Thanos adalah villain besar di Marvel Universe, baik dalam film maupun komik. Sebagai villain klasik, muncul pertanyaan tentang sudah berapa lama ia mendatangkan malapetaka di Marvel Universe? Sutradara Avengers: Endgame yaitu Joe Russo menyatakan bahwa Thanos berusia 1000 tahun di MCU. Tetapi umur Thanos dalam komiknya masih sulit untuk diprediksi secara pasti.

Thanos sendiri memulai debutnya di komik Iron Man #55 yang digarap oleh Jim Starlin pada tahun 1973. Dalam komik tersebut, Iron Man diberi tahu cerita singkat mengenai Thanos oleh Drax the Destroyer, yang pada saat itu ia belum bergabung dengan Guardians of the Galaxy. Kemudian terungkap bahwa Drax sebenarnya diciptakan oleh kakek Thanos bernama Kronos dengan tujuan membunuh Thanos.

Sementara itu dalam komik berjudul Thanos Rising yang digarap oleh Jason Aron pada tahun 2013 lalu, komik tersebut mengungkapkan asal-usul Thanos. Thanos rupanya lahir di bulan Saturnus bernama Titan. Ia adalah putra dari ilmuwan dan pemimpin terkemuka bernama A’lars, alias The Mentor. Sementara ibunya adalah Sui-San. Mereka berdua termasuk dalam ras Eternals, yang merupakan makhluk dengan kemampuan luar biasa dan dapat hidup abadi.

Namun meski sebagian besar Eternals terlihat seperti manusia biasa, Thanos terlahir dengan mutasi yang membuatnya memiliki wajah ungu dan wajahnya tak seperti Eternals normal. Karena itu, Sui-San mencoba membunuh Thanos setelah ia lahir, tetapi kemudian The Mentor menghentikan upaya pembunuhannya. The Mentor dan Sui-San kemudian memiliki putra lain yang diberi nama Starfox.

Setelah tumbuh dewasa, Thanos memiliki ketertarikan dengan kematian, yang akhirnya memuncak ketika dia membunuh ibunya sendiri pada usia sepuluh tahun. Komik Thanos Rising menyatakan bahwa Thanos meninggalkan Titan di hari yang sama setelah ia membunuh ibunya. Tetapi menurut catatan The Mentor tentang insiden pembunuhan tersebut dalam komik Silver Surfer #37, terungkap bahwa Thanos tidak pergi meninggalkan Titan sampai delapan tahun kemudian pasca tragedi pembunuhan. Terlepas dari perbedaan itu, Thanos berarti meninggalkan rumahnya antara usia 10 sampai 18 tahun dan kemudian ia bergabung dengan bajak laut antargalaksi.

Setelah bergabung dengan bajak laut antargalaksi, Thanos merebut kendali sebagai kapten dan mengambil alih kapal. Perlahan-lahan ia mengumpulkan lebih banyak pasukan. Thanos kemudian kembali ke Titan setelah lebih dari 8 dekade pergi meninggalkannya, yang membuatnya berusia sekitar 100 tahun, dan ia datang kembali ke Titan untuk menghancurkan planet tersebut dengan hanya menyisakan ayahnya yang hidup.

Setelah Thanos meninggalkan Titan yang hancur, The Mentor menghubungi ayahnya, Kronos (kakek dari Thanos). Suatu ketika, Drax yang dibuat untuk menghabisi Thanos kemudian berhasil menemukannya di planet yang jauh. Tapi Thanos berhasil mengalahkan Drax dan membawanya sebagai tawanan. Tetapi kemudian Drax berhasil menggunakan telepati untuk meminta bantuan kepada Iron Man. Ketika Iron Man tiba, itulah pertemuan pertama Thanos dengan Avengers.

Berdasarkan apa yang terjadi, Thanos berusia diatas 100 tahun, tetapi ada beberapa hal yang cukup membingungkan. Pertama Starfox, adik laki-laki Thanos dikatakan berusia lebih dari 1000 tahun, yang berarti Thanos pasti berusia lebih tua darinya. Berapa persisnya perbedaan usia Thanos dengan Starfox masih belum jelas, tapi mungkin perbedaan usia keduanya hanya terpaut beberapa tahun sejak keduanya tumbuh bersama. Kedua adalah bahwa Mephisto telah menyinggung bahwa keberadaan Thanos sudah ada selama berabad-abad lamanya.

Dengan begitu, tidak ada orang yang dapat mengira secara pasti tentang berapa usia Thanos di komik. Kita hanya tahu dia sudah ada sejak lama, dan kemungkinan dia akan terus meneror alam semesta Marvel selama bertahun-tahun yang akan datang.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/