Doctor Octopus adalah salah satu musuh terbesar dari Spider-Man. Dia diciptain oleh Stan Lee dan Steve Ditko sejak tahun 1963, dan selama bertahun-tahun, Doctor Octopus udah ngebuktiin dirinya sebagai sosok yang harus diperhitungkan. Doctor Octopus bahkan pernah ngakalin Mr. Fantastic dari Fantastic Four dan berurusan dengan Avengers.

Selain dikenal sebagai villain, Doctor Octopus juga pernah menjadi seorang superhero. Ia pernah mindahin kesadarannya ke tubuh Spider-Man. Dengan ngegunain tubuh dari Spider-Man, ia pun ngejalanin berbagai aksi buat numpas kejahatan, dan ia dijulukin Superior Spider-Man. Beda banget dengan Parker, sekarang Doctor Octopus yang udah berubah jadi Spider-Man bertindak lebih brutal. Hal itu semata-mata Octopus lakuin buat nunjukin sama Parker kalo Octopus adalah pembasmi kejahatan yang lebih hebat, dan ia ingin ngalahin Spider-Man dalam hal apapun.

Aksi “heroiknya”nya pun masih berlanjut, namun kali ini dia gak ngegunain tubuh dari Spider-Man. Pada tahun 1993, Doctor Octopus pernah berusaha buat nyembuhin penyakit AIDS. Ditulis oleh Tom DeFalco, komik berjudul Spider-Man Unlimited #3 nyeritain gimana Doctor Octopus nyerang fasilitas di New York, di mana ia nyari sebuah obat yang sulit dipahami. Tentu aja Spider-Man ngangap kalo Octopus sebenernya lagi nyari cara buat nyiptain bom yang bisa nyebarin penyakit AIDS.

Tapi dugaan Spider-Man salah dan ternyata Doctor Octopus lagi berusaha keras buat nemuin obat penyembuh AIDS. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa Doctor Octopus susah payah buat nyari penyembuh AIDS? Spider-Man gak pernah nemuin jawabannya, tetapi artikel dari Daily Bugle yang menjadi surat kabar terkenal yang ada di komik Spider-Man nunjukin informasi yang ngejutin.

BACA JUGA: Mengenal Para Jedi Baru di Star Wars: High Republic

Artikel Daily Bugle tersebut nampilin sebuah sesi wawancara dengan seorang ilmuwan bernama Mary Alice Burke, yang udah didiagnosis mengidap AIDS setelah mengambil transfusi darah yang terkontaminasi dengan penyakit itu. Mary Alice Burke sendiri merupakan seorang wanita yang dicintai oleh Doctor Octopus selama bertahun-tahun, dan Octopus rela ngelakuin segala daya buat nyelamatin hidupnya. Sedihnya, Doctor Octopus gak berhasil, dan Mary meninggal gak lama setelah itu. Ini mungkin jadi kisah paling menyedihkan dari sosok Doctor Octopus.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/