Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan karkater yang satu ini, yang mana tubuhnya akan berubah menjadi hijau dan besar ketika alter egonya bernama Bruce Banner marah, yup, siapa lagi kalau bukan Hulk. Namun, ternyata Hulk tidak hanya berada dalam sosok Bruce Banner saja, ada beberapa versi karkater ‘Hulk’ yang masuk lainnya yang harus kalian ketahui. Berikut akan membahas kisah origin para Hulk tersebut, siapa saja sih mereka? Simak pembahasan di bawah ini Geeks:


Hulk – Robert Bruce Banner


Memiliki nama asli Robert Bruce Banner, ia adalah anak dari Dr. Brian Banner dan Rebecca, ilmuwan atomic. Dr. Brian yakin bahwa karyanya dalam ilmu atom telah mengubah struktur genetiknya dan takut jika Banner akan tumbuh menjadi orang aneh, padahal sebenarnya, Banner adalah anak yang sangat berbakat dan cerdas. Tragisnya, saat Brian mabuk Rebecca dibunuh ketika berusaha menyelamatkan Banner muda. Pembunuhan ibunya dan penangkapan ayahnya membuat Banner dirawat oleh bibinya, Mrs. Drake dan ia tumbuh menjadi orang yang traumatik.

Setelah lulus SMA, Banner mulai belajar mengenai fisika nuklir di Desert State University dan berlanjut di California Institute of Technology. Kemudian ia mendapatkan pekerjaan dengan kesatuan militer di Desert Base, New Mexico di bawah komando General “Thunderbolt” Ross, yang mengawasi pengujian Bom Gamma yang baru diciptakan oleh Banner. Di sini lah ia bertemu Betty dan menikahinya. Pada hari pengujian Bom Gamma, ada seseorang di area pengujian. Berharap bisa menyelamatkan orang tersebut, Banner pergi ke area pengujian di mana ia bertemu dengan seorang remaja bernama Rick Jones, yang menyelinap ke tempat uji coba. Banner berhasil mendorong Jones ke tempat yang aman. Namun, ledakan tidak terelakan dan mengakibatkan Banner terjebak dalam ledakan dan terpapar radiasi gamma yang sangat besar. Banner dan Jones kemudian dijemput oleh personil militer dan dibawa kembali ke Desert Base di mana mereka ditempatkan dalam isolasi dan pengamatan karena terpapar radiasi gamma. Saat matahari terbenam Banner berubah menjadi abu-abu, mengerikan, dan untuk pertama kalinya ia dijuluki “Hulk” oleh para personil militer.


Red Hulk – Thunderbolt Ross


Lahir dan dibesarkan di sebuah keluarga militer, Thaddeus Ross muda menghabiskan sebagian besar masa mudanya untuk bergabung dengan Angkatan Darat, sama halnya seperti yang dilakukan oleh ayah dan kakeknya. Namun, kematian salah seorang teman dekatnya menyebabkan Ross memilih bergabung dengan Angkatan Udara sebagai gantinya. Ia kemudian mengikuti West Point dan mendapatkan peringkat teratas dikelasnya, karena keberaniannya dalam beberapa pertempuran. Di sana lah Ross bertemu Karen Lee dan menikahinya, mereka memiliki satu anak yang bernama Betty. Setelah naik pangkat, ia ditugaskan untuk memerintahkan Desert Base, New Mexico, di mana percobaan sinar gamma ciptaan Dr Bruce Banner dilakukan. Namun Ia yang memegang kendali saat kecelakaan yang menyebabkan Banner menjadi Hulk.

Setelah terlibat dalam terciptanya Hulk, Ross terus memburunya, meskipun belum pernah berhasil menangkapnya. Karena sangat terobsesi untuk menghancurkan Hulk, Ross kemudian membentuk aliansi dengan villain Abomination dan M.O.D.O.K pemimpin organisasi A.I.M untuk membunuh Hulk. Dalam sebuah eksperimen yang merupakan bagian dari penciptaan program Super Soldier, ia berubah menjadi monster mengerikan, ganas dan agresif yaitu Red Hulk. Di mana Red Hulk membunuh Wendigo dan Abomination, ia pun menghancurkan Helicarrier milik S.H.I.E.L.D. dan mengalahkan beberapa superhero Marvel.


Grey Hulk – Joe Fixit


Grey Hulk adalah karakter original dari Hulk, yang pada awalnya Stan Lee ingin Hulk berwarna abu-abu. Lee percaya bahwa “kelabu akan menjadi warna yang berat, dramatis dan muram, sesuai dengan suasana melodramatis yang ingin dibangun,” namun edisi pertama muncul masalah pada warna tinta dan memutuskan untuk mengubah warna tubuh Hulk menjadi hijau. Grey Hulk merupakan perwujudan Hulk yang sangat lemah, lambat, namun memiliki kecerdasan dan dapat bersosialisasi dengan orang lain.

Dalam cerita yang dibuat Peter David, ia menggambarkan bahwa karakter Bruce Banner di Earth-TRN517 memiliki masalah mental yang serius jauh sebelum ia menjadi Green Hulk. David pun mengubah kepribadian Hulk secara signifikan dan manampilkannya dalam wujud Grey Hulk atau disebut juga “Joe Fixit”. Berbeda dengan Green Hulk, Joe Fixit memiliki sifat yang sombong, licik dan mahir berbohong. Memiliki tampilan yang berbeda dengan Green Hulk dan Red Hulk, Joe selalu memakai jas, dasi, topi dan terlihat rapih dalam berpakaian. Diceritakan Joe bekerja sebagai algojo di sebuah kasino di Las Vegas dan menghabiskan waktunya beberapa bulan dalam bentuk Grey Hulk, tanpa kembali ke bentuk manusia.

_

Dari ketiga pembahasan di atas, manakah karakter Hulk yang menjadi favorite kalian? Share pendapat kalian dalam kolom komentar di bawah ini ya Geeks.

FOLLOW US