Home COMIC COMIC FEATURES 9 Lokasi Batcave Yang Jarang Diketahui!

9 Lokasi Batcave Yang Jarang Diketahui!

Salah satu fakta yang jarang diketahui oleh para fans adalah sebenarnya ada banyak lokasi dari Batcave milik Batman. Sejak pertama kali muncul dalam cerita Detective Comics dan kemudian muncul di seriesnya sendiri, Batman terkenal memiliki markas pribadinya yang bernama Batcave. Umumnya orang mengetahui Batcave terletak di bawah Wayne Manor di kota Gotham. Namun, sebenarnya, terdapat beberapa lokasi Batcave lainnya yang jarang diketahui. Di mana saja?

9 Flying Batcave

Lokasi Batcave yang jarang diketahui pertama adalah di atas pesawat. Pada era kemunculan awal Batman di tahun 1940an, DC Comics banyak menghadirkan berbagai eksperimen terhadap karakternya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai peralatan atau gadget canggih bagi Batman, yang kemudian jadi landasan karakternya bahkan hingga sekarang.

Salah satu hal yang DC Comics perkenalkan di awal kemunculan Batman adalah Flying Batcave atau Batcave melayang. Batcave melayang ini sendiri muncul dalam komik Detective Comics #186 di mana ketika Batman dan Robin diceritakan tidak boleh lagi menginjakan kaki di kota Gotham, mereka pun memiliki solusi untuk terbang di atasnya. Inilah alasan Batman untuk kemudian menciptakan Batcave terbang.

Sesuai namanya, Batcave terbang ini menjadi miniatur dari Batcave yang kita ketahui selama ini. Fasilitas yang ada di dalam Batcave Melayang tersebut juga bisa dibilang sangat lengkap di mana terdapat ruang analisis, tempat penyimpanan mini Batmobile, dan sebagainya. Meskipun begitu, Flying Batcave atau Batcave melayang ini memiliki bentuk yang aneh cenderung mirip pesawat alien.

8 Batcave West

Meskipun Batman lebih sering berada di Gotham City, namun Bruce Waayne juga diketahui sering pergi ke berbagai belahan dunia ketika dibutuhkan. Karena alasan tersebut, Batman sering kali membutuhkan berbagai Batcave yang berbeda tempaat untuk memudahkan dia melakukan misinya, apalagi ketika dia sedang berada di sebuah kota. Ini alasan Batman kemudian membangun Batcave baru di luar wilayah Gotham City.

Gotham City mungkin adalah salah satu kota fiktif yang ada di DC Comics, namun dalam cerita komik Outsiders #19 yang rilis pada 1987 Batman pernah membangun Batcave di salah satu kota paling populer di Amerika, Los Angeles. Nama dari Batcave yang dibangun oleh Batman di Los Angeles ini adalah Batcave West. Batman sengaja membangun Batcave ini untuk tim Outsiders.

Dalam cerita komiknya, tim Outsiders harus berhadapan dengan kelompok villain bernama Masters of Disasterrs. Batman kemudian sempat mengungkapkan rencana pembuatan Batcave West masih dalam tahap pengerjaan kepada Katana dan Metamorpho. Dari cetak biru yang diperlihatkan, desainnya cenderung sederhana namun fasilitas yang ada sangatlah lengkap.

7 Batcave East

Jika Batcave West adaalah Batcave yang ada di wilayah Pantai Barat (West Coast) Amerika, tepatnya di Los Angeles, maka Batman juga memiliki Batcave lainnya yang ada di wilayah Pantai Timur (East Coast) Amerika yang bernama Batcave East. Berbeda dengan Batcave West, yang sengaja dibuat untuk menjadi markas dari tim Outsiders, Batcave East sengaja dibangun untuk digunakan anggota Bat-Family.

Bat-Family sendiri merupakan “keluarga” sekaligus tim yang memang sengaja dibentuk oleh Batman. Beberapa karakter yang jadi bagian dari tim ini adalah Tim Drake, Dick Grayson, Barbara Gordon, dan sebagainya. Dan seperti halnya Batman, Bat-Family sendiri sering juga beraksi di luar Gotham city. ini jadi alasan Bruce menghadirkan Batcave East yang bisa digunakan oleh mereka.

Batcave East pertama kali muncul dalam alur cerita komik Batman Incorporated #7 yang rilis pada 2013. Yang menarik adalah Batcave ini tidak digunakan oleh Batman dalam alur ceritanya, namun digunakan oleh Jason Todd alias Red Hood. Dia menggunakan Batcave East ketika masih menggunakan identitas yang lain yaitu Wingman.

6 Prague Batcave

Seperti yang disebutkan di atas, sejak lama para fans mengetahaui jika Batcave ada di kota Gotham. Namun, seiring berjalannya waktu dan cerita, Batman banyak membangun Batcave di lokasi lain yang jarang diketahui. Salah satunya adalah Prague Batcave atau Batcave yang ada di kota Praha, Ceko. Batman memang sering kali beraksi di Gotham City. Namun, bukan berarti dia tidak pernah keluar dari Gotham.

Dalam berbagai cerita, dia pernah pergi ke kota Meropolis, Central City, bahkan ke wilayah yang memang ada di Amerika. Batman banyak membangun Batcave di berbagai wilayah tersebut. Namun, petualangan Batman tidak hanya terbatas di Amerika saja. Dia juga sering bepergian ke belahan dunia salah satunya adalah Eropa. Di benua biru ini Batman memiliki Batcave, khususnya di kota Praha.

Batcave yang ada di kota Praha ini sendiri pertama kali muncul dalam komik Batman and Robin Eternaal #8 yang rilis pada 2016. Dalam komik tersebut Dick Grayson yang diperlihatkan menggunakan Batcave bersama dengan Harper Row. Saat itu, mereka diketahui bertarung menghadapi seorang villain yang diketahui bernama Mother. Dan Batcave di Praha ini merupakan salah satu Batcave yang tersebar di seluruh dunia.

5 Zur-En-Arrh’s Cave

Zur-En-Arrh merupakan sosok karakter yang menarik dan unik yang mana ini merupakan salah satu alternate personality atau kepribadian lain dari Bruce Wayne alias Batman. Dalam cerita di DC Comics, batman memiliki banyak sekali misteri dan rahasia. Bahkan, rahasia tersebut tidak pernah Batman ketahui sebelumnya. Hal ini termasuk kemunculan Batcave lain milik Zur-En-Arrh.

Yang kemudian mengejutkan adalah Batman mengetahui keberadaan Batcave milik Zur-En-Arrh ini pada 2023 kemarin dalam alur cerita komik Batman #136. Zur-En-Arrh sendiri merupakan alternate personality Batman yang tidak peduli terhadap hal lain seperti keluarga dan sahabat. Yang dia pedulikan hanyalah misi yang harus dia selesaikan. Dan seperti halnya Batman, Zur-En-Arrh juga membangun Batcave miliknya sendiri.

Namun, yang kemudian mengejutkan banyak orang adalah lokasi dari Batcave milik Zur-En-Arrh ini ternyata ada di bawah Batcave milik Batman yang berada di Gotham City. Batman sendiri tidak pernah tahu mengenai hal ini. Selama di persembunyiannya tersebut, Zur-En-Arrh banyak menciptakan sesuatu seperti Androidd Failsafe yang hampir saja menghancurkan Gotham City.

4 Batcave Kedua

Konsep dari Batcave kedua atau Second Batcave ini sendiri sebenarnya sama seperti Batcave milik Zur-En-Arrh. Namun, keberadaanya bukan di bawah Batcave yang asli melainkan di dalam sebuah gua lainnya. Batcave kedua dari Batman ini pertama kali muncul dalam series Dark Nights: Metal pada 2017 kemarin di mana keberadaan Batcave ini mengejutkan semua orang.

Dalam komiknya diperlihatkan bagaimana Green Lantern dan Duke Thomas terkejut dengan keberadaan Batcave kedua. Yang membuat mereka semakin terkejut adalah lokasi dari Batcave kedua ini nyatanya ada di dalam Batcave yang pertama yang biasa Batman gunakan. Keberadaan Batcave kedua ini ternyata ada kaitannya dengan apa yang terjadi sebelumnya kepada Batman.

Setelah Batman bertarung menghadapi Cour of Owls, dia justru terobsesi dengan Metal Electrum yang mereka gunakan untuk membangkitkan kembali anggota yang tewas. Hal tersebut berujung pada Batman yang berusaha menciptakan Batcave tersembunyi lainnya untuk menyembunyikan berbagai rahasia yang belum pernah dia ungkapkan sebelumnya. Joker pernah ditahan di Batcave ini.

3 The Batman Who Laughs Lair

Selain Zur-En-Arrh, Batman memiliki alter ego atau altenate personality lainnya yang jauh lebih mengerikan yaitu The Batman Who Laughs. Bahkan, ini merupakan versi paling gelap dan jahat dari Batman sepanjang sejarah kemunculannya di komik. The Batman Who Laughs merupakan sosok monster yang merupakan versis jahat dari Bruce Wayne yang berasal dari sebuah universe bernama Dark Universe.

Dalam universe tersebut diceritakan Bruce Wayne berhasil terinfeksi oleh racun milik Joker (Joker Venom). Efeknya adalah dia berubah menjadi sosok gila dan mengerikan, sosok Batman versi Joker. Meskipun dia adalah sosok jahat dan mengerikan, The Batman Who Laughs juga memiliki Batcave miliknya sendiri yang bernama The Batman Who Laughs Lair. Namun, jangan harap isinya sama seperti Batcave yang kita ketahui.

The Batman Who Laughs Lair muncul dalam komik Batman/Superman #1 yang rilis pada 2019. Dalam komik tersebut terungkap bahwa Batcave versi mengerikan ini berada tepat di bawah Crime Alley, gang yang menjadi lokasi penembakan kedua orang tua Bruce Wayne. Namun, sayangnya, dalam komiknya sendiri Batcave ini tidak memiliki peranan apapun dana hanya muncul sekilas.

2 Lunar Batcave

Jika Geeks berpikir bahwa Batman hanya menghadirkan Batcave di bawah tanah dan juga di bumi, maka kalian salah besar. Batman nyatanya memiliki Batcave yang dia bangun di bulan. Nama dari Batcave tersebut adalah Lunar Batcave. Dalam cerita komiknya, Batman sudah beberapa kali pergi ke bulan. Ada beberapa momen dan peristiwa yang terjadi di bulan, seperti saat Batman membuat Hellbat Suit.

Karena bulan bisa dibilang sudah menjadi “bumi kedua” bagi Batman dan tim Justice League, banyak hal yang terjadi di sana. Selain tim Justice League membangun markas mereka di bulan, Batman juga membangun Batcave miliknya sendiri. Yang uniknya adalah meskipun keberadaan Batcave seharusnya tersembunyi, namun ada beberapa villain yang pernah masuk ke sana.

Keberadaan dari Lunar Batcave sendiri bisa dibilang sangat menarik. Ini menjadi tempat bagi Batman untuk melakukan berbagai hal, termasuk mengawasi bumi. Dalam komik Dark Nights: Metal, Batman sering kali memiliki momen yang berat. Dia mencoba untuk mencari jalan dengan cara menyendiri dan pergi dari bumi untuk berada di Lunar Batcave sering jadi solusi.

1 Crime Alley Batcave

Lokasi Batcave yang jarang orang ketahui terakhir adalah berada di bawah gang tempat kematian kedua orang tuanya. Crime Alley merupakan tempat yang paling penting dalaam hidup Bruce Wayne. Itu merupakan lokasi atau gang di mana kedua orang tuanya tewas terbunuh akibat ditembak oleh Joe Chill. Dan di tempat itu juga ide untuk meghadirkan Batman lahir.

Ketika Batman pertama kali muncul di Gotham City, dia tentunya sangat merasakan “aura” yang kuat dari Crime Alley. Dia seolah merasa dekat dan terhubung dengan tempat tersebut, yang mana akhirnya dia memutuskan untuk tidak mau menjauh dari lokasi tersebut. Inilah yang kemudian membuat Bruce Wayne akhirnya membangun Batcave tepat di bawah Crime Alley.

Crime Alley Batcave ini pertama kali muncul dalam komik Batman #0 yang rilis pada 2012 kemarin. Dalam komik tersebut diceritakan bagaimana Batman pertama kali menggunakan dan menunjukan Batcave dalam versi yang lebih modern. Batcave ini diketahui berada 40 kaki atau 13 meter di bawah lokasai di mana kedua orang tuanya tewas terbunuh.

Batcave menjadi salah satu elemen menarik dalam alur cerita di komik Batman. ini menjadi tempat Batman untuk menyendiri dan mencari informasi terkait misinya. Yang banyak tidak orang ketahui adalah Batman sebenarnya memiliki banyak “versi” Batcave yang tersebar di berbagai dunia bahkan di luar bumi dan di dimensi lain.

Exit mobile version