Film Rogue Squadron akan menjadi film terbaru dari franchise Star Wars. Filmnya sendiri menjadi film pertama dari Star Wars yang disutradarai oleh seorang wanita, yaitu Patty Jenkins. Sampai sekarang, Rogue Squadron adalah satu-satunya film Star Wars yang direncanakan untuk rilis di bioskop.

Nama Rogue Squadron sebenarnya diambil dari tim elit starfighter yang didirikan oleh Luke Skywalker saat melakukan serangan di dermaga luar angkasa Mako-Ta. Pertempuran itu pernah dijelaskan dalam komik Star Wars #52 (komik yang termasuk dalam kanon Star Wars Disney) dan mengambil latar waktu antara A New Hope dan The Empire Strikes Back. Luke menamai skuadron tersebut setelah peristiwa Rogue One, di mana tim pemberontak berhasil mencuri rencana pembuatan Death Star. Masih belum jelas apakah nantinya film Rogue Squadron akan terikat dengan cerita Rogue One atau tidak, tetapi dengan judul tersebut, ada kemungkinan Rogue Squadron dan Rogue One akan sama-sama terikat.

Jadwal Rilis

Rogue Squadron dijadwalkan untuk rilis pada bulan bulan Desember 2023. Tetapi jadwal rilisnya dapat berubah sewaktu-waktu. Film ini dapat saja tertunda seperti dua film Star Wars sebelumnya, The Last Jedi dan The Rise of Skywalker, yang sama-sama tertunda beberapa bulan. Dan pada tahun 2020 ini, dengan pandemi COVID-19 yang menghentikan produksi dan menutup bioskop, penundaan jadwal rilis menjadi hal yang biasa. Mudah-mudahan saja produksi film Rogue Squadron akan berjalan lancar, tetapi jika ada penundaan dari jadwal produksi, maka itu akan berdampak pada perilisan film di tahun 2023.

Detail Cerita Rogue Squadron

Rogue Squadron juga dikenal sebagai Rogue Group, telah banyak diceritakan dalam buku komik, novel, dan video game Star Wars, tetapi tidak semua sumber dianggap sebagai cerita utama (kanon) oleh Disney. Sumber non-kanon tidak akan berpengaruh pada plot film Rogue Squadron nantinya dan Jenkins telah mengkonfirmasi bahwa Rogue Squadron akan menghadirkan cerita original. Dalam pengumuman Lucasfilm tentang Rogue Squadron, mereka menyatakan bahwa filmnya akan memperkenalkan generasi pilot baru dari starfighter. Mereka akan mendapatkan pesawat mereka masing-masing dan siap mempertaruhkan nyawa mereka dalam sebuah perjalanan yang mendebarkan. Filmnya juga akan menghadirkan nuasa pertempuran dengan kecepatan tinggi, dan era masa depan yang futuristik.

Selain itu tidak ada detail cerita lain untuk film Rogue Squadron yang diungkapkan, tetapi implikasi dengan diungkapnya generasi baru dan era masa depan kemungkinan menunjukkan bahwa filmnya akan mengambil latar waktu setelah The Rise of Skywalker.

Pemeran Rogue Squadron

Hingga kini, tidak ada pemeran yang diumumkan untuk film Rogue Squadron. Film Star Wars ini masih dalam tahap pengembangan awal, jadi kemungkinan cerita yang disiapkan untuk film ini masih belum selesai. Jika karakternya saja belum dapat dibayangkan, mereka mungkin tidak akan melakukan casting saat ini. Masih belum jelas karakter lama mana yang akan muncul dalam filmnya nanti. Tetapi jka Rogue Squadron akan mengikuti timeline produksi yang mirip dengan The Force Awakens, maka detail pemeran di Rogue Squadron akan dapat kita ketahui pada tahun 2021.

Dengan Rogue Squadron, masa depan dari Star Wars masih menjanjikan walau tidak lagi menceritakan saga Skywalker. Namun, Rogue Squadron akan mengambil latar waktu setelah trilogi sekuel Star Wars, dan tentunya menghadirkan nuansa Star Wars yang akrab.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/