Ada beragam teori tentang apa sebenarnya One Piece. Ada yang mengatakan bahwa One Piece adalah harta yang sangat berharga di seluruh dunia, ada juga yang mengatakan bahwa One Piece adalah potongan terakhir dari rahasia dunia, dan juga ada yang menyebutkan bahwa One Piece sebenarnya adalah kesatuan dari seluruh lautan yang ada.

Kita tahu bahwa lautan di cerita One Piece terbagi menjadi empat – East Blue, West Blue, North Blue, dan South Blue – dimana setiap dua lautan terpisah oleh sebuah daratan yang membentang sangat panjang yang disebut sebagai Red Line. Simpelnya, Red Line adalah daratan pemisah dari masing-masing lautan tersebut. Mary Geoise pun ada di atas daratan Red Line.Itulah mengapa kemudian teori yang menyebutkan bahwa One Piece sebenarnya adalah sebuah kesatuan dari seluruh lautan yang ada, cukup populer di kalangan para fans. Selain menyatukan seluruh lautan yang ada, One Piece juga dipercaya adalah cara untuk membuat para paus kembali senang dan bisa kembali berkumpul bersama kawanannya.

Apa kaitannya Red Line dan paus? Hal ini sempat dibahas dalam flashback Kozuki Oden, dimana saat itu Roger dianggap terlalu cepat untuk menemukan Laugh Tale. Dia tidak memiliki salah satu senjata kuno yang dibutuhkan yaitu Poseidon, karena saat Roger tiba di pulau manusia ikan, Poseidon sendiri belum lahir. Dan sekarang kita sudah mengetahui bahwa Poseidon sebenarnya adalah putri duyung, dalam hal ini adalah Shirahoshi.

Shirahoshi dianggap sebagai salah satu senjata kuno Poseidon karena kemampuannya untuk berkomunikasi dengan para hewan laut, terutama Sea Kings. Lalu, apa hubungannya dengan paus? Dalam sebuah narasi yang menggambarkan suara dari The Voice of All Things, yang didengar oleh Roger dan Oden, narasinya menyinggung bahwa akan lahir seorang yang sangat kuat yang akan “menyelamatkan” mereka. Dan para paus sendiri tidak sabar menantikannya.

Posisi dari Red Line setelah perang besar yang terjadi sekitar 800 tahun yang lalu, memang membuat populasi paus menurun tajam. Para bayi paus harus terjebak di balik arus Reverse Mountain dan mengirim mereka kembali ke Grand Line dengan tidak ada cara bagi mereka untuk pulang. Hal inilah yang kemudian membuat anak-anak paus tersebut terpisah dari kawanannya, seperti halnya Laboon.

Selain itu, jalur migrasi para paus juga terhalang oleh adanya Red Line ini. Para paus juga bisa kita temukan di pulau manusia ikan dimana mereka mencoba untuk melakukan migrasi, namun mereka terjebak dan harus tinggal disana. Dengan menghancurkan Reverse Mountain dan Red Line tentunya akan mampu mengembalikan para anak-anak paus tersebut kembali ke kawanannya, dan mengembalikan jalur migrasi para paus seperti semula.

Berdasarkan hal tersebut teori ini menyebutkan bahwa calon raja bajak laut dan Sea Kings akan bekerja sama untuk menghancurkan itu semua. Dan untuk bisa memerintahkan Sea Kings, sang raja bajak laut akan membutuhkan bantuan Poseidon yang tidak lain adalah Shirahoshi. Meskipun belum ada konfirmasi, bisa jadi senjata kuno yang dibuat dan dibangun oleh Joy Boy tersebut sebenarnya adalah untuk membantu migrasi para paus. Dan inilah alasan mengapa Roger dan seluruh krunya tertawa ketika mengetahui hal ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.