Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke adalah dua shinobi kuat dan dua karakter utama dalam franchise Naruto. Keduanya sudah sejak lama menjadi rival dalam series ini, menunjukan bagaimana determinasi tinggi dan juga motivasi untuk terus menjadi lebih kuat. Dan pada akhirnya, keduanya berhasil mewujudkan mimpinya. Naruto menjadi Hokage dan menjadi salah satu shinobi terkuat di dunia.

Sama halnya dengan Sasuke. Dia menjadi salah satu shinobi paling hebat di dunia setelah Naruto. Dia juga merupakan “Hokage bayangan” di Konoha. Namun, meskipun Naruto adalah protagonis utama dalam seriesnya, harus diakui bahwa kemunculan Sasuke juga dianggap penting dalam narasi ceritanya. Banyak yang memprediksi jika Sasuke akan tewas di series Boruto: Naruto Next Generation. Dengan asumsi Sasuke memang akan tewas, lalu apa yang akan terjadi?

5Boruto Menjadi Lebih Kuat

Series Boruto memang sedikit unik dibandingkan dengan series pendahulunya. Salah satunya adalah bagaimana protagonis utama di seriesnya, Uzumaki Boruto, justru mengidolakan Sasuke dibandingkan sang ayah. Sedangkan di sisi lain, Uchiha Sarada, justru sangat mengidolakan Naruto dan ingin pada akhirnya seperti Naruto, menjadi Hokage di Konoha dan menjadi ninja terkuat.

Sasuke bagi Boruto sudah seperti sosok pengganti sang ayah, yang sibuk dengan pekerjaan Hokagenya. Dialah “Jiraiya” untuk Boruto, sosok guru yang memiliki pengaruh besar dalam hidup Boruto. Bisa dibilang Sasuke lebih percaya terhadap Boruto dibandingkan dengan Sarada. Kematian Sasuke tentunya akan menjadi motivasi tinggi bagi Boruto untuk kemudian “membalas dendam” kematiannya dan menjadi lebih kuat.

4Sarada Menjadi Lebih Kuat

Sama seperti Boruto, Sarada memang tidak terlalu dekat dengan sang ayah. Sasuke dan Boruto memang sering kali pulang larut malam, sehingga waktu untuk keluarganya sangat sedikit sekali. Meskipun begitu, Sarada tetap menyayangi sang ayah dengan segala kekurangannya. Kematian Sasuke akan menjadi motivasi juga bagi Sarada untuk menjadi lebih kuat.

Sarada tentu akan merasa bertanggung jawab untuk menjaga Konoha dan juga sang ibu, Sakura. Bersama-sama dengan Boruto, Sarada akan terus berlatih untuk membalas dendamnya. Naruto pun sepertinya akan merasa bertanggung jawab untuk kemudian melatih Sarada dengan kekuatannya yang dahsyat. Naruto kemungkinan akan membuka potensi terbesar Sarada.

3Mangekyou Sharingan Sarada Aktif

Sharingan adalah salah satu Doujutsu Kekkei Genkai dari klan Uchiha, dan Sarada sendiri memiliki kemampuan doujutsu ini. Bahkan yang luar biasa adalah, sudah dari kecil kemampuan Sharingan Sarada aktif. Selain akan memotivasi Sarada untuk kemudian berkembang menjadi lebih kuat, kematian Sasuke juga akan membangkitkan salah satu jenis doujutsu lainnya yaitu Mangekyou Sharingan.

Seperti yang kita ketahui, untuk mengaktifkan Mangekyou Sharingan seorang pengguna Sharingan harus mengalami sebuah trauma yang sangat berat akibat kehilangan sosok yang dia cintai. Dan dalam kasus Sarada, kematian ayahnya di tangan musuh tentunya akan membuat kondisi psikologisnya terguncang hebat. Dan secara sadar atau tidak, kemampuan Sharingannya akan berkembang menjadi Mangekyou Sharingan.

2Sarada Memiliki Rinnegan

Meskipun masih sekedar spekulasi, hal ini bisa saja terjadi di kemudian hari. Sasuke memiliki salah satu doujutsu yang sangat kuat dan populer, yaitu Rinnegan. Dengan kemampuan ini, Sasuke bisa mengendalikan kehidupan, mengendalikan gravitasi, dan bahkan bisa mengendalikan apapun di dunia ini. Pada intinya, dia memiliki kemampuan paling hebat di dunia.

Ada dua cara untuk seseorang mengaktifkan Rinnegan, dengan memadukan sel Hashirama dengan chakra Otsutsuki atau dengan memberikannya secara langsung. Dengan Sarada adalah keturunan dari Indra Otsutsuki, rasanya Sarada bisa dengan mudah mengaktifkan Rinnegan yang diberikan oleh Sasuke sebelum dia tewas. Dan dengan Rinnegan yang dia miliki, Sarada akan mencoba membalas dendam kematian ayahnya.

1Naruto Mengaktifkan Mode Berserk

Bagi Naruto, Sasuke sudah bukan sekedar rival atau sahabat dekat. Dia adalah sosok yang selalu ada disaat Naruto membutuhkannya. Dia adalah orang yang bisa Naruto andalkan, dan menutupi segala kekurangan yang dia miliki. Mereka mungkin sempat saling berselisih tentang siapa yang terkuat, tapi itu dulu ketika mereka berdua masih kecil, masih belum memahami tentang apapun.

Kehilangan sosok Sasuke, tentunya akan membuat Naruto sangat hancur kehilangan satu-satunya sosok yang selalu bisa dia andalkan. Dan bukan tidak mungkin, dia akan berubah menjadi Naruto yang ganas dengan mode berserk. Mungkin, jika tidak ada yang bisa mengendalikan Naruto, dia bisa saja menghancurkan Konoha atau bahkan planet bumi mengingat kemampuan Six Path yang dia miliki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.