Kelompok Topi Jerami merupakan salah satu kru bajak laut terkuat dalam cerita One Piece. Mereka dipimpin oleh seorang kapten yang kuat, Monkey D. Luff. Luffy merupakan sosok karakter yang sangat kuat, tapi tentunya dia tidak bisa melakukannya sendirian. Dia juga butuh bantuan dari kekuatan lainnya. Karena itulah dia merekrut para Nakama untuk bergabung dengan krunya.

Sanji Vinsmoke merupakan salah satu diantaranya. Sanji direkrut saat Luffy di East Blue. Dia dulunya adalah koki di restoran terapung, Baratie. Sanji pada akhirnya mau bergabung, setelah Luffy berhasil meyakinkannya. Sanji sendiri memiliki impian untuk menemukan All Blue, yang diperkirakan berada di New World. Sanji sendiri merupakan salah satu karakter yang banyak disukai para fans. Berikut adalah beberapa alasan diantaranya.

Ikut Menyelamatkan Kru Topi Jerami di Alabasta

Salah satu hal yang banyak dikenal dari sosok Sanji adalah tindakan heroik yang sering dia lakukan dalam ceritanya. Sanji sering kali muncul di waktu yang tepat untuk membantu melindungi para kru, atau orang lain. Sanji juga merupakan salah satu kru yang paling cerdas, dan sudah sering diperlihatkan dalam ceritanya bukti dari hal tersebut.

Heshero.com

Salah satunya diperlihatkan saat di arc Alabasta. Pada saat itu, kru Topi Jerami berhasil dibuat terpojok oleh Crocodile, dan tidak ada jalan keluar bagi mereka. namun, Sanji kemudian muncul untuk menyelamatkan teman-temannya. Pertama, dia mengelabui Crocodile agar dia bisa pergi dari lokasi tersebut, dan kemudian dia menghabisi anak buah Crocodile dan berhasil menyelamatkan kru Topi Jerami.

Loyalitas Tanpa Batas Kepada Luffy

Banyak fans yang membandingkan loyalitas atau kesetiaan antara satu sama lain, dari kelompok Topi Jerami. Hal itu sebenarnya adalah tindakan yang sangat konyol. Masing-masing kru Topi Jerami sangat setia kepada Luffy dan juga kelompok ini, dan mereka tidak ragu mengorbankan yang dia miliki untuk mewujudkan mimpi Luffy. Buktinya adalah mereka mau berlatih selama dua tahun saat time-skip.

Cultture.com

Bukti lainnya terjadi di Thriller Bark. Sanji mencoba untuk menghentikan Zoro yang bersiap untuk mengorbankan nyawanya demi Luffy. Sanji muncul dan justru meminta Kuma untuk mengambil nyawanya saja. Tapi, Zoro kemudian berhasil mengalahkan Sanji. Ini menjadi bukti bagaimana Sanji sudah siap untuk mempertaruhkan nyawanya demi sang kapten yang sedang dalam bahaya.

Membantu Para Kru Kabur Dari Enies Lobby

Onepiecetv.net

Kelompok Topi Jerami harus menghadapi lawan berat, yaitu kelompok CP-9, saat mereka berada di Enies Lobby. Dalam arc ini, Sanji membuktikan mengapa dia adalah kru yang paling penting. Pertama dia bertarung melawan Jabra demi menyelamatkan Usopp yang berada dalam bahaya. Kemudian, yang kedua adalah ketika dia menutup Gate of Justice, yang mana hal itu membuat kelompok Topi Jerami untuk bisa kabur setelah mereka berhasil mengalahkan CP-9. Sanji juga bahkan berhasil menyelamatkan nenek Kokoro, Chimney, Choppe, dan Gonbe dari angkatan laut.

Menyelamatkan Nami Dan Kru Lain Dari Doflamingo

Momen luar biasa Sanji lainnya muncul saat arc Dressrosa. Donquxiote Doflamingo menyadari kemunculan dari kelompok Topi Jerami, dan memutuskan untuk menyerang nami, Brook, dan Chopper yang berada di Sunny Go. Beruntung, Sanji merasakan bahaya besar tersebut dan kemudian berhasil menghentikan serangan dari Doflamingo.

Heshero.com

Sanji sendiri berhasil menahan Doflamingo selama beberapa saat, sebelum kemudian dia kalah karena level kekuatan keduanya yang jauh berbeda. Tapi, setidaknya kita bisa melihat bagaimana Sanji selalu menjadi pelindung bagi kru lainnya.

Menyelamatkan Usopp Dari Enel

Enel merupakan salah satu musuh yang paling kuat yang pernah dihadapi oleh kelompok Topi Jerami. Dengan buah iblis Goro Goro no Mi, Enel berhasil mengalahkan hampir semua kru Topi Jerami. Hanya Luffy yang mampu menahan serangan Enel dan bertarung melawan Enel, berkat buah iblis karet yang dikonsumsinya. Hal itu membuat Luffy tahan terhadap serangan listrik.

Quora.com

Dalam konfrontasi Usopp melawan Enel, Sanji kemudian muncul untuk menyelamatkan Usopp yang tidak berdaya. Enel saat itu sudah siap untuk membunuh Usopp dengan teknik petur miliknya, namun Sanji kemudian muncul di saat yang tepat dan berhasil menyelamatkannya. Sanji justru yang menerima serangan listrik Enel, yang mana setelah terkena serangan tersebut Sanji berterima kasih kepada Enel karena sudah menyalakan rokoknya.

Featured Image: Amanomoon

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.