menunggu sampai bulan depan untuk mengetahui siapa saja yang selamat dari ledakan Colossal Titan Armin.

Mikasa, Levi, Annie, Jean, Connie, Gabi, dan Pieck berhasil selamat dengan menaiki Jaw Titan milik Falco. Namun, Armin, Reiner, dan Eren masih belum diketahui nasibnya apakah mereka masih hidup atau sudah tewas. Mengingat ledakan yang sangat besar dan ukuran tubuh mereka, tentunya akan sangat mengejutkan jika ada diantara mereka – khususnya Eren – selamat dari peristiwa tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kisahnya di chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.