Mary Geoise merupakan sebuah tempat yang dianggap suci dalam cerita One Piece. Disana tinggal berbagai kerajaan yang dulunya dianggap sebagai pahlawan dalam peperangan melawan kerajaan kuno atau Ancient Kingdom. Mereka menganggap diri mereka sendiri sebagai “tuhan” yang menciptakan seluruh sistem yang ada di dunia. Wilayah Mary Geoise sangat tertutup, karena tidak semua orang bisa masuk ke wilayah tersebut.

Ada banyak sekali misteri yang tersembunyi di dalam tanah suci Mary Goise, yang membuat banyak fans penasaran. Salah satu harta karun yang disimpan disana adalah topi jerami besar, yang diduga milik Joy Boy. Topi tersebut dianggap sebagai harta karun dunia, harta karun berharga bagi Mary Geoise. Tapi, apakah hanya topi itu saja harta karunnya? Atau sebenarnya ada harta karun yang jauh lebih berharga?    Dalam chapter 761, Doflamingo sempat mengatakan bahwa andai saja dia memiliki buah iblis Ope Ope no Mi, dia akan mampu menggunakan harta karun tersebut untuk menguasai dunia. Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Dofy, sepertinya buah iblis milik Law tersebut memiliki peran krusial untuk menggunakan atau mengaktifkan harta karunnya.

Mengapa buah iblis tersebut bisa sangat berguna? Rasanya tidak masuk akal, kecuali harta karun tersebut ada kaitannya dengan hal berbau biologis. Di chapter 906, kita diperlihatkan jika sebuah topi jerami berukuran besar disimpan di dalam ruangan penyimpanan. Topi tersebut dianggap sebagai harta karun Mary Geoise. Mengapa topi tersebut bisa menjadi sebuah harta karun?

Eiichiro Oda merupakan pengarang yang dikenal sering “menipu” para fansnya. Bisa jadi, sebenarnya topi jerami raksasa tersebut bukanlah harta karun yang sebenarnya. Topi tersebut kemungkinan merupakan tanda dari harta karun yang sebenarnya. Dengan kata lain, harta yang sebenarnya adalah jenazah atau tubuh seseorang yang pernah menggunakan topi jerami tersebut.

Kita bisa lihat dimana posisi Im dan topi tersebut berada. Topinya tersimpan di dalam lemari pendingin. Terakhir kali kita melihat tubuh yang disimpan di dalam lemari pendingin adalah ketika arc Thriller Bark berlangsung. Gecko Moria sengaja menyimpan tubuh Oars untuk rencana jahatnya. Misteri yang masih belum terpecahkan sampai saat ini, dan sepertinya sudah terlupakan, adalah mengapa Dofy menyerang Gecko Moria.

Doflamingo mengatakan jika dia mendapatkan perintah dari seseorang yang lebih tinggi dari Sengoku, yang kemungkinan adalah Gorosei atau bahkan Im. Ketika Dofy gagal menjalankan tugasnya, perwakilan dari Mary Geoise mengatakan bahwa perkara tersebut sangat mengkhawatirkan. Kenapa Pemerintah dunia begitu perduli terhadap satu orang Shichibukai?

Jawabannya adalah karena Moria merupakan satu-satunya orang yang sejauh ini diketahui bisa memanipulasi tubuh orang yang sudah tewas. Dengan topi jerami tersebut sebagai tandanya, bisa jadi Im sedang berada di makam milik Gol D. Roger. Angkatan laut memang menjadi pihak yang mengeksekusi Roger, tapi tubuh atau jenazahnya bisa saja dimiliki oleh pihak Pemerintah Dunia.

Berdasarkan apa yang diperlihatkan oleh Moriah di arc Thriller Bark, tubuh yang sudah hancur bisa kembali disatukan. Itulah mengapa para zombie di Thriller Bark penuh dengan jahitan di tubuh dan wajah mereka. Tapi, yang perlu dicatat dari teori ini adalah tidak ada kepastian sosok jenazah yang ada di dalam ruangan tersebut benar-benar Roger atau Joy Boy. Yang pasti sosok tersebut sangatlah kuat.

Mengingat ruangan tersebut mirip dengan ruangan pendingin (seperti di kamar Jenazah), bisa jadi memang Im menyimpan berbagai jenazah orang-orang penting dari Ancent Kingdom, atau berbagai bajak laut terkuat dari berbagai era. Apakah Pemerintah Dunia sengaja menyimpan tubuh-tubuh tersebut untuk membangun pasukannya sendiri? Apakah karena alasan tersebut Moriah kemudian diangkat menjadi Shichibukai?

Mungkin alasan Pemerintah Dunia mengeksekusi Moriah adalah karena dia sangat lemah. Dia merupakan “kekacauan” yang harus segera disingkirkan. Untuk sementara waktu, sepertinya misteri tentang harta karun di Mary Geoise ini masih akan tetap menjadi misteri sampai kemudian Oda Sensei memberikan penjelasan tentang apa sebenarnya isi di dalam lemari penyimpanan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.