Hampir semua orang atau bajak laut ingin menemukan keberadaan dari One Piece, atau harta karun peninggalan Gol D. Roger lainnya. Sebelum Roger dieksekusi, dia mengkonfirmasi bahwa semua harta miliknya dan One Piece ada di pulau terakhir, pulau Laugh Tale. Menurut dari apa yang sudah diungkapkan sejauh ini, Laugh Tale sendiri ada di ujung Grand Line.

Tidak mudah untuk seorang bajak laut menemukan keberadaan Laugh Tale. Ada beberapa cara untuk bias menemukan dimana keberadaan Laugh Tale, salah satunya adalah dengan mencari keberadaan Road Poneglyph. Road Poneglyph adalah bagian dari Poneglyph yang berisi petunjuk untuk bisa pergi ke pulau Laugh Tale. Dan Road Poneglyph sendiri total ada 4 buah.

Untuk bisa menemukan Road Poneglyph pun bukanlah pekerjaan yang mudah, karena biasanya Road Poneglpyh dimiliki oleh Yonko atau berada di sebuah tempat yang jarang orang ketahui. Namun, ada sebuah cara untuk bisa menemukan dimana keberadaan Road Poneglyph tersebut yaitu dengan memiliki kekuatan yang disebut Voice of All Things.

Gol D. Roger adalah salah satu pengguna kemampuan Voice of All Things yang terkenal, dan berhasil membuat kekuatan ini sangat berguna. Roger berhasil menemukan dimana keberadaan Poneglyphs dengan mendengar suara/teriakan Road Poneglyph tersebut. Voice of All Things adalah kemampuan yang hanya dimiliki oleh sedikit saja orang di dunia One Piece. Hanya orang-orang terpilih yang biasanya memiliki kekuatan ini, seperti Roger.

Inilah alasan yang kemudian membuat Shanks menaruh harapannya, dan rela untuk mempertaruhkan tubuhnya demi masa depan lebih baik terhadap Luffy. Luffy membuat Shanks mengingat kembali sosok sang kapten. Hal ini kemudian dibuktikan dengan adanya parallel atau kesamaan antara Roger mengungkapkan mimpinya kepada Oden dan Whitebeard, dan ketika Luffy mengungkapkan mimpinya kepada Ace dan Sabo.

Menariknya adalah Ace dan Sabo memiliki reaksi yang sama dengan Whitebeard dan Oden ketika mereka mendengar mimpi tersebut. Shanks juga menyebutkan bahwa Luffy pernah mengatakan hal yang sama ketika Roger mengatakan hal tersebut kepada Rayleigh. Kemampuan Luffy untuk mendengar semua hal juga sudah dibuktikan dalam salah satu cerita, dan bahkan Momonosuke pun memiliki kemampuan yang sama.

ONE PIECE MYSTERIES: Part 1 - The Florian Triangle Monsters | Anime AminoDengan menggunakan kemampuan tersebut, artinya Luffy bisa mencari atau menemukan dimana lokasi terakhir dari keberadaan Road Poneglyph yang saat ini masih misterius. Ada kemungkinan bahwa Road Poneglyph terakhir ada di sebuah tempat yang memang tidak bisa semua orang akses. Karena itulah Shanks tidak bisa menemukannya. Dan satu-satunya cara untuk menemukan keberadaan Road Poneglyph tersebut adalah dengan mendengarkannya.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana jika kemudian Road Poneglyph terletak di Florian Triangle – tempat misterius yang sudah banyak membuat kapal-kapal menghilang dan tidak ada akses matahari. Dengan tempat yang begitu mengerikan dan tidak mungkin terpikirkan oleh orang-orang biasa, maka tempat ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk menjadi lokasi terakhir Road Poneglyph.

Florian Triangle sendiri sempat dimunculkan sekilas sebelum arc Thriller Bark dimulai, namun memang belum ada penjelasan detail apapun. Diketahui terdapat sosok makhluk raksasa besar yang misterius, yang bisa jadi adalah penjaga dari Road Poneglyph terakhir. Dan bisa jadi, kapal-kapal yang hilang tersebut hancur oleh para monster tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari petualangan Luffy menemukan Road Poneglyph terakhir.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.