Home MOVIE MOVIE FEATURES Mengenal Mandala dan Sub Zero, Dua Karakter Besar Yang Diperankan Joe Taslim

Mengenal Mandala dan Sub Zero, Dua Karakter Besar Yang Diperankan Joe Taslim

 

Siapa Bi Han Sub-Zero?

Sebenarnya nama Sub-Zero sendiri dimiliki oleh dua karakter yang berbeda dalam dunia Mortal Kombat. Mereka adalah Bi Han dan Kuai Liang, keduanya merupakan petarung untuk klan yang dipimpin oleh Lin Kuei. Bi Han merupakan karakter pertama yang menggunakan nama Sub-Zero dalam cerita Mortal Kombat.

Beberapa waktu yang lalu, Joe Taslim resmi dipilih untuk berperan sebagai Sub-Zero untuk film live-action Mortal Kombat. Namun, pertanyaannya adalah siapa yang akan dia perankan. Apakah Bi Han, sang pionir dari nama Sub Zero? Atau Kuai Liang, adik sekaligus penerus nama Sub Zero? Ternyata Joe Taslim akan berperan sebagai Bi Han dalam film ini.

Bi Han merupakan seorang petarung yang tidak kenal ampun, dan dia juga merupakan orang yang membunuh Scorpion dalam turnamen Mortal Kombat pertama. Namun, Scorpion kemudian berhasil kembali hidup dan undead Scorpion pun akhirnya membalas dendam kepada Bi Han. Scorpion berhasil membunuh Bi Han dan memenuhi dendamnya. Sub-Zero yang sudah tewas pun kemudian “diusir” menuju Netherrealm dan kemudian berubah menjadi Noob Saibot.

Karakter Sub Zero sendiri didesain oleh sang pencipta gamen Mortal Kombat, John Tobias dan Ed Boon. Karakter ini tercipta atas kekaguman keduanya terhadap karakter Lin Kuei dalam versi China dalam buku The Chinese Ninja Connection karya dari Li Hsing. Tidak mudah untuk akhirnya menemukan desain yang pas bagi sang karakter. Dalam pengembangannya, Sub Zero hanya diberi sebutan “Ninja” sebelum akhirnya diberi nama “Sub Zero.”

Sub Zero versi Bi Han sendiri sebelumnya pernah muncul dalam film orisinal Mortal Kombat pada 1995. Pada saat itu, karakter ini diperankan oleh aktor laga François Petit. Sementara di sekuelnya, Mortal Kombat: Annihilation yang dirili pada 1997, Sub-Zero versi Kuai Liang diperankan aktor Keith Cooke. Sama seperti karakter lainnya, Sub Zero juga banyak memiliki jurus atau kekuatan andalan juga fatality.

Ada beberapa kemampuan atau jurus yang dimiliki oleh Sub-Zero. Pertama adalah Ice Blast, dimana Sub-Zero mampu mengeluarkan es dan menyemburkannya ke arah musuh. Bila terkena serangan tersebut, musuh otomatis akan langsung membeku. Kemudian Ground Ice, dimana serangan es diarahkan ke arah lantai atau bawah dan menciptakan sebuah lantai es besar. Jika musuh terkena es tersebut, dia akan terpleset dan bergerak tidak beraturan.

Ice Clone adalah kemampuan Sub-Zero yang mampu membuat kloning atau tiruan dirinya yang terbuat dari es. Jika musuh menyentuh kloning tersebut, kloningnya akan menyerang musuh tersebut. Ice Shower adalah jurus lain dari Sub-Zero. Konsepnya sama seperti Ice Blast, hanya saja serangan esnya berasal dari atas.

Untuk fatality, pertama adalah Deep Freeze Uppercut. Sub-Zero membekukan sang musuh, dan melakukan uppercut sampai tubuh musuhnya hancur berkeping-keping. Kedua adalah Spine Rip. Sub-Zero menggenggam leher musuhnya dan menarik kepalanya sampai ke tulang beserta tulang rusuknya. Fataliti lainnya adalah Freeze Kick, dimana Sub-Zero menendang musuh yang sudah lemah dan menghancurkan tubuhnya.

Dia juga memiliki Below Freezing adalah ketika Sub-Zero membekukan kaki dan bagian bawah musuhnya sampai tidak bisa bergerak. Kemudian dia menghancurkan tubuh musuhnya. Skeleton Rip adalah fataliti Sub-Zero dimana dia pergi ke bagian belakang musuh dan mengambil tulang musuhnya, menyisakan daging dan kulit musuhnya saja.

Exit mobile version