Meskipun komik adalah sebuah medium yang menjadi wadah berkumpulnya para pahlawan, tanpa seorang penjahat yang hebat dan besar semua cerita yang ada tentunya akan terasa hampa. Para pahlawan ini butuh seorang villain untuk mereka kalahkan, untuk bertarung, untuk membuktikan sisi kepahlawanan mereka. Marvel Comics tentunya punya segudang nama villain yang hebat.

Tapi, diantara sekian banyak tersebut Doctor Doom rasanya bisa dianggap sebagai villain paling hebat di seluruh universe Marvel. Victor Von Doom adalah sosok yang cerdas, kuat, dan luar biasa. Meskipun dia adalah seorang villain, tapi ada banyak hal yang bisa dipelajari dan juga ditiru. Lalu, apa lagi alasan yang membuat Doom menjadi villain terbaik Marvel?

Lebih Menarik Dibanding Pahlawan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, komik adalah sebuah medium untuk pahlawan membuktikan dirinya. Tanpa adanya villain, para pahlawan tidak akan terlihat seperti pahlawan. Tapi, khusus untuk Doom rasanya tanpa adanya pahlawan pun kisahnya sangatlah menarik. Bahkan cerita tentang Doom dianggap lebih menarik dibanding cerita dari seri pahlawan lainnya. Sayangnya, Doom gak pernah mendapatkan treatment yang sama.

Dia adalah pemimpin dari negara Latveria, salah satu manusia paling pintar di planet bumi, dan seorang ahli dalam berbagai hal. Bila dibandingkan dengan para villain lain, kisah tentang Doctor Doom jauh lebih menarik. Disadari atau tidak, sosok Doom memiliki perkembangan karakter yang sangat menarik.

Penampilan Yang Menarik

Penampilan seorang villain tentunya sangat penting. Mereka bisa memiliki semua kekuatan yang ada di dunia ini, tapi jika mereka tidak terlihat meyakinkan dan musuhnya tidak merasa terintimidasi, maka gak ada artinya mereka menjadi villain gak ada yang akan serius menanggapi sosok itu. Setiap kali seorang artist mencoba untuk memberikan sentuhan modern untuk Doom, pasti desainnya akan kembali ke model awal.

Dan hal itu rasanya wajar. Dari awal desain karakter Doctor Doom udah sangat menarik. Pakaian berwarna hijau, armor berwarna abu-abu, dan topeng besinya cukup mengintimidasi lawan yang melihatnya. Seluruh penampilan dari Doom menjadi sesuatu yang ikonik dan melekat pada dirinya. Meskipun terlihat sangat “tua,” namun semuanya sangat luar biasa.

Monster Yang Dibangun Sendiri

Marvel sepertinya sengaja membuat Doctor Doom menjadi sosok monster yang dibangun dari dalam dirinya sendiri. Dia terlahir dari suku Romani, ibunya adalah seorang penyihir hebat dan ayahnya adalah seorang ahli obat. Ibunya kemudian dibunuh oleh Mephisto dan ayahnya tewas karena melindungi Doom ketika mereka mencoba kabur dari pasukan Baron of Latveria, yang menyalahkan kematian Baroness kepada ayah Doom.

Kembali ke Latveria, dia kemudian mempelajari berbagai ilmu sihir dan teknologi, bersumpah untuk membalas dendam mereka yang sudah menghancurkannya. Ceritanya kemudian berlanjut ketika dia masuk ke sekolah yang sama dengan Reed Richards, melukai wajahnya, bergabung dengan para buksi, membangun armornya, dan kembali ke Latveria untuk mengambil alih kekuasaan. Dia bangkit dari seorang yang biasa, menjadi sosok orang yang mampu menghancurkan apapun yang menghalanginya.

Ancaman Yang Nyata

Menjadi pemimpin dari Latveria artinya Doom memiliki kekebalan dalam hal diplomasi. Dia bisa melakukan apapun, kejahatan apapun dan gak ada satupun orang yang bisa menghentikannya. Selain itu, dia adalah salah satu manusia paling cerdas di dunia. Dia berhasil menciptakan banyak hal, yang gak jarang juga membuat bumi di universe tersebut aman.

Dia juga menguasai sihir, dan mengaplikasikannya dalam pertarungan yang dia lakukan. Intinya, Doom bisa melakukan semuanya. Dia punya sumber daya dari seluruh negaranya, kecerdasan untuk menggunakan sumber daya tersebut, dan kemampuan lainnya. Hal ini menjadi modal besar bagi Doom untuk menjadi sebuah ancaman yang serius, bukan hanya bagi bumi bahkan bagi seluruh universe.

BACA JUGA: Batman Bantu Captain America Kalahkan Joker & Red Skull

Dia Menang

Gak jarang memang seorang villain berhasil menang dari seorang pahlawan. Tapi, seringnya kemenangan tersebut tidak berlangsung lama sampai kemudian mereka berhasil kembali dikalahkan. Tapi, Doom berbeda. Dia berhasil menyelamatkan seluruh makhluk yang ada di universe Marvel, dimana saingannya, Reed Richards, gagal untuk melakukan hal tersebut.

Dia pun memiliki kekuatan para dewa. Dia bisa melakukan apapun yang dia inginkan, dengan kekuatan itu. Membuktikan kalau Doom memang masih lebih baik dibandingkan Reed Richards. Memang pada akhirnya Doom harus kalah, tapi hal itu gak merubah bagaimana hebatnya Doom meraih kemenangan besar yang sempat dia dapatkan. Gak banyak villain yang mampu memiliki kemenangan seperti ini, dimana mereka seringnya berhasil dikalahkan oleh villain tersebut. Doom membuktikan, dibandingkan dengan villain lainnya dialah pemenangnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.