Enma merupakan sebuah pedang yang memiliki kekuatan dahsyat. Pedangnya sangat tajam dan juga dibuat dengan cara terbaik, seperti halnya pedang-pedang O Wazamono lainnya, contohnya Wado Ichimonji. Namun, Enma memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dan sangat aneh yang tidak dimiliki oleh pedang lainnya. Enma sendiri adalah salah satu pedang yang dimiliki oleh Kozuki Oden, sebelum kemudian dimiliki oleh Zoro.

Tapi, sebenarnya dari mana semua kekuatan Enma berasal? Apa yang membuat pedang tersebut kuat dan bagaimana Enma bisa menjadi pedang yang kuat?  Serinya sendiri belum bisa memberikan jawaban terkait dengan darimana asal usul kekuatan pedang enma. Tapi, Wano memiliki banyak sekali pedang-pedang yang unik dan aneh. Ada kemungkinan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh pedang Enma tersebut adalah sebuah kutukan.

Selama ini, kita tahu bahwa ada yang namanya pedang kutukan. Namun, kita tidak pernah tahu apa yang membuat pedang tersebut dikutuk dan bagaimana caranya pedang tersebut dikutuk. Sejauh ini, secara canon, ada tiga pedang yang diketahui terkutuk dalam cerita One Piece. Sandai Kitetsu, Nidai Kitetsu, dan Kikoku. Diketahui juga ada banyak pedang yang memiliki kekuatan unik seperti kekuatan Enma, yang bisa menyerap Haki si pengguna.

chapter955 hashtag on TwitterUntuk memberikan penjelasan lain dari pedang Enma, terdapat sebuah kutipan dari anime lain yaitu Seven Deadly Sins. “Anggap saja danau ini adalah kekuatan sihir dari salah satu Seven Deadly Sins. Seberapa banyak air yang bisa kau ambil dengan hanya menggunakan tanganmu? Tidak peduli seberapa besar kekuatan sihir yang kau miliki, hanya sebatas itulah tanganmu mampu menampungnya. Tapi dengan adanya bantuan senjata, hal ini sama seperti menggunakan sebuah gelas. Kau bisa mengambil lebih banyak kekuatan sihir.”

Kutipan tersebut disebutkan oleh King, dan apa yang disebutkan oleh King tersebut bisa juga diterapkan kepada Enma. Seseorang mungkin memiliki kemampuan Haki yang sangat dahsyat dan luar biasa, namun tidak mudah untuk bisa mengeluarkan kemampuan Haki yang mereka miliki dalam jumlah besar sekaligus. Apa yang Enma lakukan pada dasarnya adalah membuat Zoro untuk mengeluarkan seluruh kemampuan Hakinya sekaligus.

Dengan berlatih, Zoro mampu mengendalikan dan memperkecil jumlah Haki yang dia gunakan. Dengan menggunakan Enma, Zoro bisa melakukan serangan yang dahsyatnya dua sampai tiga kali lipat dari serangan biasanya. Jadi, memang tidak bisa dipungkiri bahwa Enma menyerap banyak Haki dari sang penggunanya, namun hal itu dikarenakan Enma berusaha meningkatkan serangannya.

Karena itulah tidak semua orang mampu menggunakan pedang ini, jika mereka tidak memiliki kemampuan Haki yang dahsyat seperti Oden dan Zoro. Jadi, sebenarnya penyerapan berlebih Haki dari pedang Enma bukanlah sebuah hal yang buruk, melainkan memang sesuatu yang memang terjadi untuk meningkatkan serangan si pengguna.

Satu tebasan biasa Zoro dengan Enma, bisa sangat jauh berbeda ketika dia menebas musuhnya menggunakan pedang lain. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang bisa dilakukan oleh pedang ini ketika harus digunakan menghadapi Kaido dan musuh yang lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.