Warning! Artikel ini berisi spoiler dari film Deadpool 2!


Deadpool kembali beraksi di film sekuel Deadpool pertama yaitu Deadpool 2. Tapi, kali ini dia tidak sendirian. Deadpool membentuk sebuah tim yang berisikan para mutan yang bergabung dengan beberapa X-Men baru yang disebut X-Force, salah satu tim mutan yang paling terkenal besutan Marvel. Untuk pertama kalinya, film ini menghadirkan beberapa mutan favorit para fans ke layar lebar untuk pertama kalinya. Selain itu juga film ini memberikan “ruang” untuk banyak karakter Marvel yang kurang begitu terkenal juga aktor-aktor yang tidak kita duga. Siapa sajakah mereka, simak pembahasannya di bawah ya Geeks !


1.Shatterstar


Shatterstar merupakan salah satu anggota dari X-Force di Marvel Universe. Di film Deadpool 2, karakter yang diperankan oleh Lewis Tan ini hanya diberikan waktu sekitar 10 menit saja di dalam filmnya. Karakter Shatterstar dibuat oleh Rob Liefeld dan Fabian Nicieza dalam komik New Mutants #99 tahun 1991. Hanya terpaut satu edisi dari penampilan perdana Deadpool.  Shatterstar adalah seorang petarung jarak dekat yang menggunakan pedang sebagai senjata utamanya. Dia berasal dari planet luar angkasa bernama Mojoworld. Dengan rambut kuncir dan dua pedang serta baju serba putih yang dipakainya, Tan berhasil menerjemahkan sosok Shatterstar ke dalam versi cinematic.


2.Black Tom Cassidy


Meskipun dia tidak diberikan peran yang besar di film Deadpool 2, karakter Black Tom Cassidy sudah memiliki sejarah panjang berseteru dengan Deadpool dan X-Men. Di filmnya, karakter yang diperankan oleh Jack Kesy ini muncul sebagai sosok tahanan yang paling menakutkan di penjara mutan tempat Deadpool ditahan. Dalam komiknya, Black Tom Cassidy diciptakan oleh Chris Claremont dan Dave Cockrum di komik X-Men #99 tahun 1976.

Mutan yang berasal dari Irlandia tersebut memiliki kekuatan yang mampu menghantarkan energi melalui kayu dan saat mutasi yang keduanya, dirinya memiliki kemampuan untuk mengendalikan tanaman. Tom biasanya bersama dengan rekan satu kriminalnya, Juggernaut, atau bertarung dengan sepupunya, Banshee, yang memiliki kekuatan teriakan supersonic. Meskipun tidak ada scene keduanya dalam satu frame di film ini, Tom merupakan salah satu villains yang Deadpool hadapi dalam petualangan solonya.


3.Negasonic Teenage Warhead


Karakter Negasonic ini merupakan salah satu karkater yang mengejutkan yang hadir di film pertama Deadpool. Dan pada film kedua ini, Brianna Hildebrand sekali lagi berhasil menghidupkan sosok X-Man mudah yang eksplosif. Dalam cerita New X-Men #115 karya Grant Morrison dan Frank Quietly tahun 2001 silam, Negasonic sempat hilang dalam serangan Sentinel yang mengakibatkan hilangnya jutaan nyawa. Tapi, semenjak kesuksesan Hildebrand menghidupkan sosok ini, Negasonic kembali ke komik di Deadpool & the Mercs for Money #1karya Cullen Bunn dan Iban Coello pada 2001 lalu.

Sayangnya, karena jumlah karakter yang muncul di film kedua Deadpool ini karakter Negasonic tidak begitu banyak screentime dibandingkan film Deadpool pertama. Dengan bantuan dari temannya yaitu Yukio, dia berhasil membetulkan alat perjalanan waktu milik Cable di salah satu post-credits scene.


4.Yukio


Sebelum dirilisnya film Deadpool 2, identitas dari karakter yang diperankan oleh Shiori Kutsuna ini menjadi sebuah misteri. Dalam salah satu teaser dan trailernya, dia ditampilkan memiliki kemampuan elektrik, sehingga banyak para fasn yang mengira bahwa Kutsuna akan memrankan karakter Surge, seorang mutan muda yang merupakan anggota dari New X-Men di tahun 2000. Ketika film ini tayang akhirnya identitas Kutsuna pun terungkap dengan berperan sebagai Yukio, seorang X-Men muda yang juga merupakan teman dari Negasonic Teenage Warhead.

Dalam filmnya, kebanyakan dialog yang diucapkan oleh Yukio adalah “Hi ” kepada Deadpool. Dalam komiknya Yukio dikenal sebagai salah satu sekutu manusia yang paling dipercaya oleh X-Men. Yukio merupakan seorang pembunuh yang diciptakan oleh Chris Claremont dan Frankmiller dalam Wolverine #1 tahun 1982. Meskipun pada awalnya Logan dan Yukio merupakan musuh, keduanya kemudian menjadi sekutu dan dia pun merawat anak angkat Logan, Amiko. Di film the Wolverine tahun 2013, sosok Yukio diperankan sedikit berbeda oleh Rila Fukushima. Dan versinya tersebut, dia mampu melihat bagaimana seseorang akan meninggal.


The X-Men


Dalam film Deadpool 2, Deadpool benar-benar sangat menghindari untuk membentuk tim dengan X-Men. Ketika para mutan lainnya mengeluhkan tentang kurangnya X-Men di dalam film ini, sebuah tim dari X-Men  pun muncul secara cepat sebelum akhirnya menghilang. Kebanyakan tim ini berisikan para cast dari film X-Men : Apocalypse tahun 2016, yang berisikan Professor X, Beast, Quicksilver, Cyclops, Storm, dab Nightcrawler. Bersama dengan Jean Grey yang diperankan oleh Sophie Turner dan Mystique oleh Jennifer Lawrence, grup X-Men ini akan muncul di film X-Men : Dark Phoenix di tahun 2019 mendatang.


6.Peter (Wisdom)


Kemunculan karakter Peter yang diperankan oleh Rob Delaney, sebagai anggota dari X-Force di trailer Deadpool 2 benar-benar memberikan sebuah kejutan besar untuk para fans. Pasalnya, Peter tidak mempunyai kemampuan mutan atau kemampuan bela diri apapun. Peter hanyalah seorang pria paruh baya biasa yang bergabung ke X-Force karena, hanya melihat iklannya. Namun, meskipun dalam versi cinematicnya ini Peter tidak seperti di dalam komik, beberapa dari material film untuk promosi film ini menunjukan bahwa Peter merupakan versi “lemah” dari Peter Wisdom, seorang agen rahasia mutan.

Contohnya adalah nama akun Twitter miliknya berakhiran “W” dan profil di LinkedIn Peter menyebutkan bahwa dia seorang sales Manager di “ Excalibur Cutlery Co.” Excalibur #86 tahun 1995 merupakan tempat dimana Peter Wisdom pertama kalai diperkenalkan. Bergabung dengan Colossus dan Nightcrawler. Wisdom memiliki kemampuan untuk mengeluarkan “pisau panas” yang terbentuk dari energy plasma yang berasa dari ujung jarinya. Dalam komiknya juga Wisdom merupakan anggota dari X-Force.


7.Bedlam


Kesuksesan series komedi yang dibintangi oleh Terry Crew nampaknya tidak berlaku untuk Bedlam, karakter yang diperankan oleh Terry Crew di film Deadpool. Ketika Deadpool membentuk X-Force, karakter Bedlam sepertinya akan menjadi seorang anggota X-Force yang luar biasa dengan kemampuannya untuk memanipulasi medan elektrik. Bedlam pun mampu membuat aliran pendek peralatan listrik dan sinyal kimia elektro ke dalam otak manusia yang menyebabkan berbagai sensasi yang tidak menyenangkan.

Namun, karakter Bedlam kemudian menghilang beberapa saat setelah melakukan penerjunan dari atas pesawat dan kemudian membuat dia terbang ke bis yang yang sedang jalan. Dalam komiknya, Bedlam pertama kali dibawa ke Marvel Universe oleh Francis Moore dan Jim Cheung dalam X-Force #   82 tahun 1998.


8.Keluarga Cable


Dalam Deadpool 2, Cable pergi ke masa sekarang untuk menyelamatkan keluarganya yang diculik oleh Firefist versi dewasa di masa depan. Pada satu titik, Cable menyebutkan nama anaknya yaitu Hope dan Islie Hirvonen berhasil menggambarkan karakter tersebut selama adegan flashback. Dalam komiknya, Hope Summer, anak angkat dari Cable telah menjadi kesayangan dari Cable selama satu dekade terakhir.

Cable berhasil membawa Hope ke masa depan dan membesarkan dia menjadi seorang pahlawan muda atas kemauannya sendiri. Dalam Marvel Universe, Cable memiliki dua istri, istri pertamanya, Aliya Dayspring, muncul di komik Cable #1 tahun 1993. Aliya kemudian menghilang dalam sebuah pertempuran. Beberapa tahun setelah Hope diadopsi, Cable menikahi seorang wanita bernama Hope di Cable #7 tahun 2008. Setelah kematian istrinya, untuk menghormatinya Cable menamai anaknya dengan nama Hope.


9.Vanisher


Beberapa fans yang bermata elang nampaknya mampu melihat sosok Vanisher  yang diperankan oleh Brad Pitt di trailer Deadpool 2. Dan kemudian dalam filmnya Vanisher menunjukan wajahnya secara cepat selagi dirinya diestrum oleh kabel listrik yang berakibat sangat fatal. Diciptakan oleh Jack Kirby dan Stan Lee di komik X-Men #2 tahun 1963, Vanisher merupakan villain kedua yang dihadapi oleh X-Men. Karakter Telford Porter merupakan seorang mutan dengan kemampuan teleportasi dalam komiknya. Setelah muncul dalam beberapa cerita saat awal mulai dari X-Men, Vanisher kemudian hanya muncul beberapa kali dalam beberapa dekade belakangan ini.


10.Stan Lee


Stan Lee memang dikenal sebagai “raja cameo” untuk film Marvel Universe. Namun, berbeda dengan kebanyakan dari film tersebut di film Deadpool 2 Stan Lee tidak secara langsung muncul di dalam film. Meskipun Lee tidak muncul di Deadpool 2, gambar mural wajahnya bisa dilihat  di sisi sebuah gedung saat adegan truk penjara. Kemudian juga, Lee ditampilkan selama beberapa detik ketika Deadpool berjalan menuju X-Mansion. Kemudian Deadpool pun menghancurkan adegan tersebut dengan bermain-main dengan kursi roda miliki Professor X.


11.Prosh


Dalam komiknya, asisten digital dari Cable yang kemudian dikarakterisasi ini merupakan teman baik Cable. Dalam film Deadpool 2, A.I. dari Cable ini Nampak seperti Siri yang membantunya memodifikasi senjatanya dan mendapatkan informasi tentang masa lalu. A.I. ini melakukan debutnya sebagai sebuah system operasi di kapal luar angkasa dalam X-Factor #24 tahun 1988. Ketika Cable muda terinfeksi oleh virus Techno-Organic yang membuatnya menjadi sebuah mesin, A.I. dari mesin tersebut menyatu dengan Cable dan menyelamatkan nyawanya. Dalam X-Force #39 tahun 1994, A.I. ini masuk ke dalam sebuah badan berbentuk robot dan kemudian memberikan namanya sebagai Prosh.


12.Zeitgeist


Di Deadpool 2, karakter Bill Skarsgard yang merupakan salah satu anggota X-Force yaitu Zeitgesit memiliki kemampuan untuk memuntahkan zat asam dan dapat membakar apapun yang disentuhnya.setelah adegan penerjunan, dia tidak cukup beruntung ketika dia harus jatuh di sebuah penghancur kayu dan kemudiam meledak mengenai karakter dari Peter. Namun, sepertinya kematian tersbeut dirasa lebih baik dibandingkan dengan versi komiknya.

Zeitgeist diciptakan oleh Peter Milligan dan Mike Allred di S-Force #116 tahun 2001. Berbeda dengan X-Force yang ada di film ini, X-Force yang diikuti oleh Zietgeist berisikan para pahlawan sebelriti yang bahkan mempunyai reality shownya sendiri. Ketika akan menyelamatkan seorang boy band yang diculik, Zeitgeist dan timnya diserang. Dalam kejadian itu Zeitgeist dan sebagian besar timnya harus mati secara mengenaskan setelah diserang oleh serangan helikopter.


13.Irene Merryweahter


Saat bagian awal di film Deadpool 2, Firefist melakukan aksi debutnya yang membuatnya masuk ke dalam saluran berita TV. Dalam sebuah momen, seorang reporter berita muncul yang bernama Irene Merryweather. Meskipun dia muncul secara sesaat di dalam film, Irene memainkan peran yang besar dalam hidup Cable selama beberapa tahun di Marvel Universe.

Irene pertama kali muncul di Cable #48 tahun 1997. Irene merupakan seorang reporter untuk Koran tabloid bernama The Inquiring Eye. Saat ditinya melakukan investigasu sebuah perkumpulan rahasia dari mutan elit bernama Hellfire Club, Cable menyelamatkan nyawanya dan menyewa jasanya sebagai seorang penulis kisah hidupnya.


14.Matt Damon dan Alan Tudyk


Saat adegan kemunculan pertama kali ke masa sekarang, Cable bertemu dengan dua orang biasa yang kemudian dia hajar dan curi truknya. Tapi, tahukah kalian bahwa mereka berdua merupakan aktor ternama Matt Damon dan Alan Tudyk. Untuk Matt Damon sendiri mungkin akan sedikit sulit untuk dikenali dengan janggut lebatnya. Dalam credit film ini, Damon juga diberikan credit sebagai Dickie Greenleaf, yang merupakan karakternya di film The Talented Mr.Ripley tahun 1999 lalu.


15.The Mutant Response Division


Meskipun film Deadpool 2 tidak memiliki banyak kesamaa dengan X-Men, keumculan beberapa pasukan anti mutan tentunya akan terasa sangat familiar bagi para penggemar X-Men sejak lama. Pada awal film, Deadpool dan Firefist ditahan oleh D.M.C., sebuah divisi dari Mutant Response Division. M.R.D. adalah sebuah organisasi pemburuan mutan yang disanksi pemerintah, pertama kali diciptakan pada kartun Wolverine and the X-Men tahun 2009.

Dua tempat di penjara tersebut memiliki akar dari buku komik. Deadpool, Firefist, dan Juggernaut ditahan di sebuah penjara bernama Ice Box, sebuah fasilitas di Kanada yang mencegah kekuatan super miliki tahanan. Kemunculan pertama dan satu-satunya penjara tersebut di Maverick #8 tahun 1998.


16.Juggernaut


Salah satu kejutan terbesar di Deadpool 2 adalah kemunculan sosok Juggernaut. Muncul pertama kali di X-Men #12 tahun 1965, Juggernaut menjadi salah satu villains terkuat di Marvel Universe. Di film ini, dia muncul dengan reputasinya yang kejam dan sadis yang kemudian memaksa Deadpool, Cable, dan X-Men untuk bekerja sama mengalahkan Juggernaut dalam klimaks cerita film ini. seperti dalam komiknya, Juggernaut memliki dendam kepada saudara angkatnya, Charles Xavier.

Masih belum jelas darimana Juggernaut mendapatkan kekuatannya di dalam film. Namun, dalam komiknya Juggernaut memiliki kekuatan misterius yang berasal dari batu Crimson dari Cyttorak. Ryan Reynolds mengisi suara dari Juggernaut dan melakukan melakukan facial-motion capture.


17 . Wolverine


Seperti yang sudah disebutkan dalam pemberitaan sebelumnya, Ryan Reynold ingin melakukan film bersama Hugh Jackman dalam sebuah film kolaborasi antara Deadpool dan Wolverine. Tapi, sayang Hugh Jackman berikeras menolak tawaran tersebut. Meskipun Wolverine tidak muncul di dalam film Deadpool 2 namun, kehadirannya benar-benar terasa.

Salah satunya adalah ketika Deadpool pergi ke dapur dimana seorang anak laki-laki sedang memakan sarapan semangkuk sereal dari sebuah merk Wolverine. Dalam post-Credit Scene, setelah Deadpool menggunakan mesin waktu milik Cable untuk kembali ke kejadian X-Men : Origins, dia kemudian bertemu secara langsung dengan sosok Wolverine dengan bantuan penggunaan footage dari arsip X-Men dan teknik editing yang kreatif.


18.Deadpool


Ketika Deadpool diberikan mesin waktu, Deadpool kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan terbesar di kehidupannya. Pertama, dia menyelamatkan Vanessa dan Peter yang menghilang di awal film. Kemudian dia pergi ke adegan adegan X-Men Orginis : Wolverine. Pada saat awal X-Men Origins, Wade Wilson merupakan seorang pembunuh yang sepertinya disiapkan untuk menjadi Deadpool. Pada akhir filmnya, karakter dari Reynolds bertransformasi menjadi versi mengejutkan dari Deadpool tanpa mulut dan memiliki kekuatan seperti optic blast, teleportasi dan cakar di tangannya.

Mengetahui hal tersebut Wade pun kembali ke masa lalu untuk menghabisi karakter tersebut dan memperbaiki semuanya. Dirinya bahwkan kembali ke 2013 dimana Ryan Reynolds berperan sebagai Hal Jordan di film Green Lantern.

 

Buat kalian yang sudah menonton film Deadpool 2, bagaimana Geeks, kalian menemukan cameo lain selain yang disebutkan diatas? Atau kalian bahkan baru sadar bahwa ada cameo di atas? Tulis komentar kalian ya Geeks !

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.