Banyak dari Geeks yang mungkin tidak tahu bahwa dalam industri film Hollywood terdapat trilogi yang dianggap tidak resmi. Trilogi merupakan sebuah istilah di mana tiga film saling berkaitan satu sama lain. Trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan dan trilogi The Godfather garapan Francis Coppola jadi contoh dari hal tersebut. Namun, ada juga sebenarnya sebutan trilogi yang tidak resmi di mana tiga film memiliki tema, cerita, atau aktornya memiliki banyak kesamaan. Apa saja?

7Trilogi Perubahan

Berkat film drama yang bersetting saat Perang Dunia II yaitu Inglorious Basterds, kemudian drama Western Django Unchained, serta film drama bertema Hollywood yaitu One Upon a Time… in Hollywood, nama dari Quentin Tarantino saat ini sudah sejajar dengan para sutradara hebat dan besar lainnya. Padahal, sebelumnya, Tarantino lebih dikenal sebagai sutradara yang unik dan eksentrik.

Satu hal yang sama dari ketiga film tersebut, selain sutradara filmnya, adalah ketiganya menghadirkn pendekatan revisionist atau perubahan besar dari alur cerita sebenarnya yang ketiganya adaptasi. Contohnya adalah Django Unchained, di mana film ini mengambil setting di era Amerika masih menggunakan orang kulit hitam sebagai budak. Namun, di film tersebut kita melihat bagaimana seorang kulit putih berhasil membebaskan kulit hutam.

Hal ini juga bisa dilihat dari alur cerita dua film lainnya, yang mana yang menarik adalah ada beberapa film yang juga dibintangi oleh aktor yang sama. Misalnya, di film Django Unchained karakter Dr. King Schultz diperankan oleh Christopher Waltz yang juga berperan sebagai Hans Landa dalam film Inglorious Basterds. Satu kesamaan juga dari ketiga film tersebut adalah ada sosok Tarantino yang muncul sebagai cameo.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.