Buat Geeks pecinta buku komik pastinya sudah tahu bahwa Venom atau symbiote sudah lama meneror bumi. Selama ini kita hanya mengenal Eddie Brock yang pernah menjadi inang bagi symbiote Venom. Tapi, sebenarnya bukan hanya Eddie yang pernah merasakan jadi inang Venom. Ada beberapa karakter Marvel lainnya yang juga pernah menjadi inang Venom. Siapa saja?

Red Hulk

Venomized Red Hulk sendiri muncul dalam cerita Cicrle of Four, yang mana Venom Flash Thompson, X-23, Ghost Rider, dan Hulk menggantikan posisi dari Fantastic Four dan The New Fantastic Four saat akan bertarung melawan Blackheart dan juga anak buahnya. Mereka semua berhasil dikalahkan oleh Blackheart, namun berkat sang iblis Mephisto mereka semua kembali dibangkitkan.

Mereka pun kemudian menyusun strategi bagaimana untuk mengalahkan Blackheart, salah satunya adalah “menyatukan” kekuatan. benar-benar menyatukan kekuatan dalam arti yang sebenarnya. Red Hulk kemudian dikendalikan oleh Ghost Rider dan juga symbiote Venom yang mana, hasilnya adalah benar-benar sangat gila dan luar biasa. Sayangnya, ketika mereka berempat berpisah, tiga orang diantara mereka ditandai oleh sihir Mephisto.

Deadpool

Deadpool dan symbiote  Venom sudah sering menjadi satu perwujudan, alias symbiote Venom sudah beberapa kali masuk ke tubuh Deadpool. Dalam cerita Deadpool’s Secret Secret Wars, diungkapkan bahwa Deadpool ada selama cerita “Secret Wars” berlangsung, dan berada di bawah kendali Venom sebelum akhirnya Peter Parker yang menggantikan Deadpool.

Seperti yang kita tahu, Wade adalah sosok yang “unik” oleh karena itu ketika Venom berada di tubuh Deadpool dia pun melakukan hal-hal aneh dan unik yang sangat berbeda dari Venom yang selama ini kita kenal. Dalam komik Deadpool Kills the Marvel Universe Again, Deadpool membunuh Eddie Brock, dan menyatu kembali dengan Venom. Bahkan mereka juga melahap Spider-Man. Berbeda dengan karakter lain, Deadpool Venom ini tidak merbah kostum atau ukuran tubuhnya.

X-23

Dalam cerita komik Edge of the Venomverse, sebuah series yang mengksplorasi cerita tentang berbagai Venom di alternatif universe, tempat atau laboratorium yang melakukan uji coba terhadap Laura Kinney alias X-23 juga tenyata melakukan uji coba terhadap symbiote Venom. Pada akhirnya symbiote Venom tersebut menyatu dengan Laura dan mereka pun kabur dari tempat tersebut.

Apa yang dilakukan Laura menimbulkan banyak korban jiwa. Selain di komik tersebut, X-23 juga muncul dalam sebuah sampul komik Venomized. Meskipun Venom Laura tidak seepik Wolverine, tapi karena pada dasarnya dia merupakan keturunan dari Logan dia tampak sangar dengan kostum klasik Wolverine yang dipadukan dengan penampilan mengerikan Venom.

Storm

Selama ini Storm merupakan karakter yang kurang begitu populer dibandingkan dengan para X-men lainnya. Meskipun ada beberapa momen ketika Storm menjadi karakter kunci, tapi cerita tersebut hanya sedikit sekali. Storm mungkin sangat sedikit menjadi pusat perhatian, tapi dia akan menjadi sosok yang dikenang ketika menjadi pusat perhatian.

Salah satuny adalah ketika dia dikonsumsi oleh symbiote Venom. Hal ini terjadi dalam komik X-Men Prime #1, dimana dalam ceritanya symbiote Venom sudah berhasil mengkonsumsi atau menguasai berbagai karakter X-Men, salah satunya adalah Storm. Storm menjadi symbiote yang unik diantara yang lain, karena ketika semua memiliki penampilan yang sama, symbiotenya justru memiliki rambut yang menarik perhatian.

She-Venom

Kepopuleran She-Venom sendiri hampir sama dengan Venom versi Eddie Brock. Bukan tanpa alasan, karena She-Venom sendiri merupakan karakter yang unik dan juga sangat gila. Pasalnya, sosok yang ada dibalik kostum tersebut adalah mantan istri dari Eddie Brock, Ann Weying. Ketika Ann terluka parah, Eddie sempat kebingungan bagaimana caranya untuk menyembuhkan istrinya.

Dia pun kemudian memikirkan sebuah cara gila, yaitu dengan memindahkan symbiote Venom ke Ann demi menyembuhkan lukanya. Memang symbiote tersebut berhasil menyembuhkan luka Ann, namun juga membuat Ann menjadi Venom yang gila. Dia menghancurkan laki-laki dengan sangat mudah seperti sebuah mainan. Menyatu dengan symbiote Venom benar-benar merusak jiwa dan otaknya. Akhirnya setelah dia menyatu dengan Venom untuk yang terakhir kalinya, dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya demi menghilangkan siksaan batin dalam dirinya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2