Beranda OTAKU OTAKU FEATURES Makin Penasaran, Berbagai Spekulasi Blast One Punch Man!

Makin Penasaran, Berbagai Spekulasi Blast One Punch Man!

Dari awal kemunculan seri One-Punch Man (baik versi webcomic maupun versi Yusuke Murata) sampai saat ini, para fans masih dibikin penasaran tentang siapa sebenarnya sosok Blast, seorang pahlawan yang berada di peringkat pertama kelas S Asosiasi Pahlawan. Dalam serinya sendiri diceritain kalau Blast gak bakalan muncul, kecuali kalau situasinya udah bisa mengancam keberlangsungan bumi. Jadi, siapa sih sebenarnya sosok Blast?

Blast Dalam Cerita One-Punch Man

Blast bisa dibilang adalah pahlawan paling kuat atau sosok paling kuat dalam cerita OPM. Tapi, dia adalah sosok yang sangat misterius karena dia belum pernah muncul sama sekali dalam cerita. Gak ada juga orang yang tau gimana penampilan Blast, kecuali para petinggi Asosiasi Pahlawan. Karena itulah para fans sangat penasaran dengan sosok Blast.

Meskipun wajah dan penampilan Blast gak pernah diperlihatkan sampai saat ini, nama Blast sendiri pernah disebutin dan jadi referensi dalam ceritanya. Contohnya adalah ketika utusan Gyoro Gyoro menyebutkan kalau Centichoro pernah hampir dikalahkan oleh Blast. Sebenarnya, sosok Blast sendiri pernah muncul dalam versi webcomic di chapter 106. Tapi, wajahnya tidak terlalu jelas. Yang pasti dia memiliki potongan rambut pendek dan menggunakan kostum dan jubah yang sama dengan Saitama.

Waktu Tatsumaki masih kecil, sebenarnya dia pernah bertemu dengan Blast. Tatsumaki yang dikurung di sebuah ruangan, dipaksa untuk menggunakan kekuatan telekinesisnya. Tiba-tiba muncul monster mengerikan yaitu Chimera muncul, dan Tatsumaki kecil gak bisa berbuat apa-apa. Blast akhirnya muncul secara tiba-tiba dan menyelamatkan Tatsumaki. Blast pun berpesan kepada Tatsumaki kalau dia harus bisa mengandalkan kekuatannya sendiri. Hal inilah yang memotivasi Tatsumaki jadi pahlawan nomor 2 paling hebat.

Blast Adalah Ayah Saitama

Banyak fans yang berspekulasi kalau Blast adalah ayah dari Saitama, karena saat adegan flashback Blast terlihat seperti seorang anak muda. Saitama sendiri saat ini berusia 25-27 tahun dan adegan flashback tersebut bersetting sekitar 18 tahun yang lalu, ketika Saitama masih berusia muda. Artinya Blast tidak mungkin Saitama. Namun, Blast sendiri mengatakan semua aktifitas pahlawan yang di lakukan hanyalah untuk bersenang-senang, sama seperti Saitama.

Mempertimbangkan jarak usia Blast dan Saitama, teori ini bisa saja ada benarnya. Jika saat Blast mendapatkan Saitama di usia 25 tahun, maka usia Blast diperkirakan 30 tahunan saat flashback itu terjadi. Jika Blast masih hidup sampai saat ini, usianya kemungkinan sudah mencapai 50an dan Saitama berusia 25 tahun. Jika benar dia adalah ayahnya, tentunya sangat menyenangkan melihat ayah dan anak beraksi bersama.

Blast Adalah Saitama

Blast adalah Saitama? Itulah salah satu teori yang berkembang selain Blast adalah ayah dari Saitama. Sebagian fans percaya jika Blast merupakan Saitama yang kehilangan ingatan. Blast kemungkinan terkena amnesia di usia mudanya, sehingga sampai saat ini dia mengaku masih berusia 25 tahun karena dia tidak bisa mengingat jelas usianya.

Tubuhnya mampu mendapatkan kekuatan super seperti saat ini karena kemungkinan tubuhnya mengingat apa yang sudah dilakukan di masa lalu. Mengingat Saitama merupakan orang yang ceroboh, teori ini juga bisa saja benar. Anggap saja Blast berusia 20 tahun pada 18 tahun yang lalu. Maka, Saitama yang dulunya adalah Blast saat ini berusia sekitar 38 tahun. Mungkin suatu hari kita bisa melihat bagaimana Saitama mengingat jika dirinya adalah Blast.

Blast Memberikan Kekuatannya Kepada Saitama

Mari kita lupakan sejenak teori hubungan keluarga antara Saitama dan Blast. Teori yang berkembang lainnya adalah Saitama mendapatkan kekuatan super yang dia miliki saat ini dari Blast. Tidak ada hubungan darah dalam teori ini. Blast menemukan potensi yang luar biasa di dalam diri Saitama sebagai seorang pahlawan dan akhirnya memutuskan untuk memberikan kekuatannya kepada Saitama.

Blast juga memiliki kekuatan untuk bisa menghancurkan musuhnya hanya dengan sekali pukulan saja dan dia juga mencari orang untuk mencari penerusnya. Jadi, teori ini juga terdengar sangat memungkinkan. Sebelumnya juga disebutkan jika Blast hanya muncul jika keadaan benar-benar terdesak. Hal ini sama dengan Saitama yang hanya muncul di saat-saat terakhir, ketika situasi benar-benar sudah tidak tertolong lagi.

BACA JUGA: Mengenal Sulong Form, Kekuatan Sebenarnya dari Suku Mink!

Blast Adalah Ayah Tatsumaki dan Fubuki

Tatsumaki merupakan pahlawan terkuat di kelas S, satu tingkat dibawah Blast. Adiknya, Fubuki juga tidak bisa dianggap remeh meskipun dia tidak berada di level yang sama dengan kakaknya. Lalu, darimana kekuatan mereka berasal? Teori terakhir yang berkembang adalah Blast merupakan ayah dari Fubuki dan Tatsumaki. Blast memang seorang pahlawan terkuat, tapi dia juga merupakan seorang physic atau pengguna kekuatan telekinesis.

Karena kekuatannya tersebut, dia menjadi incaran banyak orang. Demi melindungi keluarganya, khususnya kedua anaknya, akhirnya Blast pun menyembunyikan identitasnya bahkan dia tidak menyebutkan jika dia merupakan ayah mereka. Ada kemungkinan besar, Fubuki dan Tatsumaki masih memiliki rahasia yang belum terungkap sampai saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.