Komik Marvel pada tahun 90-an emang lebih banyak ngambil tema kesehatan dengan cara yang gak kita duga. Salah satunya adalah saat Marvel nyeritain Doctor Octopus yang berusaha buat nemuin obat AIDS buat nyembuhin orang yang ia cintai. Selanjutnya ada X-Men yang dihadapin sama ancaman mengerikan dari Virus Legacy, yang menjadi virus seperti AIDS yang hanya bisa menyerang mutant aja.

Tetapi dari semua cerita itu, ada salah satu cerita yang mirip seperti yang kita alamin saat ini yaitu saat Corona mulai menyerang. Yap Corona… Dalam sebuah cerita komik, ternyata Spider-Man pernah ngehadapin seorang villain bernama Corona yang mengancam kelangsungan kota New York. Tapi tanpa Spider-Man sadari, peristiwa yang terjadi ngebuat semacam penyakit yang disebabkan oleh bahan kimia.

Dalam komik Spectacular Spider-Man #176-177, Kurt Busiek dan Sal Buscema ngenalin pertama kali karakter Corona. Dia adalah saudara perempuan dari seorang ilmuwan kaya raya bernama Cedric Forrester. Suatu waktu Corona dipaksa buat jadi sasaran eksperimen berbahaya. Karena percobaan tersebut, Corona menjadi sosok manusia yang gak stabil, dan sel-sel dalam tubuhnya berubah. Perubahan dari sel-sel tersebut ngemunkinkannya buat ngetransmutasiin sebuah materi sesuka hatinya. Setelah ia terbebas dari eksperimen itu, Corona lantas ngelawan kakaknya buat ngedapetin obat penawar yang ia butuhin.

Cedric Forrester juga menjadi pelaku utama dari tercemarnya persediaan air bersih di kota New York. Forrester ngabaikan berbagai peraturan keselamatan yang ada hingga akhirnya bahan kimia yang dimilikinya mencemari air disana. Bahan kimia tersebut rupanya sama dengan bahan kimia yang berhasil ngubah Corona menjadi manusia super.

BACA JUGA: Doctor Octopus Pernah Coba Sembuhkan AIDS!

Setelah tercemarnya air disana, orang-orang di New York mulai menderita demam yang fatal. Spider-man pun terlambat menyadari. Spider-Man harus dihadapin pada situasi yang sulit di mana ia harus nyegah Corona ngambil obat penawarnya karena kota New York juga ngebutuhin obat tersebut. Apalagi istri Spider-Man yaitu Mary Jane juga pingsan karena penyakit demam yang ia derita.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/