Ternyata cukup banyak film perang yang ada di Hollywood yang disutradarai oleh veteran perang atau pernah pergi ke medan pertempuran. Dalam industri Hollywood tidak banyak memang soso bintang yang ternyata pernah menjadi bagian dari pasukan atau tentara di sebuah negara. Contohnya adalah Elvis Presley yang ternyata merupakan mantan pasukan Amerika. Namun, ternyata ada beberapa sutradara juga yang pernah menjadi tentara. Berikut adalah film perang yang disutradarai oleh veteran.

4Escape To Victory

Dalam film Excape to Victory, sosok Karl von Steiner diceritakan adalah seorang sipir penjara dari Tahanan Perang Nazi. Dia kemudian memutuskan untuk mengadakan sebuah pertandingan sepak bola antara pihak pasukan Jerman dan tahanan pihak sekutu. Namun, hal ini sebenarnya merupakan taktik dan strategi dari propaganda untuk menunjukan bahwa sang Third Reich adalah sosok yang manusiawi.

Ketika rencana pertandingan tersebut sedang dipersiapkan, seorang tahanan bernama Robert Hatch kemudian menyiapkan rencana untuk kabur. Fakta menarik dari film ini adalah ada beberapa bintang sepak bola yang ikut dalam proses shooting film ini. Misalnya, Pele, Bobby Moore, Kazimierz Deyna, Osvaldo Ardiles, Paul Van Himst, dan Hallvar Thoresen yang tentunya menarik.

Escape to Victory sendiri merupakan film hasil garapan dari John Hyston. Dalam filmnya tersebut, Huston sangat menghindari nuansa cerita yang kelam dan menyedihkan yang biasanya muncul dalam berbagai film perang. Film ini bahkan direncanakan untuk diremake dan sedang dalam masa pengembangan.\

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.