Selain menghadirkan alur cerita yang menarik, beberapa film berhasil menghadirkan plot twist yang populer bahkan hingga saat ini. Para penonton film selalu senang dengan kemunculan plot twist baik di akhir cerita ataupun di tengah cerita. Meskipun banyak film yang menghadirkan plot twist dalam alur ceritanya, namun tidak banyak film yang mampu menghadirkan plot twist ikonik dan populer. Berikut adalah plot twist paling populer di dunia film.

5Psycho

Psycho merupakan salah satu film klasik yang sangat berpengaruh yang dirilis pada tahun 1960 dan disutradarai oleh Alfred Hitchcock. Film thriller ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Robert Block serta diadaptasi dari kisah nyata dari kasus pembunuh berantai Ed Gein. Filmnya sendiri menceritakan kisah Marion Crane, seorang sekretaris yang melarikan diri setelah mencuri 40,000 Dollar Amerika dari majikannya.

Dia sengaja melakukan hal tersebut untuk memulai hidup baru bersama kekasihnya, Sam Loomis. Dalam pelariannya, Marion menginap di sebuah motel terpencil yang dikelola oleh seorang pemuda bernama Norman Bates. Secara penampilan, Norman Bates nampak seperti pria ramah dan baik pada umumnya meskipun sedikit canggung. Marion sendiri sempat pergi ke rumah dari Norman dan bertemu dengan sang ibu.

Pertemuan itu membuat Marion memutuskan untuk mengembalikan uang yang dia curi. Namun, sebelum kemudian dia berhasil melakukannya nyawa dari Marion harus menghilang setelah Norman menghabisi nyawa dari Marion. Adegan dari pembunuhan Marion ini jadi salah satu adegan paling ikonik dalam sejarah film Hollywood. Dan plot twistnya sendiri kemudian terungkap bahwa Norman bukanlah sosok polos yang banyak diduga oleh orang-orang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.