Home COMIC COMIC FEATURES 15 Sidekick DC Comics Yang Keren dan Badass

15 Sidekick DC Comics Yang Keren dan Badass


5. Cassandra Cain


Diperkenalkan di storyline “Batman: No Man’s Land (1999), Cassandra Cain adalah putri kandung dari pasangan villain Batman: David Cain & Lady Shiva. Sejak lahir, ia langsung dilatih menjadi assassin sekaligus bodyguard bagi Ra’s al Ghul. Alhasil, ia pun tidak pernah dilatih untuk menulis, membaca, apalagi berbicara. Sehingga apabila ia ingin memahami apa yang dikatakan atau dirasakan lawannya, ia hanya mengandalkan salah satu bagian otaknya.

Di usia 8 tahun, sang ayah ingin menguji seluruh pelatihan yang telah diberikan dengan memerintahkan Cassandra untuk membunuh lawannya, namun ketika membaca bahasa tubuh individu yang ingin dibunuhnya, ia pun merasa tidak tega sama sekali. Cassandra pun nekad kabur dan selama 9 tahun ia honeless. Balik ke kota Gotham ia bertemu Barbara Gordon dan dilatih untuk menjadi sosok Batgirl baru. Walau secara fisik ia “cacat”, namun ia dikenal sebagai sosok Batgirl yang sangat tangguh dan dapat diandalkan.


4. Tim Drake


Tim adalah satu-satunya Robin yang memiliki skill detektif yang sama mumpuninya seperti Bruce. Setelah sukses memecahkan seluruh identitas rahasia Bruce dan Dick Grayson yang kini menjadi Nightwing, ia bertekad untuk membantu Batman. Tekad tersebut semakin bulat setelah melihat betapa terpukulnya Bruce setelah kematian Jason Todd di tangan Joker. Awalnya Batman ragu. Namun setelah berkali-kali memukau Bruce dan fans, Bruce pun akhirnya mengangkat dirinya sebagai Robin baru.

Dengan skill serta kharisma keren yang dimiliki, Tim pun akhirnya sukses menjadi sosok Robin yang jauh lebih populer dari Todd yang alhasil, membuat dirinya ditampilkan di kisahnya sendiri.


3. Wally West


Tidak seperti sidekick-sidekick di daftar ini, Wally West berawal dari fanboy The Flash alias pamannya sendiri, Barry Allen. Ia bahkan menjadi Presiden dari Blue Valley Flash Fan Club. Barulah ketika di usia 10 tahun ketika ia sedang menunggu idolanya tersebut di sebuah laboratorium (Wally belum mengetahui identitas Barry sebagai Flash), ia terkena freak accident layaknya seperti Barry dulu yang alhasil, memberikannya kekuatan super seperti pamannya tersebut.

Mengetahui apa yang menimpa Wally, Barry pun mengingatkan Wally untuk tidak membeberkan identitas superhero-nya bahkan terhadap bibi sekaligus kekasih Barry, Iris West. Pada akhirnya, Barry mengungkapkan identitasnya ke Wally dan alhasil hubungan keduanya pun menjadi semakin akrab. Di dalam perjalanannya sebagai Kid Flash, ia terbilang memiliki power yang jauh lebih besar dari Barry. Tak mengherankan pasca Barry meninggal setelah mengorbankan diri melawan anti-monitor di Crisis on Infinite Earth, ia menjadi sosok The Flash yang baru.


2. Batgirl (Barbara Gordon)


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Batgirl pertama adalah Bette Kane. Namun memasuki pertengahan 60an, karakter ini dihidupkan kembali melalui wujud Barbara Gordon. Walau secara komik ia baru diperkenalkan di Detective Comics #359 (1967), sosoknya sebenarnya sudah mulai diperkenalkan melalui seri televisi Batman hit Adam West di tahun 1966.

Karakternya ini dibuat atas request eksekutif produser serinya William Dozier. Alasan Dozier melakukan ini adalah karena ia beserta tim, ingin menjaring audiens wanita ke serinya ini. Dan karena Yvone Craig keren banget dalam memerankan karakternya, alhasil karakter ini pun sukses besar. Kesuksesan ini tentunya membuat dirinya menjadi salah satu karakter Bat-Family yang sangat terpopuler hingga detik ini. Bahkan setelah dilumpuhkan oleh Joker di storyline ikonik The Killing Joke (1988) dan menjadi asisten jarak jauh Oracle pun, sosoknya masih sangat populer.

Salah satu aspek utama mengapa karakter ini begitu populer adalah dikarenakan Barbara adalah sosok Bat-Family yang sangat cerdas. Di tengah-tengah pekerjaannya sebagai crime fighter, ia sukses mendapatkan gelar di ilmu kepustakawanan dan menjadi anggota House of Representative di Gotham.


1. Dick Grayson


Apakah ada keraguan kalau si Wonder Boy akan menempati posisi puncak? Tak mengherankan. Pasalnya Dick Grayson aka Robin pertama, adalah sosok sidekick DC pertama yang sangat populer. Bahkan, ia adalah sosok sidekick superhero pertama general yang paling populer.

Tentunya salah satu alasannya adalah dikarenakan Dick memiliki kisah latar yang keren, tragis, namun sangat relevan terhadap pembaca / audiens. Belum lagi berkat background-nya sebagai pemain akrobat sirkus, membuatnya menjadi sosok yang lincah dan gesit. Walau nantinya ia berpisah dengan Batman dan menjadi Nightwing dan berakhir tragis menjadi Joker, sekali lagi tak dipungkiri kalau Dick adalah sosok sidekick DC terpopuler dan terlegendaris sepanjang masa.

 

Itulah tadi 15 sidekick DC terkeren, ter-badass, dan terpopuler sepanjang masa. Dari 15 ini, yang manakah yang menjadi favorit kalian?

Exit mobile version