Arc Wanokuni dalam seri One Piece adalah salah satu seri yang unik dan kompleks. Banyak informasi penting terungkap di arc ini, informasi yang sebelumnya belum pernah diperlihatkan. Misalnya kita akhirnya tahu mengapa pulau terakhir disebut Laugh Tale. Atau contoh lainnya adalah kita tahu bahwa Wano memang benar adalah kampung halaman dari klan Shimotsuki, yang mana sering kali dikaitkan dengan Wano sebagai kampung halaman Zoro.

Berbicara mengenai Zoro, di arc Wanokuni ini banyak fans percaya jika dia akan membuktikan dirinya sebagai seorang samurai terhebat, calon ahli pedang terbaik di seluruh dunia. Apalagi Zoro kini memiliki pedang yang pernah melukai tubuh Kaido, yaitu Enma. Pedang ini diberikan oleh putri dari Kozuki Oden yaitu Hiyori sebagai barter dari pedang Shusui.

Selama ini, Hiyori sering diperlihatkan sebagai sosok wanita yang lemah lembut dan cantik. Namun, bagaimana jika kemudian Hiyori sebenarnya menyimpan potensi sebagai samurai paling hebat di Wano dan bukan Zoro? Ada sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa Hiyori akan membuktikan dirinya sebagai seorang samurai terhebat dibalik kecantikannya. Ada beberapa hal yang mendukung teori ini.
Pertama, sampai saat ini kita masih belum tahu dimana keberadaan Hiyori. Kita tidak tahu apakah Hiyori ada di Amigasa, Ringo, Kuri, atau di Flower Capital. Kita juga tidak tahu apa yang sedang dia lakukan sekarang. Oda Sensei tentunya tidak akan meninggalkan begitu saja sosok Hiyori setelah diperkenalkan dalam ceritanya. Bisa jadi, Oda Sensei sengaja menyimpan Hiyori untuk cerita yang akan datang. Mungkin juga Hiyori sebenarnya sudah ada di Onigashima, mengingat Tama pun sudah tiba di pulau tersebut.

Kedua, adalah sebuah fakta menarik dalam kebudayaan Wano dimana tidak ada seorang samurai yang berjenis kelamin perempuan. Dan hal ini menarik mengingat One Piece adalah seri yang tidak ragu menghadirkan karakter wanita cantik yang juga memiliki kekuatan dahsyat. Terakhir kali, kita melihat sosok wanita yang bercita-cita menjadi samurai nomor satu terjadi di awal serinya, yaitu Kuina.

Kuina mengatakan kepada Zoro bahwa dia cemburu dengan Zoro yang merupakan laki-laki dan bisa mewujudkan impiannya. Sedangkan Kuina tidak akan pernah bisa mewujudkan mimpinya, karena dia adalah seorang wanita. Namun, Zoro kemudian mengatakan bahwa menjadi wanita tidak ada urusannya dengan menjadi samurai nomor satu. Karena itu, Hiyori mungkin akan membuktikan hal tersebut.

Ketiga, selama 20 tahun Hiyori hidup dibawah perlindungan Denjiro yang menyamar menjadi Kyoshiro, setelah dia kabur dari pengawasan Kawamatsu. Rasanya sulit dibayangkan jika salah satu samurai terkuat di Wano tidak memberikan setidaknya dasar-dasar berpedang untuk sekedar melindungi dirinya sendiri. Hal tersebut juga ditambah dengan kemampuan menyamarnya, dimana diam-diam Hiyori terus meningkatkan kemampuan berpedangnya.

Hal inilah yang kemudian bisa menjelaskan mengapa tidak ada yang menyadari atau merasakan kekuatan dari Hiyori. Keempat, Oden mewarisi pedang lainnya yaitu Ame no Habakiri. Enma sendiri diwariskan kepada Hiyori sedangkan Ame no Habakiri diwariskan kepada Momo. Namun, karena Momo masih kecil akhirnya pedangnya dititipkan kepada Tenguyama. Hiyori bisa menjadi pengganti Momo untuk sementara dan menggunakan pedangnya, menghormati sosok Oden dengan bertarung menggunakan pedang tersebut.

Selanjutnya, dengan Yamato yang sekarang sudah mulai masuk dalam cerita, kita melihat bagaimana anak dari Kaido tersebut adalah seorang yang sangat kuat. Tentu akan mejadi sebuah paralel yang hebat jika kemudian putri dari Oden juga memiliki kekuatan dahsyat. Dua rival memiliki dua anak perempuan yang sama-sama kuat.

Terakhir, seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Oda tidak pernah ragu untuk menghadirkan karakter wanita cantik yang memiliki kekuatan dahsyat. Selain Kuina, kita juga mengetahui bahwa Boa Hancock adalah bajak laut wanita terkuat saat ini. Shirahoshi adalah senjata kuno, dan Hiyori sendiri pasti memiliki kekuatan yang belum diperlihatkan. Mungkin, dia akan mulai memperlihatkan kemampuannya di babak keempat.

Ada teori lainnya yang menyebutkan bahwa Fukurokuju akan menghidupkan kembali Orochi yang tewas ditebas oleh Kaido. Dan jika ini terjadi, maka Hiyori yang kemudian akan benar-benar menghabisi nyawa Orochi, dengan menggunakan pedang Ame no Habakiri, seperti yang terjadi dalam mitologi aslinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.