DC Comics benar-benar bermain dengan imajinasi para fans dengan menghadirkan berbagai versi lain dari Batman dan Robin dalam cerita Dark Nights: Death Metal.  Beberapa karakter yang unik dan baru dalam cerita ini diantaranya adalah Robin King, Batmage, dan Darkfather. Selain karakter baru yang unik dan mengerikan, ada juga karakter yang unik dan memiliki desain karakter yang sedikit konyol, misalnya Batmobeast dan B-Rex.

Sebuah karakter baru kemudian kembali diperkenalkan dalam komik Death Metal: Multiverse’s End #1, yang mana karakter ini mungkin bisa dibilang paling absurd atau paling aneh. Karakter baru tersebut adalah Baby Batman. Ini sebenarnya bukan pertama kali Baby Batman muncul dalam cerita Death Metal.

Dalam cerita “I Shall Become” dalam komik Death Metal: Legends of the Dark Knights, yang ditulis oleh Garth Ennis, setelah Bruce Wayne harus tewas karena hal yang misterius, Batman kemudian mulai memindahkan pikirannya ke dalam cyberspace dan mengkonseksikannya dengan sebuat tubuh buatan. Ini adalah cara dari Bruce Wayne untuk tetap bisa terus hidup.

Namun, yang cukup mengejutkan bagi Bruce Wayne adalah ketika pikiran dan alam bawah sadarnya kemudian diberikan kepada tubuh seorang bayi. Sosok tersebut kemudian dikenal dengan nama Batbaby. Tapi, Batbaby berbeda dengan Baby Batman yang muncul dalam cerita Multiverse’s End. Dalam ceritanya Perpetua berhasil menanamkan sebuah alat di multiverse yang tersisa, yaitu Earth-3, Earth-29, dan Earth-X.

Alat atau benda tersebut akan mengumpulkan energi psionik dari orang-orang yang ada di Earth-Prime, yang mana hal itu menjadi salah satu misi dari Perpetua. Dia benar-benar berencana untuk menghancurkan seluruh multiverse DC yang ada dan kemudian membangunnya kembali sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Sekelompok pahlawan yang terdiri dari Owlman, President Superman, Kid Flash, Captain Carrot, gu Gardner, dan beberapa orang lainnya kemudian dibentuk. Mereka kemudian pergi ke Earth-X untuk menghentikan apa yang dilakukan oleh Perpetua. Ketika mereka mencoba menyelamatkan orang-orang dari multiverse berbeda, tiba-tiba muncul sosok Baby Batman yang memimpin pasukan Rainbow Batman Corps, pasukan Batmen yang memiliki cincin beragam warna.

Baby Batman pun mengancam para pahlawan tersebut untuk mengembalikan orang-orang yang berasal dari Earth-Prime. Tidak ada yang menduga jika para pahlawan ini akan mendapatkan ancaman dari seorang bayi, tapi yang lebih buruk adalah bayi tersebut merupakan versi jahat dari Batman yang terlihat seperti gabungan antara Yoda dan M.O.D.O.K. dari universe Marvel.

Secara penampilan, mungkin Baby Batman terlihat tidak menyeramkan. Tapi, dengan posisinya yang merupakan pemimpin dari Rainbow Batman Corps sudah cukup menjadi bukti bagaimana kekuatannya. Kid Flash sendiri sempat tidak yakin untuk bertarung melawan seorang “bayi”, tapi kemudian pertarungan tersebut tetap terjadi. Owlman sendiri akhirnya bergabung dalam pertarungan tersebut setelah John Stewart meyakininya bahwa dalam setiap realita/multiverse, akan selalu akan versi Owlman lainnya yang akan terus hidup.

Sebelum menghancurkan Rainbow Batman Corps dengan cara meledakan sebuah bom, Owlman sendiri sempat mengatakan kepada Baby Batman bahwa tidak akan ada orang yang akan mengingatnya karena kejahatan yang dia perbuat. Bagaimana pendapat kalian tentang sosok Baby Batman yang kejam ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.